TECH NEWSTIPStips and trikTIPS DAN TRIK

5+ CARA MEMBUAT WEBSITE GRATIS SUPER MUDAH

Wajibtekno.com, Cara Membuat Website Gratis- Banyak orang yang kebingungan dalam bagaimana cara membuat website secara gratis. Tenang saja anda singgah ditempat yang tepat. Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat website gratis.

Website memang dapat menunjang hal-hal yang anda lakukan terlihat lebih menyakinkan. Entah anda seorang pebisnis, penulis artikel atau blogger, fotografer, ataupun yang lainnya. Website membuat anda terlihat lebih serius dan lebih profesional, terlebih kalau kalau semua itu bisa anda dapatkan secara gratis. Tentu akan sangat menghemat biaya yang akan dikeluargkan.

Jika anda ingin meningkatkan reputasi dan menciptakan personal branding, website tentu tidak boleh anda lewatkan. Terlebih jika anda bertujuan ingin mendapatkan uang melalui internet. Website adalah kuncinya, anda perlu membuat sebuah website!!

Terlebih zaman sekarang dibidang bisnis rata-rata calon konsumen mencari kebutuhan melalui internet. Tentu hal ini menjadi peluang bagi anda untuk menawarkan produk atau jasa anda secara mudah, untuk itu anda perlu membuat sebuah website yang berisikan produk atau jasa yang ingin anda tawarkan.

Website juga dianggap makin penting karna banyak dari calon pembeli yang mencari tau apakah produk atau jasa yang ditawarkan benar ada atau tidak sehingga banyak dari mereka yang merasa ragu jika seorang pebisnis tidak memiliki website tersendiri yang menunjukkan barang atau jasa yang mereka tawarkan itu benar-benar ada, selain untuk menunjukan produk biasanya pada website calon pembeli dapat melihat review mengenai barang atau jasa yang diminati. Apa anda mau  kehilangan pelanggan hanya karna terlihat kurang menyakinkan?

Atau juga sebuah instansi tentu perlu membuat sebuah website agar instansi yang dijalankan tidak dianggap bodong, website yang dibuat dapat digunakan sebagai sarana perkenalan instansi kepada masyarakat luas. Bisa digunakan untuk memuat informasi terkait instansi atau hal-hal penting lainnya yang ingin ditunjukan.

Baca Juga:   Tips Laptop Tidak Lemot, Kamu Harus Coba !

Jadi, artikel ini bertujuan untuk membantu anda agar bisa membuat website sendiri secara gratis. Berikut cara-caranya akan dijelaskan lebih lanjut seperti dibawah ini:

CARA MEMBUAT WEBSITE GRATIS TANPA RIBET:

#1. Cara Membuat Website Gratis: Menentukan Jenis Website Yang Akan Dibuat

Langkah pertama yaitu menentukan jenis website yang akan anda buat, pada saat proses membuat website dan mendesain anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan. Entah dalam segi teknis seperti soal paket hosting, disk space,bandwith, dan lain sebagainya. Begitu juga dari segi desain dan functionality seperti tema, plugin, slider, kolom, widget, langganan newsletter, dan sebagainya. Beberapa jenis website yang umum anda temui:

  • Website Pribadi. Jenis website ini dimiliki oleh seseorang sebagai identitas online. Jenis webside yang satu ini biasanya berisi opini pribadi tentang suatu hal atau pengalaman sehari-hari.
  • Website Sekolah. Pada zaman sekarang banyak sekolah yang membuat website guna memudahkan akses informasi. Tidak hanya untuk mengetahui lokasi dan fasilitas yang tersedia, website sekolah juga digunakan untuk menunjukkan kegiatan belajar mengajar atau ekstrakulikuler

Jenis website ini menampilkan informasi yang selalu up to date. Ciri dari blog menampilkan informasi terbaru pada bagian teratas. Blog biasanya dimiliki oleh pribadi maupun perusahaan.

  • Toko Online. Jenis website ini mulai menjamur beberapa tahun belakangan, webside jenis ini digunakan untuk tujuan berjualan secara online. Mulai dari produk barang atau jasa.
  • Website Instansi. Website jenis ini banyak dimanfaatkan oleh instansi pemerintah dalam rangka keterbukaan informasi publik. Tidak hanya berisi kegiatan instansi, tapi juga terkait transparasi anggaran
  • Website Berita. Website ini digunakan untuk menampilkan informasi terbaru, lingkup berita yang ditampilkan bisa nasional maupun internasional
  • Website Komunitas. Jenis ini diperuntukan pada komunitas tertentu. Bisa berupa komunitas pencinta novel, otomotif, dan lain sebagainya.
Baca Juga:   7 Rahasi Yang Ada Pada Aplikasi Youtube Di Android Yang Belum Anda Ketahui

#2. Cara Membuat Website Gratis: Pilih Platform

Setelah menentukan jenis website seperti apa yang akan anda buat, lanjut dengan menentukan platform seperti apa yang akan anda gunakan. Cara agar membuat website anda gratis yaitu dengan menggunakan platform yang telah tersedia.

Saat ini telah banyak platform gratis yang dapat membantu anda dalam membuat website, beberapa yang sering digunakan yaitu WordPress, Drupal, Joomla, Wixsite, dan lain sebaginya.

Nah, untuk platform yang banyak orang gunakan ialah WordPress. WordPress dianggap cocok digunakan oleh pemula yang ingin membuat sebuah website pribadi dikarenakan platform ini benar-benar gratis, baik saat mengunduh, menginstall ataupun saat anda melakukan modifikasi.

Selain untuk pribadi WordPress juga dapat digunakan untuk membuat website kecil seperti blog, bisnis kecil atau besar yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga.

#3. Cara Membuat Website Gratis: Memilih Domain Dan Layanan Hosting

Hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah membuat alamat domain dan hosting, pilihlah alamat domain dan hosting yang mudah untuk anda ingat.

Nama domain adalah nama website yang akan anda buat, namun untuk membuat domain biasanya anda akan dikenankan biaya. Anda dapat membeli domain dari web-web yang telah disediakan tetapi ada beberapa tempat penjualan domain yang akan menggratiskan domain jika anda membeli hosting seperti .com, .org, serta .net

Tapi anda tidak perlu khawatir karna pembelian domain ini hanya akan anda lakukan 1 kali dan akan berlaku selama 1 tahun, cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp. 100.00 saja.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Aplikasi Lightroom Preset

#4. Cara Membuat Website Gratis: Buat Email

Langkah selanjtnya setelah anda mendapatkan domain, nantinya anda akan mendapatkan email khusus, nah email ini berbeda dengan email yang berasal dari Gmail.

Beberapa cara untuk menentukan nama domain untuk website yang akan buat. Jika anda membuat website dengan tujuan penggunaan atau kepentingan pribadi anda bisa menggunakan nama anda sebagai nama domain. Begitu juga jika website yang akan anda gunakan bertujuan untuk kepentingan perusahaan, instansi, ataupun toko online yang anda miliki, sebaiknya menggunakan nama dari perusahaan, intansi atau toko tersebut sebagai nama domain. Hal ini nantinya akan mempermudah anda ataupun klien dalam pengecekannya.

#5. Cara Membuat Website Gratis: Modifikasi

Hal terakhir yang harus anda lakukan sebelum website anda siap digunakan adalah modifikasi. Anda bisa memilih tampilan website berdasarkan dengan template yang telah disediakan, anda juga dapat mebuat konten dengan page dan post.

Page merupakan fasilitas yang telah disediakan oleh platform untuk menulis artikel ataupun kontak. Halaman page ini bersifat statis atau tidak bisa diperbarui secara berkala. Sedangkan post merupakan fitur untuk menulis artike anda berdasarkan tanggal.

Selain mengatur page dan post anda juga dapat mengatur judul website anda pada kolom site title atau pada menu pengaturan yang telah disediakan. Tampilan halaman utama pada website tergantung pada template yang telah anda gunakan sebelumnya. Tetapi anda dapat memilih artikel atau tulisan mana saja yang akan anda tampilkan pada halaman utama.

Yapp, itulah beberapa Cara Membuat Website Gratis yang harus anda perhatikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Sekian, terimakasih….

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button