TIPS DAN TRIK

Cara Recompile Dan Recompile Apk Android Menggunakan Apktool Langsung DI Hp Android

Cara Recompile Dan Recompile Apk Android Menggunakan Apktool Langsung DI Hp Android – Recompile dan recompile adalah instilah dari bongkar pasang aplikasi android yang bisa anda lakukan dengan cara memodifikasi sebuah aplikasi

Baik Modifikasi system aplikasi android ataupun modifikasi aplikasi android yang dari market playstore atau dari aplikais market lainya

Dalam android istilah memodifikasi aplikasi android dinamakan oprek, dan hasil oprekan aplikasi tersbut di namai mod, jadi bagi anda yang ingin mencari aplikasi yang sudah di modifikasi langsung tinggal carikan saja aplikasi mod di colom mbah google

Disini sudah saya anggap anda paham dengan istilah DC RC apk android beserta penamaanya, dan sekarang yang harus anda lakukan adalah memahami tata caranya seperti berikut ini

Cara Paling Mudah DC RC Aplikasi Android Menggunakan HP Langsung 

Cara Recompile Dan Recompile Apk Android Menggunakan Apktool Langsung DI Hp Android
Apktool android 

Cara Decompile dan recompile apk android lengkap  | Cara dc rc menggunakan hape/smartphone android langsung atau yang lebih di kenal sebagai decompile dan recompile, sebelum beljar decompile dan recompile ini ada baiknya kita baca dan pahami terlebih dahulu

Android adalah device open source dimana membebaskan para usernya untuk memodifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Untuk memodifikasi Android seorang user harus mempelajari dulu Decompile dan Recompile apk agar bisa memodifikasi apk dengan mudah yang pasti harus trampil dalam memodifikasinya untuk hasil yang di harapkan.

Apa Itu Decompile Dan Recompile Di Android?

Decompile adalah proses pembongkaran apk dengan mengubah jeroan apk tersebut sesuai yang kita inginkan sedangkan Recompile adalah pembentukan kembali apk yang telah di rubah atau di edit tersebut.

Baca Juga:   Aplikasi Yang wajib Diinstal Bagi Pelajar

Decompile dan Recompile apk tidak harus menggunakan PC atau laptop karena bisa langsung dari Android nya, biasanya untuk melakukan Decompile dan Recompile apk ini menggunakan sebuah aplikasi yaitu apk editor, apk tool dan bisa juga menggunakan root Explorer bahkan ketiga bisa saja di butuhkan sekaligus untuk mempermudah pekerjaan Decompile dan Recompile apk.

Untuk cara pengerjaan pun cukup mudah, setelah apk di bongkar kita hanya menukar sebuah gambar background dan menganti style dengan merubah xml atau lain-lain yang akan kita ganti sesuai yang kita inginkan dengan cara membuat nama yang sama seperti dalam sebuah gambar atau background di dalam sebuah file di dalam apk yang telah di bongkar tadi,

jika ingin merubah yang lain bisa menambah skrip atau mengedit nya sesuai yang kita inginkan, cara di atas biasanya di pakai untuk merubah icon baterai, sinyal, menempatkan posisi jam, menambahkan logo pada status bar dan membuat status bar transparan dengan membongkar systemUI.apk dan masih banyak lagi yang bisa di lakukan misalkan saja untuk merubah background bbm Android dan lain sebagainya.

Cara Decompile Dan Recompile Apk Android langsung Di Hp Android 

Silahkan hapus versi lama sebelum menginstal APK Tool v8.2.0 (jika pernah memasang versil lebih lama). Update terbaru di akhir 2016. Untuk instalasinya seperti biasanyA download aplikasi sesuai arsitektur OS dan chipset dan pastikan centang pilihan unknown source agar bisa melakukan instalasi dari sdcard.

Install APK Tool (Apktool-8.0.2-arm_sign.apk) terlebih dahulu. lanjutkan dengan menjalankan installer APK Tool (Apktool+Installer_1.0+8.0.2-v7a.apk atau Apktool+Installer_1.0+8.0.2-arm64.apk). Ingat jangan terbalik!

Baca Juga:   4 Cara Melakukan Backup Data Laptop Dengan Super Aman Dan Mudah

Jangan menghapus, timpa saja aplikasi APK Tool dengan Installer, Berikan izin root/superuser saat diminta. Restart APK Tool yang sudah dipasang.

Buat folder baru atau bisa juga menggunakan folder yang sudah ada di sdcard (secara default ada di memori internal) untuk melakukan DC/RC. Lihat cara menggunakan APK Tool di bawah

Agar anda bisa meng-install APK tool versi ini (update awal 2016) hapus terlebih dahulu apktool versi sebelumnya jika ada. Baru anda bisa meng-install apktool v6.1.0 ini.

Untuk instalasinya seperti biasa; download aplikasi sesuai arsitektur OS dan chipset dan pastikan centang pilihan unknown source agar bisa melakukan instalasi dari sdcard.

  • Install APK Tool v6.2.0 terlebih dahulu.
  • Kemudian lanjutkan dengan menjalankan installer APK Tool. Ingat jangan terbalik!
  • Jangan menghapus, timpa saja aplikasi APK Tool dengan Installer
  • Berikan izin root/superuser saat diminta.
  • Restart APK Tool yang sudah dipasang.

Download ApkTools Untuk Hp Android Versi terbaru Dan Terlengkap 

Keterangan:

v7a untuk cipset ARM dengan OS Android 32bit yang biasa digunakan untuk cipset armv7 umum di semua ponsel sebelum Lollipop, versi arm64 untuk cipset ARM dengan Android berarsitektur 64bit. Biasanya dideteksi sebagai armv8 seperti Samsung Lollipop keatas. Sedangkan x86 biasanya cipset Intel seperti seri Zenfone baik sebelum maupun sesudah Lollipop.

APK Tool v8.0.2 Terbaru

Cara Menggunakan ApkTool Di Hp Adroid 

Agar proses DC/RC minim error, persiapkan lingkungan kerja sesuai OS dan ponsel yang anda pakai saat ini terlebih dulu. Install Apk Tool sesuai dengan chipset ponsel anda saat ini. Misal: untuk Quallcomm/Mediatek bisa menggunakan arm/arm64 dan Intel menggunakan x86 (sebagian besar keluarga zenfone).

  • Gunakan root explorer atau lainnya untuk membuka folder /system/framework dan copy framework-res.apk ke folder /sdcard/apktool yang sudah dibuatkan saat melakukan instalasi.
  • Kemudian buka lagi aplikasi APK Tool
  • Arahkan/buka folder /sdcard/apktool.
  • Cari file framework-res.apk sebelumnya anda copy.
  • Sentuh hingga keluar pop-up dan pilih menu import as framework tunggu hingga proses import 
  • selesai.
Memilih paket aplikasi mana yang mau kita DC/RC.

Untuk ilustrasi saya akan menggunakan paket systemUI.apk karena paling banyak dimodifikasi. Ingat sebelum memodifikasi aplikasi system, biasakan untuk melakukan nandroid backup dahulu karena beresiko saat melakukan push (meletakkan kembali di folder /system)

  • Salin file systemUI dari folder /system/app/ (kitkat kebawah) atau /system/app/system-ui/ (copy base.apk nya untuk lollipop keatas) ke folder /sdcard/apktool menggunakan root explorer atau aplikasi lain yang sejenis.
  • Buka aplikasi apktool 6.x.x atau apktool 8.0.2 yang sudah terpasang dan anda sesuaikan lingkungan kerjanya.
  • Setelah terbuka, arahkan/buka folder /sdcard/apktool dan cari file systemUI yang disalin sebelumnya.
  • Sentuh dan pilih decompile all, tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Prosesnya lumayan lama, tergantung kinerja ponsel.
  • Setelah proses decompile selesai maka akan muncul folder SystemUI_src, di dalam folder tersebut anda bisa memodifikasi SystemUI.apk, teliti dan lakukan dengan benar saat pengeditan.
  • Setelah pengeditan selesai (saya tidak akan memberikan hint/ petunjuk apa saja yang perlu diedit karena sangat ber-variasi), sentuh kembali folder SystemUI_src dan pilih recompile, tunggu hingga proses RC selesai.
Baca Juga:   Begini Cara Menanam Cabai Rawit Dengan Hasil Melimpah

Jika pengeditan tadi tidak ada kesalahan, pada bagian akhir pop-up yang muncul akan tertulis Building apk file…

File hasil RC berupa aplikasi baru bernama SystemUI_src.apk

  • Selanjutnya sentuh pada file SystemUI_src.apk dan pilih sign apk tunggu hingga proses signing (sebentar) 
  • selesai.
  • Hasil signing berupa file baru bernama SystemUI_src_sign.apk.
  • Rename file SystemUI_src_sign.apk tadi menjadi SystemUI.apk.
  • File apk siap untuk di push ke /system. Letakkan sesuai dengan lokasi aslinya.
Heppy moding 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button