Saham

Perbedaan Sales Modern Trade dan Sales General Trade Adalah

Wajibtekno.com, Sales general trade adalah, hallo kalian semua penggali informasi kali ini kami akan membahas seputar sales general trade dan modern trade.

Sales general trade adalah  penjualan yang mengkhususkan dikhususkan untuk menangani pasar – pasar tradisional. Seperti warung kelontong kecil, konsep sales general trade adalah  dilakukan oleh perantara ( distributor ).

Jika di sederhana kan sales general trade adalah  metode penjualan lewat orang per orang saja, perantara nya langsung oleh pemilik barang dagangan.

Sedangkan sales modern trade adalah perdagangan yang dikhususkan untuk berurusan dengan pasar modern seperti supermarket, hypermarket dan pasar kecil yang operasinya lebih diatur daripada perdagangan umum.

Karena tempatnya lebih luas dan cenderung lebih jauh dari perumahan, perdagangan modern cenderung mengunjungi belanja bulanan yang direncanakan.

Kita tidak  hanya berfokus sales general trade saja yang mana mode sales general trade adalah  perdangan dalam menangani pasar tradisonal, jadi kita bisa lihat pelaku usaha nya orang yang bermodal dalam skala kecil serta pelaku usaha dalam skala besar.

Baca Juga:   2 Syarat Mendapatkan Remain Trade Limit dari Most

Secara umum, pengertian tentang pasar telah diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 42 tahun 2007, yaitu sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi dan sebagai sarana interaksi sosial budaya masyarakat serta untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pasar yang terus mengalami modernisasi, pasar yang semula hanya sebagai mekanisme untuk mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi telah berkembang fungsinya sebagai saluran distribusi yang mendorong keberhasilan perusahaan.

Jika dilihat dari sejarah perkembangannya, pasar pada awalnya hanya berupa lapangan tanpa bangunan atau bukan merupakan bangunan permanen yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya jual beli.

Pada umumnya produk yang dijual merupakan barang produksi sendiri. Dengan berlalunya waktu dan perkembangan perdagangan darat pada tahun 1830-an, pasar permanen mulai terbentuk.

Kita kan membahas perbedaan sales general trade dan sales modern trade, kalian simak ulasan berikut ini :

Perbedaan sales general trade dan sales modern trade :

Sales general trade

  • Berfokus hanya pada pasar tradisional saja
  • Pelaku usaha skala kecil
  • menyediakan berbagai produk atau barang dagangan berupa bahan pangan, sandang, dan barang lain yang sebagian besar memiliki karakter mudah dipindah-pindahkan
Baca Juga:   Strategi Pemasaran Populer, Trade Marketing Adalah?

oke 1

 

oke 2

Kelebihan sales general trade adalah  :

  1. Keanekaragaman barangnya lengkap, harganya relatif murah, dan mengutamakan kebutuhan sehari-hari seperti ikan, sayur, dll.
  2. Lokasi strategis dekat dengan pemukiman penduduk
  3. Ada sistem tawar menawar. Ini dapat meningkatkan perekonomian rakyat

Kekurangan sales general trade adalah  :

  1. Bentuk tempat yang kurang baik.
  2. Bentuk variasi produk kurang menarik
  3. Identik dengan kotor serta kumuh dan kurang teratur
  4. Kualitas produk yang seringkali kurang terjamin (produk oplosan, dll)

Sales modern trade

  • Kegitan dilakukan secara modern
  • Mengutamakan kenyamanan konsumen
  • Memilki modal yang besar
  • Di lengkapi manajemen dalam satu pengelolaan
  • Serta dilengkapi dengan label harga yang pasti

oke 3 oke 4

Kelebihan sales modern trade dari sales general trade adalah  :

  1. Lingkungan yang bersih dan nyaman
  2. Jam operasional yang lebih panjang
  3. Varian barang yang cukup luas, dari produk lokal sampai impor.
  4. Pembayaran yang variatif (tunai, debit, kartu kredit, voucher, dll)
  5. Memiliki kuantitas barang yang terukur.
  6. kualitas barang yang lebih terjamin (melewati proses quality control berlapis).
  7. Dikelola oleh pihak yang profesional dengan menerapkan strategi manajemen pemasaran yang baik (promo product, program diskon, customer reward program, dll).
Baca Juga:   Yuk Investasi Melalui Indosurya Online Trading!

Kekurangan sales modern trade dari sales general trade adalah  :

  1. Tidak ada di bolehkan tawar menawar.
  2. Terkesan bersifat individu yang mana proses belanja dilakukan secara sendiri ( super market ).

Dapat disimpulkan perbedaan dari sales modern trade dan sales general trade adalah dapat dilihat dari pemfokusan pasar.  Jika kalian kalau membeli barang untuk kebutuhan harian, usahakan  beli di pasar tradisional, yang mana sama – sama di keathui itu dapat membantu pereokonomian mereka.

Berbeda dengan modern trade yang pelaku usaha di pegang oleh beberapa orang yang sistem nya berkasta. Oke sekian artikel kami, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button