Cybercrime


Semakin berkembangnya dunia maya semakin memicu pertumbuhan kejahatan melalui dunia maya atau yang sering dikenal sebagai Cybercrime!

Caybercrime adalah tindikan kriminal yang dilakukan dengan menggunkan teknologi komputer sebagai alat kejahatan utama. Cybercrime merupakan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi komputer khususnya internet. Cybercrime didefinisiksn sebagai perbuatan melanggar hukum yang memanfaatkan teknologi komputer yang berbasis pada kecanggihan perkembangan teknologi internet.

Nah karena zaman makin berkembang khususnya dalam  dunia teknologi informasi dan komputer kita sebagai masyarakat harus lebih waspada lagi ketika menggunkan internet ya. Nah aku akan memberitahu beberapa ancaman cybercrime di internet yang bisa  kamu ketahui agar kamu lebih waspada deengan berbagai macaam jenis kejahatan cybercrime ini:

Macam- macam ancaman  yang ada di internet

 BOTNET


Botnet adalah sebuah software/bot yang menciptakan pasukan komputter yang sudah terinfeksi virus (komputer zombie) yang bisa dimanffaatkan oleh seorang penjahatt ccyber untutk melakukan serangan.

DdoS

DdoS  merupakan serangan yang dilakukan menggunkan komputer zombie, untuk membanjiri trafik sebuah website/server sehinga membuat server/website tersebut down tiddak bisa diakses oleh pemiliknya.

SPAM

SPAM adalah sesuatu yang membuat kita resah, karena kitta bisa menerima email dengan jumlah yang tidak masuk akal secara bersamaan, dengan spam ini biasanya dibarengi dengan PHISING yang di dalamnya menawarkan sesuatu yang to-good-to-be-true

PHISHING

Phishing bisa digunakan oleh penjahat cyber unttuk menggumpuulkan informasi penting milik korbannya seperti username dan password sebuah akun yang berpura-pura sebagai pihak yang berwenang atas informasi tersebut. Biasanya phishing dilakukan lewat email, dan link website

SPOOFING

SPOOFING teknik ini dilakukan untuk mengelabui korban untuk percaya bahwa website yang dikunjungi/ email yang diterima berasal dari sumber yang terpercaya, sehingga korban mudah memberikan info kredisial nya.

TROJAN HORSE

Pernah gak sih kita berfikir apa yang ada di dalam software bajakan yang kita download bisa saja berisi virus dan malware yang dapat merusak PC kita. Begitulah kira-kira torjan horse itu, mungkin diluar kelihatan seperti aplikasi biasa, tetapi kita tidak tahu apa didalamnya.

Spyware dan adware

Ini biasanya adalah salah satu kejutan yang terdapat didalam sebuah torjan horse. Spyware sendiri dapat mengawasi kegiatan kita dan mengambil data kita secara diam-diam. Sedangkan adware dapat membuat pc kita dipenuhi iklan-ikaln tidak senonoh.
Jadi itu beberapa ancaman yang ada di internet kita semua harus lebih berhati-hati lagi ketika ingin mengunduh suatu aplikasi yang ada di internet karena bisa saja aplikasi tersebut berbahaya untuk pc kita yang bisa menyebarkan virus- virus.

Baacaa artikel lainnya disini

Comments 0