TIPSTIPS DAN TRIK

Begini Cara Menanam Cabai Rawit Dengan Hasil Melimpah

WAJIBTEKNO- Untuk menyiasati harga cabai yang tersedia tak henti-hentinya, Anda bisa mulai dengan bertani cabai di halaman Anda, atau pot dan tas plastik.

Cara ini bisa digunakan oleh petani  cabai  dengan tujuan agar hasil persemaian mereka melimpah:

  • Siapkan media semai. Sebelum tanam, siapkan media tanam bibit cabai. Cara tanam yang diusulkan adalah campuran tanah, pupuk atau pupuk kandang dan tanah habis pembakaran dengan perbandingan 3: 2: 1. Untuk mencegah penyakit, bagian tengah bibit dibersihkan terlebih dahulu. Sterilisasi dilakukan dengan cara menguapkan media atau menjemurnya di bawah terik matahari. Pada titik ini didinginkan, ditempatkan di ruang tanam, dan diairi. Untuk kompartemennya, Anda dapat menggunakan kantong poliester kecil, wadah plastik, atau gelas plastik berlubang, atau membeli plastik bibit yang tersedia. Yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan  tray telur yang biasa Anda dapatkan saat membeli telur di pasaran.
  • Siapkan bijinya , bisa menggunakan cabai rawit kualitas bagus, dengan produk organik utuh, kuat, dan siap pakai. Sebelum tanam, serap air benih suam-suam kuku, sekitar 45-50 ° C selama 60 menit. Pilih benih yang mereka tanam. Strategi ini juga digunakan untuk mempercepat pertumbuhan benih. Sementara itu, dengan tujuan akhir tanaman agar terhindar dari serangan infeksi, benih jawaban fungisida Previcur N juga harus diserap dalam porsi 1-2 cc per liter air menjadi satu. Setelah itu benih dikosongkan dan dikeringkan di atas kertas agar tidak menempel di tangan saat di tanam.
  • Pertanian Benih disemai satu per satu dalam ruang yang berisi media budidaya dan ditutup dengan metode budidaya mikro dengan penyaringan. Untuk menjaga kelembapan, persemaian ditutup dengan kantong plastik atau karung goni atau daun pisang. Selama siklus samai, sirami sistem pancuran agar benih tidak terlalu banyak air. Setelah 5 hingga 7 hari, saat benih mulai tumbuh, lepas penutup pembibitan dan segera keringkan di bawah sinar matahari dengan pembatas, misalnya paranit, atau plastik anti UV. Setelah 20-30 hari berumur cukup atau 4-5 daun, benih dapat direposisi dalam pot atau kantong poliester besar.
Baca Juga:   Cara Share Aplikasi PMP Agar Bisa Di Gunakan Banyak Perangkat

BACA JUGA: Tips Baru Menanam Cabai Rawit Bagi Pemula

  • Tanam dan media tanam bagi yang menggunakan pot atau kantong plastik dapat mencampurkan tanah dan kompos dengan perbandingan 1: 1. Jika kotoran terlalu padat dapat ditambahkan sekam bekas dengan perbandingan tanah dan kotoran, atau kompos. dan sekam bekas, 3: 2: 1. Ukuran yang disarankan untuk mangkok jumbo atau polybag adalah 40 x 50 cm. Benih harus disemai atau dipindahkan dari kantong plastik kecil ke kantong plastik besar pada sore hari agar benih memiliki kesempatan yang cukup untuk beradaptasi di malam hari. Bibit yang dibudidayakan adalah yang berumur 20-30 hari atau memiliki 4-5 helai daun. Sebelum menanam atau memindahkan benih, siram terlebih dahulu agar medianya terendam. 
  • Pemeliharaan merupakan salah satu kunci pencapaian dalam pengembangan cabai rawit. Dukungan harus dilakukan dengan cara yang terlatih, termasuk penyiraman, penyiangan dan persiapan. Penyiraman dilakukan setiap hari pada awal siang atau malam jika tidak ada hujan. Penyiangan dilakukan satu kali secara berkala dengan cara menghilangkan gulma di dalam dan sekitar pot atau kantong plastik. Jika tunas samping dan beberapa daun tumbuh setinggi 15-25 cm mulai dari tahap pertama, potong atau rekatkan. Pemangkasan mengacu pada menahan semprotan penyiraman yang menempel pada tanaman, batang menjadi kokoh dan padat, pertumbuhan pada titik tertinggi tanaman lebih besar, dan difusi udara lebih baik.
  • Pupuk organik diberikan setelah sebulan habis di tanam. Pupuk yang diberikan adalah NPK. Untuk membuat irigasi, setiap pot atau polybag dengan susunan pupuk 200ml harus disiram, bila sudah seperti jam. Sebagai pupuk tambahan, air cucian beras, air cucian daging atau ikan, pupuk cair (pet kencing), dan pupuk nabati, misalnya daun tetonia juga bisa diberikan. Arahkan air cucian beras atau air bilasan daging dan ikan sebelum digunakan. Sementara itu, urine hewan yang digunakan menjadi kuno dan banyak dijual berdasarkan penelitian.
Baca Juga:   Cara Download Thema Berbayar Di Samsung Glaxy Menjadi Gratis

BACA JUGA: Tips Supaya Tidak Bisa Anggota Grup WhatsApp Mengedit Detail Grup

  • Pengendalian serangga dalam pengembangan serangan iritasi, infeksi atau OPT. Gangguan yang menyerang banyak tanaman cabai rawit antara lain reptil nokturnal, cacing tentara, larva organik, kutu kebul, kutu daun, thrips, dan parasit. Penyakit yang sering Anda serang antara lain infeksi kuning, produk organik busuk antraknosa, layu fusarium, layu bakteri, bercak daun serosa, dan anakan. Sterilisasi, dan persiapan normal, seperti visualisasi normal setiap siang dan malam. Jika serangga tidak terdeteksi, mereka harus dikontrol dengan hati-hati, untuk diidentifikasi dengan mendapatkan dan memusnahkan serangga. Pada titik ini disemprot dengan insektisida dan apatit atau biosida, terutama pestisida yang bersifat karakteristik, misalnya minyak lemon dengan porsi 1-3 cc / L air ditambah disinfektan sampai batas tertentu. Pestisi dan lanin Abati lainnya biasanya diproduksi dengan menggunakan daun sirsak, daun mandi, daun bengkuang, bayam, empat tumbuhan, tembakau, dan lainnya.
  • Pengumpulan dan pasca panen cabai rawit dipanen sekitar 80-90 hari setelah tanam , tergantung varietas dan posisi spot yang akan dikembangkan. Pengumpulan harus dilakukan dalam iklim yang cerah. Cabai rawit bisa dikumpulkan seminggu sekali. Jika dikembangkan dengan tepat, cabai dapat terbentuk hingga beberapa tahun.
Baca Juga:   Free Download Emolator Android Terbaik Untuk PC/Laptop Paling Ringan (Full Fitur)

Wah, dengan cara mengetahui cara bisa dipraktikan supaya tanaman cabai rawit yang ditanam bisa melimpah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button