Karya Seni Aplikasi Benda Ditempelkan Dengan Cara

Karya Seni Aplikasi Benda Ditempelkan Dengan Cara Berikut Ini

Karya seni aplikasi benda ditempelkan  dengan cara – Aplikasi adalah karya seni yang dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan tertentu yang biasanya banyak pada kerajinan kain.

Potonglah bahan dan ditempelkan sehingga membentuk karya seni yang telah dirancang sebelumnya. Karya seni aplikasi merupakan salah satu teknik hias yang umumnya digunakan dalam seni jahit-menjahit.

Aplikasi termasuk karya yang menggunakan teknik menempelkan (menjahitkan) potongan-potongan kain yang dibentuk seperti buah, bunga, binatang, dan lainnya pada kain lain untuk hiasan.

Meskipun menggunakan teknik menjahit, namun pembuatan karya aplikasi tetap bisa dilakukan meskipun tanpa mesin jahit. Bisa dibilang, seni aplikasi adalah yang salah satu seni yang paling mudah untuk dibuat jika dibanding kerajinan tangan lainnya.

Baca Juga:   Cara mengatasi bootlops gagal update ke oreo di samsung galaxy s8

Karya seni ini bukan hanya dibatasi oleh panjang dan lebar sisi, melainkan juga dibatasi oleh tinggi dan juga kedalaman.

Dalam penerapan karya aplikasi, ada beberapa langkah yang perlu diterapkan. Adapun langkah-langkah yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, pilih desain dan bahan kain. Gunakan bahan kain yang cocok dengan desain yang kamu pilih dan pertimbangkan pula warna yang ingin diaplikasikan.
  • Selanjutnya, gambar atau jiplak desain di selembar kertas. Jika desain sudah selesai, gunting dengan hati-hati menggunakan gunting yang tangkas.
  • Persiapkan bahan dasar untuk merekatkan aplikasi.
  • Tempelkan aplikasi sesuai pola kain yang telah dipotong pada bahan dasar.
  • Supaya lebih rapi, jahitlah aplikasi pada dengan teknik sederhana, atau bisa juga dengan teknik jahit sulam.
  • Rapikan benang yang sudah diaplikasikan dari sisi belakang karya.
  • Setrika bahan dasar (kain, kaus, tas, atau bahan lainnya) agar lebih halus dan rapi.
Baca Juga:   cara mengatasi aplikasi tidak merespon pada android di hp anda dengan mudah

Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan yang memiliki nilai estetika. Karya seni aplikasi memiliki teknik pembuatan yang sama seperti montase, mozaik, dan kolase.

Pasar seni aplikasi bisa diciptakan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Bahan yang diperlukan juga mudah untuk didapatkan, bahkan tergolong ekonomis karena bisa menggunakan barang-barang sisa yang tidak digunakan.

Demikianlah pembahasan kita hari ini tentang karya seni aplikasi benda ditempelkan  dengan cara, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *