GAMES

Tenchu: Shadow Assassins (PSP ISO)

Tenchu: Shadow Assassins adalah sebuah game siluman yang dikembangkan oleh Acquire dan diterbitkan oleh FromSoftware di Jepang dan Ubisoft di seluruh dunia untuk Wii pada tahun 2008 dan PlayStation Portable pada tahun 2009.

Karakter

  • Rinshi

Kunoichi misterius yang menyamar sebagai peramal selama upaya pertama penculikan Putri Kiku. Sekiya tertipu dengan membiarkannya masuk ke dalam kastil.

Kemudian, dia mengungkapkan bahwa motifnya sebenarnya adalah untuk membalas kematian orang tuanya karena Dewa Gohda. Dalam versi A.S., karakter ini adalah alasan mengapa ESRB memperhitungkan game ini dengan deskriptor Suggestive Themes.

  • Sekiya

Tangan kanan terpercaya Lord Gohda. Terlihat bahwa ia juga dapat memberikan perintah kepada Azuma Ninja meskipun tanpa persetujuan Lord Gohda.

Dalam Tenchu: Shadow Assassins, terungkap bahwa Sekiya pada masa itu hanyalah seorang penipu dan ternyata adalah Onikage. Tidak terungkap di mana Sekiya yang sebenarnya.

  • Tado

Seorang daimyo kejam yang ingin memulai perang dengan Lord Gohda. Dia kemudian mati setelah Rikimaru meracuni sake-nya (tergantung pada pemain).

  • Onikage

Seorang ninja iblis misterius yang tampaknya memiliki hubungan masa lalu dengan Ninja Azuma.

Di negeri Lord Gohda, kedamaian belum sepenuhnya pulih dan desas-desus pengkhianatan telah beredar di sekitar penguasa dan rakyatnya. Akibatnya, Tuan Gohda memanggil Ninja Azuma, Rikimaru dan Ayame, untuk menyelidikinya.

Rikimaru segera menemukan bahwa seseorang berencana untuk memulai perang. Sementara itu, Penasihat Sekiya, tangan kanan Tuan Gohda, mengatur seorang peramal untuk meramalkan masa depan kerajaan Tuan Gohda.

Sayangnya, peramal tersebut ternyata seorang penipu dan menculik Putri Kiku, putri Tuan Gohda.

Ayame mengejarnya tanpa ragu-ragu, sementara Rikimaru menjalankan misi lain untuk Lord Gohda: melanjutkan penyelidikan atas gangguan yang telah mengganggu negeri ini. Dia kemudian menemukan bahwa Daimyō Tado adalah dalang di balik semua ini.

Tuan Gohda kemudian memutuskan untuk menyatakan perang terhadap Tado dan pergi ke negerinya bersama Rikimaru.

Setelah Rikimaru berhasil menghabisi nyawa Daimyo Tado, wanita yang menyamar sebagai peramal tersebut, seorang Kunoichi bernama Rinshi, muncul dan mencoba membunuh Rikimaru, namun gagal berkat campur tangan Tachibana Hyakubei, yang disewa oleh Lord Gohda. Setelah diperintahkan oleh Lord Gohda, Rikimaru kembali ke kastil.

Baca Juga:   Download dan Nikmati Keseruan Bermain Evolution Board Game

Namun, ketika dia tiba, dia diserang oleh para penjaga, yang diperintahkan untuk menganggapnya sebagai pengkhianat oleh Sekiya.

Ayame sebenarnya telah berhasil menyelamatkan Putri Kiku, tetapi diserang oleh seseorang yang tampaknya adalah Rikimaru, yang sebenarnya adalah Rinshi yang menyamar. Ayame dan Putri Kiku kemudian melarikan diri dari kastil saat Rikimaru yang asli tiba, dan kedua wanita itu menuju tempat persembunyian rahasia yang disarankan oleh Sekiya.

Sang Putri kemudian mengungkapkan bahwa dirinya adalah Rinshi yang menyamar dan melukai Ayame, namun Rikimaru tiba tepat pada waktunya untuk menyelamatkannya dan membunuh Rinshi.

Tuan Gohda, yang melihat kastilnya terbakar, menyadari bahwa itu semua adalah ulah Sekiya dan memerintahkan Rikimaru untuk kembali ke sana dan menghabisi Sekiya.

Setelah dia tampaknya mengambil nyawa Sekiya dan menyelamatkan Putri Kiku, Sekiya bangkit kembali dan mengungkapkan dirinya sebagai Onikage, yang kemudian menantang Rikimaru untuk berduel.

Rikimaru akhirnya menang, namun Onikage menggunakan sang putri sebagai perisai, memaksa Rikimaru menancapkan pedangnya ke tubuh putri untuk menghabisi Onikage dan membunuhnya.

Ayame, yang telah mengikuti Rikimaru, menangis atas kematian Putri Kiku. Akhir cerita yang diperpanjang (diperoleh dengan mengumpulkan semua potongan peta dalam mode normal) menunjukkan Ayame berbicara dengan suara Onikage, menunjukkan kebencian yang masih ada di dalam dirinya sejak Rikimaru membunuh sahabatnya.

Tenchu Shadow Assassins Gameplay

Gameplay

Shadow Assassins memungkinkan pemain untuk mengendalikan Rikimaru dan Ayame. Kamera merupakan sudut pandang di atas bahu. Semua dari 10 misi berbasis darat.

Tidak ada healthbar dalam game ini kecuali bagian pertarungan pedang. Pemain akan memainkan lima stage pertama dan yang terakhir menggunakan Rikimaru dan stage enam hingga sembilan sebagai Ayame. Ada juga 50 misi sampingan yang disebut “Tugas”.

Ayame lebih cepat tetapi lebih lemah, sehingga lebih sulit baginya untuk menyembunyikan tubuh. Menurut FromSoftware, tahapan mereka juga sangat berbeda; Rikimaru lebih mudah, sedangkan Ayame “sedikit lebih rumit, dia bisa lebih banyak menggunakan lingkungan.

” Ada sekitar 10 item serbaguna dalam game ini; misalnya, seekor kucing dapat digunakan sebagai pengalih perhatian dan juga pengintai.

Baca Juga:   Half Life 2 Remastered

Pada Wii, pemain menggunakan stik analog pada aksesori Nunchuck Wii Remote untuk bergerak, tombol A untuk beraksi, menahan tombol B sambil bergerak maju untuk berlari atau sambil bergerak ke samping untuk menyerang.

Tombol C untuk melompat (lompatan jauh dapat dilakukan sambil berlari). Wii Remote juga digunakan untuk pertarungan pedang dari sudut pandang orang pertama.

Gameplay versi PlayStation Portable secara umum sama. Namun, kontrolnya telah diubah agar sesuai dengan fungsionalitas perangkat genggam sehingga menghilangkan kontrol gerak.

Namun, beberapa kontrol serupa tetap dipertahankan, seperti menggerakkan stik analog untuk bergerak maju, dan menekan D-pad untuk memilih di antara item pemain.

Kontrol untuk melakukan stealth kill telah sedikit diubah; pemain sekarang harus menekan tombol muka konsol PSP untuk memicunya dan menggerakkan stik analog.

Tenchu: Shadow Assassins menggunakan Wii Remote untuk bertarung, berlari, melompat, dan membunuh layaknya seorang ninja sejati.

Pemain melanjutkan kisah Rikimaru dan Ayame, ninja elit yang harus menggunakan kemampuan mematikan mereka untuk menjaga perdamaian di Jepang yang feodal.

Bermain sebagai Rikimaru yang diam-diam dan Ayame yang agresif dan akrobatik, pemain bertarung melalui lebih dari 10 misi dan 50 misi sampingan dan mengalami petualangan mendebarkan sebagai ninja yang hebat.

Perbedaan regional

Dalam versi Jepang Tenchu: Shadow Assassins di platform PSP dan Wii, sebuah fitur penting tidak ada: kemampuan untuk melakukan lompatan cepat di antara kasau.

Selain itu, versi Jepang ini tidak menawarkan opsi kepada pemain untuk mengulang bagian level tertentu; satu-satunya pilihan yang tersedia adalah mengulang seluruh level.

Namun, perlu disebutkan bahwa dalam versi PSP, mati tidak mengharuskan Anda untuk mengulang seluruh level.

Sebaliknya, ia menyediakan opsi untuk mengulang dari bagian tertentu. Pada versi Wii aslinya, tidak adanya restart bagian membuat game ini jauh lebih menantang, karena pemain harus mengulang seluruh level jika terjadi kegagalan.

Selain itu, menarik untuk dicatat bahwa meskipun entri sebelumnya dalam seri Tenchu mengalami penyensoran dan perubahan, seperti mengubah shuriken menjadi kunai di versi Eropa, Tenchu: Shadow Assassins mendobrak tren ini dengan menyertakan shuriken dan kunai di semua versi gim, apa pun wilayahnya.

Baca Juga:   Download Minecraft Pocket Edition 1.11.0.7 Apk Mod Versi Terbaru 2019

Hal ini menandai perubahan dari praktik penyensoran sebelumnya dan menyelaraskan konten di seluruh wilayah dalam hal item dalam game yang spesifik ini.

Dalam versi PlayStation Portable (PSP) dari Tenchu: Shadow Assassins, gameplay-nya sangat mirip dengan versi Wii.

Namun, beberapa penyesuaian telah dilakukan untuk mengakomodasi skema kontrol PSP, yang mengakibatkan penghilangan kontrol gerak.

Terlepas dari perubahan ini, beberapa elemen kontrol yang mirip dengan versi Wii tetap dipertahankan.

Misalnya, pemain dapat menggunakan stik analog pada PSP untuk menggerakkan karakter mereka ke depan, dan mereka dapat menggunakan D-pad untuk memilih item dari gudang senjata mereka, yang mencerminkan fungsi Wii Remote dan Nunchuk.

Selain itu, kontrol untuk mengeksekusi stealth kill telah mengalami sedikit modifikasi. Pada versi PSP, pemain harus menekan tombol muka pada konsol PSP untuk memulai stealth kill dan menggunakan stik analog untuk menentukan arah yang mereka inginkan.

Perbedaan penting antara versi PSP dan Wii termasuk fisika yang disederhanakan dalam edisi PSP, yang tidak memiliki fisika ragdoll dan kemampuan untuk melenyapkan musuh dengan menjatuhkan tubuh dari atas.

Berbeda dengan versi Wii, versi PSP tidak mengizinkan pemain untuk gagal melakukan stealth kill.

Selain itu, beberapa objek lingkungan yang terdapat di peta versi Wii, seperti kotak yang menutupi lorong kucing rahasia di misi enam atau api yang menyala di bagian taman di misi 7, tidak ada di versi PSP.

Karena keterbatasan perangkat keras PSP, efek grafis tertentu, seperti kabut, pantulan, dan transparansi air, juga tidak ada dalam versi ini.

Perlu dicatat bahwa di semua versi PSP, kecuali untuk rilis Jepang pertama, menyertakan kostum yang dapat dibuka dari game Tenchu pertama untuk Rikimaru dan Ayame, memberikan pemain opsi penyesuaian tambahan untuk karakter mereka.

Demikianlah detail informasi mengenai Tenchu – Shadow Assasins. Semoga dapat menambah pemahaman kita semua mengenai Tenchu – Shadow Assasins ini, sekian terima kasih.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button