WhatsApp Image 2021 04 20 at 10.26.58
Foto: Picxtrix.com

6 Cara Mendapatkan Gambar Yang Bagus Di Malam Hari Yang Minim Cahaya Dengan Ponsel

6 Cara Mendapatkan Gambar Yang Bagus Di Malam Hari Yang Minim Cahaya Dengan Ponsel – Bagi yang hobi memotret mendapatkan foto yang bagus adalah kesenangan tersediri. Apalagi ketika melakukan pemotretan dimalam hari. Kita harus berjibaku dengan cahaya untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Banyak alat yang bisa digunakan untuk mendapatkan gambat yang bagus. Tak kalah bagusnya dari kamera ponsel juga bisa menangkap gambar dengan bagus dimalam hari.

Baca Juga: Kiat Yang Harus Dilakukan Ketika Kata Sandi Instagram Lupa

Inovasi pada handphone terus dilakukan dan bergeser agar lebih akurat, salah satunya adalah camera highlight yang mendukung kamera night mode yang dapat menghasilkan foto / gambar yang bagus bahkan di tempat yang minim cahaya (redup).

Saat ini, banyak inovasi yang dilakukan oleh beberapa ponsel dengan menghadirkan beberapa kamera yang bisa mendapatkan gambar dengan sangat bagus dicahaya yang kurang.

Namun, walaupun kameranya menghasilkan cahaya dengan bagus ada teknik yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan gambar yang menakjubkan.

6 Cara Mendapatkan Gambar Yang Bagus Di Malam Hari Yang Minim Cahaya Dengan Ponsel :

Baca Juga: 6 Solusi Untuk Membantu Mengatasi Lupa Kata Sandi Laptop

  • Mode malam

Ponsel Android saat ini mendukung mode malam atau night mode, terutama di peringkat terbaru. Termasuk night mode atau dalam bahasa Indonesia adalah mode malam yang sangat membantu pemilik handphone untuk mengambil foto / gambar di malam hari dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga:   Kiat Merekem Video Dengan Ponsel Dengan Hasil Cemerlang

Meskipun cahaya tidak ditangkap dalam kondisi saat foto diambil, menyoroti Mode Malam ini dapat membuatnya tampak lebih hidup.

Apapun masalahnya, saat mengatur foto dalam mode malam, Anda harus bersabar saat menekan tombol foto, karena setelah menekan tombol kamera, butuh waktu 3-4 detik untuk melihat hasilnya.

Baca Juga: 5 Cara Mereset Ulang Kata Sandi Ponsel Yang Lupa Dengan Mudah

Yang terpenting, Anda pasti perlu memakai Mode Malam. Semua ponsel baru dalam mode normal selama ini memiliki mode malam dengan nama yang mirip. Ini untuk membantu fotografi cahaya rendah.

Semua mode malam di ponsel biasa memiliki pengaturan yang disesuaikan dengan pengambilan gambar dalam kondisi redup. Perkembangan program yang luar biasa telah dibantu oleh beberapa orang dengan fitur ponsel untuk memberikan foto malam terbaik, termasuk astrofotografi atau meteorit.

Baca Juga: Kiat Untuk Menjaga Akun WhatsApp Tetap Aman Dari Serangan Peretas

  • Gunakan tripod agar dudukan ponsel stabil saat mengambil foto

Fotografi malam cenderung buram, yang bisa membuat foto menjadi buram. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan hiasan tambahan seperti kuda-kuda. Sebenarnya, pegangannya jauh lebih stabil dan aman untuk distun.

Baca Juga:   Cara Pesan/Order Makanan Dari Ponsel Di GO-FOOD Melalui Aplikasi GO-JEK (Lengkap Dengan Gambar)

Dudukan disarankan untuk digunakan dengan antusias saat mengambil foto di malam hari dengan tujuan agar ponsel tetap stabil saat digunakan untuk fotografi. Karena sedikit kedipan dapat membuat gambar menjadi buram.

Baca Juga: 9 Tips Video TikTok Bisa Masuk FYP Dengan Mudah

Kondisi minim cahaya menyebabkan frame kamera menggunakan shadow speed rendah.

Terutama dalam mode kecepatan layar, itu tidak akan dapat menyetrum. Dengan begini, hasil lebih sempurna dan tidak ada goyangan saat memotret, Anda bisa memanfaatkan kuantitas agar lebih stabil.

  • Masuk ke mode manual

Sekali lagi, tidak semua ponsel memiliki fitur “mode manual” pada kameranya. Sebagian besar ponsel paling modern sebagai basis sejauh ini memiliki elemen ini, yang lain perlu mengunduh aplikasi eksternal untuk mendapatkan mode manual. Dengan mode ini, Anda diperbolehkan mengatur ISO, kecepatan rana, dan apertur sesuka Anda.

Pada titik ini, Anda dapat menggunakan mode manual pada kamera ponsel Anda, dengan mode ini, Anda dapat mengubah kecepatan layar sesuai dengan pencahayaan di area pemotretan. Anda bisa menipu kecepatan layar sampai Anda mendapatkan bukaan yang lama.

Baca Juga:   14 Cara Super Mudah Melakukan Promosi Dengan Instagram Ads Bagi Pebisnis Pemula

Baca Juga: Tips Mengatasi Laptop Yang Lelet Dengan Simple

Kamera ponsel standar menggunakan mode terprogram, tetapi paling sering memiliki mode manual atau ahli yang dapat mengubah kecepatan layar.

  • Gunakan memotret dengan mode siluet

Usahakan menempatkan cahaya di belakang objek foto, dengan cara ini Anda bisa menghadirkan foto dengan visualisasi khusus yang lebih imajinatif.

  • Gunakan kecepatan bayangan lambat

Ubah pengaturan kamera ke manual dan gunakan kecepatan layar lambat. Semakin lambat kecepatan layar, semakin banyak cahaya yang masuk. Namun, kecepatan layar yang lambat dapat membuat gambar menjadi buram dan goyang.

  • Eksploitasi sumber cahaya sekitar

Bola lampu, lampu sepeda, lampu jalan, dan sumber cahaya lain di malam hari bisa menjadi hotspot tambahan untuk pengambilan foto. Cobalah untuk tidak membatasi pemotretan pada malam yang suram. Anda juga bisa berkreasi dengan hal-hal di sekitar Anda.

Tidak disarankan menggunakan saluran telepon seluler. Ini karena cahaya terang itu brutal dan terkadang dapat merusak detail dan kedalaman gambar.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa digunakan mengambil foto dimalam hari dengan kamera ponsel. Sederhana bukan, coba gunakan cara diatas untuk mendapatkan foto yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *