Yuk Cari Tahu Tips-tips Menjadi Freelancer


situs web freelancer


Apakah kalian sudah tau apa itu freelancer? Dan bagaimana cara agar sukses menjadi pekerja freelancer.

Di Indonesia sendiri sudah banyak masyarakat yang mencoba menjadi pekerja freenlancer karena minimnya lowongan pekerjaan dan banyaknya jumlah pelamar kerja yang tidak sesuai dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia, sehingga kebanyakan masyarakat lebih memilih bekerja menjadi freelancer (tenaga lepas).

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang jurnalisme, penerbitan buku, penerbitan jurnal, dan bentuk-bentuk menulis, redaktur, redaktur-cetak, pengoreksi-cetak, pengindeksan, penyalin tulisan, programer komputer dan desain grafis, konsultan dan penerjemah. Kamu bisa coba untuk mendaftar di situs kerja freelancer.

Menjadi freelancer juga cukup menguntungkan loh kamu bisa memiliki waktu yang lebih banyak dibandingkan para pekerja di kantor yang dituntut untuk bekerja mulai jam 07.30 sampai jam 16.00,untuk biaya dan penghasilan dari pekerjaan ini cukup bervariasi karena kamu bisa meminta bayaran yang cukup tinggi ketika kamu mendapatkan tugas atau pekerjaan yang cukup sulit dalam penanganan.

Tapi saat ingin menjadi pekerja lepas/freelancer tentu ada tips-tips yang perlu kamu perhatikan sehingga membuat kamu dilirik oleh para pencari tenaga lepas atau calon klien adalah sebagai berikut:

Tips-Tips Menjadi Freelancer 

Situs web Freelancer

  • Bekerja sesuai passion: menurut situs Nextren, sebaiknya jika tertarik memulai karier sebagai freelancer, mulailah dengan sesuatu yang menjadi passion atau keahlian yang bisa dijual.

  • Juga sebelum kamu memutuskan untuk bekerja menjadi freelancer secara full time ada baiknya kamu mencoba untuk kamu juga bisa mencoba mengikuti berbagai macam kursus untuk mengasah keahlian kamu. karena hal ini cukup berpengaruh untuk  membagun portfolio seseorang ketika ingin memutuskan menjadi freelancer secara full time. Karena bisanya proyek pertama dari seorang freelancer adalah dari orang yang dikenal atau merupakan rekomendasi dari pengajar.

  • Rajin-rajinlah mencari proyek dan melakukan bidding orang yang ingin berkarier sebagai freelancer juga harus selalu rajin dalam mencari proyek dan melakukan bidding agar mendapatkan job reguler.

  • Setelah kamu membuat portfolio yang menarik kamu juga harus mencoba mendaftar di situs web khusus untuk seseorang yang ingin menjadi freelancer. Kamu tidak usah khawatir ketika mendaftar di situs ini karena untuk mendaftar disitus ini kamu tidak akan dikenakan biaya pendaftaran kamu hanya perlu melakukan verivikasi dan validasi informasi data freelancer setelah proses tadi selesai kamu sudah bisa mealkukan bidding.

  •  Salah satu hal yang paling penting dalam pengisian data freelancer kamu adalah memasang fee yang menarik calon klien dan tidak jangan murahan, caranya adalah kamu harus mampu mengedukasi calon klien apa saja yang akan di dapatkan dan keunggulan-keunggulan ketika bekerja sama dengan kamu.

  • Buat situs pribadi: Marischka Prudence mengatakan bahwa blog pribadinya sangat membantu dia untuk eksis dan membangun branding sebagai freelance travel blogger di dunia maya.

  •  Kamu juga bisa mendaftarkan diri kamu di LinKendin karena akun ini menghubungkan para profesional dari seluruh duniaBuat akun media sosial yang profesional, di sisi lain, juga menyediakan banyak fasilitas untuk freelancer mencari proyek dan bidding ke klien layaknya situs marketplace khusus freelancing.untuk itu kamu harus membuat akun media sosial yang profesional agar para klien menjadi percaya untuk menyerahkan tugasnya ke kamu.

  •  Ada baiknya juga kamu membuat kartu nama ketika ingin menjadi freelancer dan untuk menekankan personal branding di ranah offline ini bisa juga menjadi salah satu hal yang membuat calon klien percaya dengan kamu.

  •  Pastikan bahwa klien akan membayar setelah job selesai: salah satu risiko melakukan kerja freelance adalah klien yang kabur setelah job selesai. Oleh karena itu, seorang freelancer harus bisa memastikan kliennya jujur dan berani melakukan perjanjian kontrak hitam di atas putih sebelum pekerjaan dimulai. Risiko klien yang kabur bisa diminimalisir jika seorang freelancer bergabung di marketplace online khusus freelancer karena situs-situs seperti ini akan bertindak sebagai semacam mediator antara freelancer dengan klien untuk memastikan kedua belah pihak melakukan kewajiban dan mendapatkan haknya.

Jadi itu dia tips-tips yang harus kamu perhatikan ketika ingin menjadi seorang freelancer yang sukses mendapatkan banyak job. Jadi ada baiknya sebelum kamu memutuskan menjadi freelancer secara full time kamu mengikuti kursus yang sesuai dengan passion yang dapat membantu meningkatkan portfolio kamu dan membuat klien tertarik.

Baca Artikel Lainnya Disini







Comments

Popular posts from this blog

Download Tema Whatsapp IOS.xml Warna Putih (Theme Original Iphone) terbaru 2019

Free Download Kinemaster Pro Mod Apk Terbaru 2019 Tanpa Watermark

Download Whatsapp Mod Apk Tampilan Instagram IOS 12 Versi Terbaru 2019