Cara Cek Layar Laptop

4 Cara Cek Layar Laptop Aman atau Rusak!

Wajibtekno.com, Cara cek layar laptop-Hallo buat kalian semua si pencari informasi, kali ini kami akan memberitahu kalian cara cek layar laptop  kesayangan kalian.

Laptop merupakan barang yang udah tidak asing lagi saat ini, hampir rata – rata kalangan siswa dan mahasiwa menggunakan laptop, bahkan pekerja kantoran sekarang banyak menggunakan laptop dari pada pc, itu lah kami terinspirasi membuat artikel kali ini, biar kalian tahu kesehatan layar laptop kalian, dengan mengetahui cara cek layar laptop .

Cara cek layar laptop  rusak atau tidak adalah cara untuk mengetahui apakah layar LCD laptop rusak atau tidak. Di sini kalian  akan melakukan beberapa teknik dasar yang biasanya dilakukan oleh teknisi laptop di pusat perbaikan laptop atau komputer.

Hal ini juga dapat digunakan sebagai indikasi awal jenis kerusakan yang dialami layar LCD laptop kalian . Apalagi saat kerusakannya adalah saat layar laptop blank atau layar hitam padahal laptop dalam keadaan menyala.

Baik lah kami langsung membertihu kalian cara cek layar laptop, yang pertama kalian harus tahu dulu apa saja yang di butuhkan dalam pengecekan layar laptop kalian.

Baca Juga:   2 Cara Mendownload Gta Indonesia Di Laptop

Peralatan yang kalian butuhkan dalam pengecekan layar laptop kalain masih berfungsi atau tidak adalah sebagai berikut.

Peralatan yang di butuh kan dalam cek layar laptop

  1. Kalian siapkan satu monitor external
  2. Kabel vga atau kabel hdmi
  3. Terus obeng yang sesuai (+)

Nah itu lah alat yang di butuhkan dalam pengecekan layar laptop, oke kita masuk ke topik kita yaitu cara cek layar laptop, kami akan kasih tahu kalian banyak cara cek layar lapto , yuk di simak

Berikut Cara Cek Layar Laptop :

  1. Cara cek layar laptop dengan Software.

Software yang bisa kalian  gunakan untuk cek kondisi LCD pada laptop adalah passmark monitortest. Kalian  bisa mendownloadnya di website resmi dari software tersebut. Sesudah itu berikut ini cara penggunaannya :

  • Install software tersebut pada laptop yang akan kalian
  • Oleh karena software tersebut masih evaluation version maka hanya bisa kalian gunakan gratis selama 30 hari.
  • Kalian pilih saja opsi continue
  • Kemudian klik start untuk membuat software bekerja.
  • Setelah itu aplikasi akan langsung memunculkan berbagai informasi mengenai tampilan LCD atau monitor laptop kalian tersebut, software tersebut memperlihatkan beberapa pola apabila pada bagian layar laptop tertentu terjadi masalah maka bisa diketahui.
  1. Menghubungkan Ke Monitir Lain
Baca Juga:   Asus Vivobook Baru Terlihat Gaya dan Dikatakan Lebih Mengesankan!

Cara cek layar laptop  yang ke 2 dengan alat yang telah kalian sediakan tadi, langkah yang di lakukan :  cara ini diperuntukan ketika laptop sudah menyala namun layar LCD blank atau hitam.

  • Pertama, kalian dapat menghubungkan laptop ke monitor external, dengan menggunakan kabel vga atau hdmi
  • Setelah itu kalian dapat mengetahui apakah kerusakan terjadi pada LCD atau komponen lain, jika monitor external berhasil menampilkan tampilan yang ada pada laptop yang seharusnya artinya kerusakan atau masalah terjadi pada layar LCD laptop kalian .
  • Namun jika monitor external tidak menampilkan apapun artinya ada kerusakan pada komponen lain seperti ram
  • Selanjutnya jika kalian berani dan memiliki kemampuannya, kalian  dapat membongkar LCD untuk memastikan dan mengganti LCD laptop kalian  dengan yang baru. Sebagai catatan, membongkar LCD laptop sangat beresiko menambah kerusakan LCD jika tidak dilakukan dengan benar, jika kalian  ragu bawalah laptop kalian  ke profesional.
  1. Lewat Windows
Baca Juga:   Laptop HP Zbook 17, Berikut Spesifikasi Lengkap

cara cek layar laptop  ke tiga adalah lewat windows, langkah yang kalian lakukan adalah sebagai berikut :

layar

  • Klik windows + r
  • Kemudian ketik dxdiag
  • Klik tab display
  • Klik test direct3d.
  1. Bisa Mengunakan Software Pixel Repairer

Cara terakhir cek layar laptop adalah mengunakan  software pixel repairer (https://rizone-pixel-repair.id.uptodown.com/windows) , langkah yang kalian lakukan adalah sebagai berikut :

  • Download dan diinstall maka langsung jalankan software ini.
  • Klik tombol search yang ada pada bagian atas sebelah kiri pada tampilan menu software ini.
  • Pilih satu warna yang berada pada daftar warna tampilan menu software ini.
  • selanjutnya klik
  • Nanti akan ada tampilan monitor yang akan berubah warna menjadi warna yang kalian pilih tadi.
  • Apabila di salah satu titik ada warna lain selain warna yang kalian dipilih tadi  maka artinya monitor tersebut bermasalah.

Nah itu lah cara cek layar laptop, kalian bisa gunakan juga untuk mengecek laptop bekas yang akan kalian beli nantinya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *