roeo 10
Foto Hanya Ilustrasi

Punya Kartu KIP? Jangan Sia-siakan, Pemerintah Lanjutkan Program KIP Kuliah. Cek Disini Syaratnya

WAJIBTEKNO-Berberapa bulan lagi siswa  kelas XII di bangku SMA akan bersiap-siap melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Beberapa diantaranya sudah menentukan pilihan mau melanjutkan pendidikan ke perguruan favoritnya masing-masing. Ada juga sebagian yang masih bingung atau dilema dengan biaya kuliah yang semakin lama semakin mahal.

 

Baca Juga: Berikut 7 Bantuan Sosial Dari Pemerintah Di Tahun 2021 Ini. Cek Apa Saja..

 

Jangan khawatir Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan beasiswa bagi mereka yang memiliki ekonomi dibawah atau kurang mampu melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

 

Baca Juga: Kartu Pra Kerja Kembali Masuk Dalam Program Bansos Tahun Ini, Berikut Cara dan Persyaratan…

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melanjutkan program Kartu Indonesia Pintar (KIP Perguruan Tinggi) pada tahun 2021 sebagai bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP).

 

Baca Juga: Bantuan Modal Usaha GRATIS Rp. 3,5Jt Dari Kementrian Sosial, Cek Cara Daftarnya Di Sini..

 

Baca Juga:   Kartu Pra Kerja Kembali Masuk Dalam Program Bansos Tahun Ini, Berikut Cara dan Persyaratan...

Nadim Makarim Selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyampaikan “Pada 2021 kita memprioritaskan Program Indonesia Pintar (PIP) ” Nadim menjelaskan dalam taklimat media secara daring, dilansir dari kompas.com Senin (22/2/2021).

Nadim menjelaskan, pada tahun 2021 akan dilakukan berbagai macam perubahan dan pembaruan dalam peredaran perkuliahan KIP. Artinya mendukung pendidikan berkualitas bagi siswa sebagai alternatif negara Indonesia, tambah Nadim. “PIP dan KIP yang mengalami perubahan luar biasa tahun ini bisa dirasakan di berbagai daerah,” imbuhnya.

 

Baca Juga: Bantuan Modal Usaha GRATIS Rp. 3,5Jt Dari Kementrian Sosial, Cek Cara Daftarnya Di Sini..

 

Nadim mengatakan, kecepatan memperoleh PIP atau KIP di berbagai daerah pada tahun 2020 jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. 

Lebih lanjut Program kartu KIP ini tidak hanya menyasar perguruan tinggi saja. Program ini juga diperuntukan kepada siswa yang masih duduk di sekolah SD, SMP dan SMA. Progaram ini telah sampai pada sasaran 17,9 juta siswa melalui KIP Sekolah.

KIP Sekolah adalah progran bantuan keuangan yang bermanfaat bagi anak-anak (usia 6-21 tahun). 

Persyaratan untuk mendapatkan program KIP  kuliah yaitu:

  • Merupakan siswa SMA, SMK, dan Sejerajat lainnya yang akan lulus tahun ini.
  • Bantuan diberikan kepada siswa yang memiliki prestasi yang baik selama menduduki bangku sekolah menengah dan namun memiliki keterbatasan dalam ekonomi.
  • Memiliki dokumen sah yang menyatakan bahwa terkendala dalam keterbatasan ekonomi atau termasuk keluarga kurang mampu
  • Keputusan melewati jaminan mahasiswa baru, dan diakui di PTN atau PTS di program studi dengan akreditasi A atau B, dan ini dapat divisualisasikan dengan refleksi khusus di program studi dengan akreditasi C.

 

Baca Juga:   Poster Hari Donor Darah Sedunia 2021, Download Gratis Di Link Berikut Ini.

Baca Juga: Jangan Tunda Daftar Diri Ke DTKS.KEMENSOS.GO.ID Agar Dapat Bansos Di Tahun Ini, Berikut Caranya..

 

Berikut keuntungan jika bisa mendapatkan program KIP untuk Perkuliahan:

  1. Pembebasan biaya untuk pendaftaran perguruan tinggi (ujian tertulis berbasis komputer, penetapan PTN dan PTS mandiri, berbagai pilihan) yang diajukan oleh masing-masing Dewan Pembina dan pihak sekolah bagi mahasiswa yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) (CEK DISINI). 
  2. Gratis biaya pendidikan / uang sekolah yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi. Bantuan biaya harian Rp (Rp. 700.000) perbulan selama 8 semester (D4-S1), 6 semester (D3), 4 semester (D2), 2 semester (D1).

Program Kartu Indonesia Pintar ini akan menyasar 1,095 juta orang pada tahun ini. Berbagai syarat dan keuntungannya sudah diketahui diatas. Silahkan daftarkan diri Anda dan jangan sampai ketinggalan ya!!

Program ini sangat bermanfaat dan akan membantu Anda secara finansial jika memiliki keterbatasan dalam perekonomian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *