caraDesainTIPStips and trikTIPS DAN TRIK

Karya Seni Aplikasi Benda Ditempel Dengan Cara Variasi

Karya Seni Aplikasi Benda Ditempel Dengan Cara Variasi- Karya seni aplikasi dikenal sebagai salah satu teknik yang sering digunakan dalam karya seni rupa tiga dimensi.

Perlu kita ketahui bersama bahwa dalam buku Seni Budaya Kelas 10 oleh Kemdikbud, karya seni rupa tiga dimensi sangat terkenal dengan sebutan karya seni yang dapat dilihat dari lebih dari dua sisi.

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa tiga dimensi ini biasanya dibedakan menjadi karya yang memiliki fungsi pakai atau seni terapan (applied art). Karya seni aplikasi digolongkan dalam salah satu teknik dalam karya seni rupa tiga dimensi.

Karya seni aplikasi dikenal juga sebagai teknik hias yang biasa diterapkan dalam seni jahit-menjahit. Cara menerapkan karya seni aplikasi ini biasanya dengan menggunakan teknik menempelkan berbagai kain yang dihias menyerupai bentuk binatang, bunga, dan lain-lain.

Baca Juga:   CARA IMPORT FOTO DI SKETCHBOOK

Cara membuat karya seni aplikasi:

Berikut cara membuat karya seni aplikasi.
1. Siapkan bahan untuk membuat karya seni aplikasi. Dapat berupa kain atau kertas.
2. Buat sketsa lukisan dalam selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih
3. Potong kain atau kertas menjadi bentuk tertentu seperti daun, bunga, hewan dan bentuk lainnya sesuai dengan gambar sketsa
4. Tempelkan potongan tersebut ke dalam objek yang ingin dihias. Jika menggunakan kertas, maka menempelkan potongan hiasan bisa dengan lem. Sebaliknya jika menggunakan kain, maka potongan hiasan dijahit dengan mesin jahit.

Karya seni ini sering diterapkan dalam kerajinan jahit-menjahit. Siswa dapat membuat potongan hiasan kemudian menempel atau menjahitnya dalam media kertas atau kain.

Baca Juga:   Hilangkan Tanda Panah Shortcut Pada Windows

Karya seni aplikasi ini merupakan salah satu teknik dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi yang sangat mudah untuk diterapkan dan diaplikasikan.

Demikianlah informasi menarik dan singkat kali ini mengenai Karya Seni Aplikasi Benda Ditempel Dengan Cara Variasi Yang Sangat Mudah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button