Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022

Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022

Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022- Jumat 30 Oktober 22 merupakan HUT Kota Yogyakarta yang ke 266 tahun, setiap tanggal 07 Oktober merupakan hari yang bersejarah bagi warga Jogja, karena di tanggal 07 Oktober tersebut di peringati sebagai HUT Kota Yogyakarta.

Terbentuknya Kota Yogyakarta dimulai pada Perjanjian Gianti pada 13 Februari 1755. Isi perjanjian tersebut adalah Negara Mataram dibagi menjadi dua. Setengahnya menjadi hak Kerajaan Surakarta dan setengahnya lagi menjadi hak Pangeran Mangkubumi.

Pada perjanjian itu juga, Pengeran Mangkubumi diakui sebagai raja dengan gelar Sultan Hamengku Buwono Senopati Ing Alega Abdul Rachman Sayidin Panatagama Khalifatullah.

Saat itu, yang menjadi wilayah kekuasaannya adalah Mataram (Yogyakarta), Pojong, Bagelen, Sukowati, Kedu, Bumigede, Magetan, Madiun, Cirebon, separuh Pacitan, Kalangbret, Kartosuro, Tulungagung, Mojokerto, Ngawen, Sela, Kuwu, Bojonegoro, Wonosari, dan Grobogan.

Pasca perjanjian pembagian daerah ini, Pangeran Mangkubumi yang juga merupakan Sultan Hamengku Buwono I menetapkan daerah Mataram dengan nama Ngayogyakarta Hadiningrat dan ibu kotanya di Ngayogyakarta (Yogyakarta). Ia menetapkan hal itu pada 13 Maret 1755.

Tempat yang dipilih sebagai ibu kota itu merupakan sebuah hutan yang disebut Beringin. Di sana ada desa kecil bernama Pachetokan dan ada sebuah pesanggrahan atau peristirahatan bernama Garjitowati.

Baca Juga:   Beberapa Quotes Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H, Yuk Bagikan Ke Media Sosialmu!

Pesanggrahan tersebut dibangun Susuhunan Paku Buwono II dan namanya kemudian diganti menjadi Ayodya.

Setelah menetapkan ibu kota, Sultan kemudian memerintahkan rakyatnya untuk babat hutan guna dijadikan keraton. Namun, sebelum keraton tersebut selesai dibangun, Sultan Hamengku Buwono I menempati pesanggrahan Ambarketawang di daerah Gamping.

Baru satu tahun kemudian, Sultan HB I memasuki istana barunya. Hal ini juga menandai berdirinya Kota Yogyakarta dengan nama utuh Negari Ngayogyakarta Hadiningrat. Peresmiannya dilakukan pada 7 Oktober 1756.

Alasan Diberi Nama Yogyakarta, Menurut buku Sejarah Keraton Yogyakarta oleh Ki Sabdacarakatama, nama Kota Yogyakarta sebelumnya memiliki banyak istilah penyebutan. Di antaranya adalah Ngayugyakarta Hadiningrat, Ngayogyakarta, Ayodya, Yogyakarta, Jogjakarta, Yogyakarta, Yoja, Djokya, dan lainnya.

Rahasia penamaan ini memang belum terungkap jelas, tapi diperkirakan untuk menghormati tempat bersejarah Alas Beringin.

Pada Babad Giyanti karya Yosodipuro, Sultan HB I dan prajuritnya menuju ke selatan setelah Perjanjian Giyanti dan membubarkan barisan di Parakan. Saat sampai di Gunung Gamping, ia mengukur calon kota di Hutan Beringin.

Baca Juga:   Twibbon Hari jadi Provinsi Banten Tahun 2022 - Free Unduh

Tempat yang diukur ini dekat dengan bangunan lama yang didirikan Sinuwun Amangkurat IV dan disebut juga sebagai Gerjitawati. Ketika zaman Paku Buwono I, Gerjitawati diganti namanya sebagai Ayodya.

Sementara, pada buku Peta Kamasurta karya Sukendra Martha, sebetulnya nama Yogyakarta diciptakan oleh paman buyut Sultan HBI, yakni Paku Buana I atau Pangeran Puger yang merupakan Raja Keraton Kartasura kedua.

Kata Yogyakarta adalah pergeseran dari pengucapan Ngayogyakarto yang berasal dari kata ngayogya dan karta. Yogya berarti pantas atau baik. Jadi, ngayogya berarti menuju cita-cita yang baik.

Sedangkan karta artinya aman, sejahtera. Maka, arti Ngayogyakarta adalah mencapai kesejahteraan bagi negeri dan rakyatnya.

Nah, kali ini kami sudah mempersiapkan beberapa link download Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022  yang bisa kalian gunakan secara gratis.

Beberapa desain Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022  ini kami rangkum dari beberapa sumber yang pastinya keren untuk dibagikan.

Langsung saja berikut ini adalah beberapa desain Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022 yang bisa kalian gunakan.

Baca Juga:   Twibbon HUT RI Ke-76, Siap Download Gratis Disini!

Berikut Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022:

Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022

Download Gambar

Cara menggunakan Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022:

  1. Klik pada link desain Twibbon HUT Kota Yogyakarta 2022 yang sudah disediakan diatas.
  2. Kalian akan diarahkan ke Halaman Twibbpnize.com
  3. Klik pada tombol browse yang ada di bawah desain untuk mengunggah gambar foto kalian.
  4. Sesuaikan letak foto kalian agar pas dalam bingkai foto dengan cara menciutkan atau melebarkan foto.
  5. Setelah dirasakan pas dan elegan, klik pada tombol next untuk melihat previewnya.
  6. Klik pada tombol download untuk mengunduhnya ke dalam perangkat kalian.

Setelah Twibbon HUT Kota Yogyakarta terunduh, jangan lupa untuk membagikannya melalui media sosial kalian disertai dengan Ucapan Selamat HUT Kota Yogyakarta.

Itulah beberapa desain Twibbon HUT Kota Yogyakarta  yang bisa kalian gunakan dengan mudah dan gratis.

Nantikan Juga desain – desain Twibbon lainnya disini. Jangan lupa untuk membagikannya kepada teman, saudara dan orang orang terdekat agar mereka juga bisa menggunakan Twibbon yang menarik ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *