APPS

Cara Mencetak Boarding Pass Kereta Api Melalui Aplikasi KAI Access

Cara Mencetak Boarding Pass Kereta Api Melalui Aplikasi KAI Access – Masyarakat modern kini semakin dimudahkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam urusan transportasi. Salah satu kemudahan yang dirasakan oleh pengguna jasa kereta api adalah kemudahan mencetak boarding pass secara digital melalui aplikasi KAI Access. Bagi kamu yang sudah memesan tiket kereta api lewat KAI Access, berikut ini adalah panduan lengkap cara mencetak boarding pass langsung dari smartphone kamu. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kamu tidak perlu lagi mencetak tiket di stasiun, cukup tunjukkan boarding pass digital kepada petugas saat pemeriksaan tiket.

Langkah-langkah Mencetak Boarding Pass Melalui Aplikasi KAI Access

1. Buka Aplikasi KAI Access

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi KAI Access yang sudah terinstal di smartphone kamu. Pastikan aplikasi ini sudah di-update ke versi terbaru agar kamu bisa menikmati fitur-fitur terbaru dan kemudahan lainnya.

Baca Juga:   Software Miro: Panduan Lengkap

2. Masuk ke Akun Anda

Setelah membuka aplikasi, masuklah ke akun KAI Access kamu. Jika belum memiliki akun, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengikuti instruksi yang ada di aplikasi.

3. Pilih Tiket yang Sudah Dipesan

Setelah berhasil masuk ke akun kamu, cari dan pilih tiket yang sudah kamu pesan. Tiket yang sudah dipesan biasanya akan muncul di halaman utama aplikasi. Klik tiket tersebut untuk melihat detailnya.

4. Tinjau Detail Tiket

Di halaman detail tiket, kamu akan menemukan informasi lengkap mengenai perjalanan kamu. Informasi tersebut meliputi kode pemesanan, detail perjalanan, dan harga tiket. Pastikan semua informasi yang tertera sudah sesuai dengan pesanan kamu.

Baca Juga: Cara Mudah Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

5. Cetak Boarding Pass

Pada halaman detail tiket, gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi untuk menampilkan boarding pass. Kamu akan melihat tombol “Cetak Boarding Pass” atau “Tampilkan Boarding Pass”. Klik tombol tersebut untuk menampilkan boarding pass digital kamu.

Baca Juga:   Cara Melihat ID Telegram Sendiri, Mudah dan Cepat!

6. Tunjukkan Boarding Pass ke Petugas

Boarding pass yang sudah ditampilkan di smartphone kamu dapat langsung ditunjukkan kepada petugas saat pemeriksaan tiket. Petugas akan memindai boarding pass tersebut tanpa perlu mencetak tiket fisik. Proses ini tidak hanya lebih praktis tetapi juga lebih ramah lingkungan.

Keuntungan Menggunakan Boarding Pass Digital

Menggunakan boarding pass digital melalui aplikasi KAI Access memiliki banyak keuntungan, antara lain:

  • Menghemat Waktu: Kamu tidak perlu lagi mengantri di stasiun untuk mencetak tiket. Cukup tunjukkan boarding pass di smartphone kamu.
  • Ramah Lingkungan: Dengan beralih ke tiket digital, kita bisa mengurangi penggunaan kertas dan membantu menjaga lingkungan.
  • Praktis dan Mudah: Semua informasi tiket ada dalam genggaman tangan kamu. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut atau ingin melakukan perubahan, semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi.
  • Mengurangi Resiko Kehilangan Tiket: Tiket digital tersimpan dengan aman di aplikasi sehingga mengurangi risiko kehilangan tiket fisik.
Baca Juga:   Aplikasi androrid penghasil uang terbaik, tercepat, terpercaya, uang nyata juga bisa di jadian pulsa 2018

Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi KAI Access

Berikut beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi KAI Access:

  • Selalu Update Aplikasi: Pastikan kamu selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi KAI Access untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dan perbaikan bug.
  • Cek Koneksi Internet: Pastikan smartphone kamu terhubung dengan internet yang stabil saat mengakses aplikasi, terutama ketika ingin menampilkan boarding pass.
  • Simpan Boarding Pass di Galeri: Untuk berjaga-jaga jika ada masalah dengan aplikasi saat di stasiun, kamu bisa menyimpan tangkapan layar (screenshot) boarding pass di galeri smartphone kamu.
  • Manfaatkan Fitur Lain: Selain mencetak boarding pass, aplikasi KAI Access juga memiliki fitur lain yang berguna seperti pemesanan tiket, informasi jadwal kereta, dan notifikasi perubahan jadwal. Manfaatkan fitur-fitur tersebut untuk pengalaman perjalanan yang lebih baik.

Baca Juga: Mengatasi Masalah Loading Lambat di Facebook Lite, Begini Caranya!

Kesimpulan

Kemajuan teknologi telah membawa berbagai kemudahan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal transportasi. Dengan aplikasi KAI Access, mencetak boarding pass kereta api kini menjadi lebih mudah, praktis, dan ramah lingkungan. Langkah-langkah yang sederhana dan cepat ini memungkinkan pengguna kereta api untuk menikmati perjalanan tanpa perlu repot mencetak tiket fisik di stasiun. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa dengan mudah mencetak boarding pass digital dan menikmati perjalanan kereta api yang lebih nyaman. Selamat mencoba dan semoga perjalanan kamu menyenangkan!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button