Hari Anti Narkoba Internasional

Hari Anti Narkoba Internasional 26 Juni, Berikut Sejarah Lengkap!

Wajibtekno.com, Hari Anti Narkoba Internasional– Berbicara mengenai hari anti narkoba internasional 2021, maka tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui sejarah dibalik dicetuskannya hari anti narkoba internasional ini.

Apalagi pada masa sekarang ini, pasti banyak sekali para generasi milenial yang merayakan hari besar tanpa mengetahui sejarah dibalik adanya hari besar tersebut. Salah satu contohnya adalah hari anti narkoba internasional yang sedang kita peringati saat sekarang ini.

Hari Anti Narkoba Internasional

Download: Poster Hari Anti Narkoba 

Sejarah Hari Anti Narkoba Internasional:

Hari anti narkoba internasional ditetapkan pada tanggal 26 Juni disetiap tahunnya tepatnya pada taanggal 26 Juni 1988 oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC). Pemilihan tanggal ini diambil sesuai momen pengungkapan kasus perdagangan opium (barang terlarang) oleh Lin Zexu di Humen, Tiongkok.

Baca Juga:   Twibbon Hari Anti Narkoba Internasional 2021, Download Gratis Di Sini

Download: Poster HANI 2021

Pada saat itu Lin Zexu merupakan seorang pejabat pada era kaisar Daoguang dari Dinasti Qing. ia dikenal dengan perjuangannya dalam menentang perdagangan opium di tiongkok oleh bangsa asing. Saat negaranya makin terpuruk akibat membeli obat terlarang, ia berjuang dalam menumpas obat terlarang tersebut hingga memicu perang candu antara Tiongkok dan Inggris.

Download:Selamat Poster Hari Anti Narkoba 2021

Semenjak itulah United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menetapkan tanggal 26 Juni tahun 1988 sebagai peringatan hari anti narkoba internasional dan diperingati di setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri, narkoba sudah berkembang cukup pesat dan telah menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan, sosial dan ekonomi, serta keamanan dan kedamaian dunia. Penyalahgunaan narkotika telah membuat sekurangnya sekitar 190.000 orang meninggal dunia setiap tahunnya.

Baca Juga:   Quotes Hari Anti Narkoba Internasional 2021, Yuk Bagikan Sosmed-Mu!

Download: Poster Selamat HANI 2021

UU no. 35 tahun 2009 mengatakan bahwa Narkotika adalah obat atau zat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan kedalam golongan-golongan Narkotika. Berdasarkan undang-undang yang telah disebutkan diatas, maka golongan narkotika dibagi menjadi empat bagian berdasarkan kegunaan dan efek yang ditimbulkan.

Download: Quotes Hari Anti Narkoba Internasional 2021

Karena efek buruk narkotika inilah Indonesia mendirikan BNN (Badan Narkotika Nasional) sebagai bentuk tanggap darurat yang dilakukan pemerintah dalam menangani permasalahan narkotika yang ada di Indonesia.

BNN sendiri telah menjalankan program-programnya dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) agar dapat menekan angka penyalahgunaan narkotika bagi remaja, anak-anak, pelajar dan mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa.

Baca Juga:   Poster Hari Anti Narkoba Internasional 2021, Gratis Download Di Link Berikut Ini

Nah sobat wajibtekno, itulah sejarah ditetapkannya hari anti narkoba internasional. Sebagai salah satu dari penduduk dunia kita harus menyuarakan atau mengkampanyekan peringatan hari anti narkoba internasional 2021 sebagai bentuk kecemasan kita akan narkotika. Yuk sama-sama ingatkan orang sekitar agar tidak terjerumus dalam bahayanya narkoba !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *