Trading Book Adalah

Trading Book Adalah?

Wajibtekno.com, Trading Book Adalah- pernahkah kalian mendengar istilah trading book atau banking book??

Bagi kalian yang bekerja di bidang ekonomi dan bisnis tentu pernah mendengar istilah yang satu ini bukan?? 

Apakah arti kata trading book? Dalam bahasa Indonesia trading book adalah??

Pengertian trading book adalah? Apa makna yang terkandung dalam kata tersebut?

apa makna yang terkandung yang dalam trading book adalah?

Perbedaan banking book dan trading book adalah?? 

Bagi yang belum mengetahui istilah dan maksud kata tersebut,  kami akan membahas secara lengkap mengenai trading book. Yuk disimak!!!

Pengertian trading book adalah.

Istilah Trading book berasal dari bahasa inggris. Dalam bahasa indonesia arti trading book adalah buku perdagangan. 

Dilansir dari laman istilah bank dilink ini, trading book adalah seluruh posisi instrumen keuangan dalam neraca dan rekening administratif termasuk transaksi derivatif  yang dimiliki untuk tujuan perdagangan dan dapat dipindahtangankan serta tujuan lindung nilai atas posisi lainnya dalam trading book. 

Trading book adalah portofolio instrumen keuangan yang dimiliki oleh broker atau bank. Instrumen keuangan dalam trading book ini dapat dibeli dan dijual yah sobat dengan beberapa alasan.

Ada berbagai macam alasan pembelian atau penjualan instrumen keuangan ini dilakukan salah satunya adalah adalah untuk memfasilitasi tindakan perdagangan bagi pelanggan.

Alasan lainnya yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari spread perdagangan antara harga bid dan ask,  untuk melakukan lindung nilai terhadap berbagai bentuk risiko. 

Perlu untuk sobat ketahui trading book ini harganya sangat mahal sekali. Harga Trading book  berkisar antara ratusan ribu dolar hingga puluhan miliar. 

Besar atau tingginya harga trading book ini tergantung pada ukuran institusi. Semakin besar sebuah institusi akan semakin tinggi pula harga jual belinya dan sebaliknya. 

Perbedaan banking book dan trading book adalah

Sebelumnya kita telah membahas pengertian trading book. Untuk mengetahui perbedaan antara trading book dan banking book perlu juga diketahui apa maksud banking book. 

Banking book adalah seluruh posisi instrumen keuangan yang tidak termasuk dalam trading book. 

Posisi banking book ini terdiri atas dua kategori, yaitu posisi yang ditujukan untuk dimiliki hingga jatuh waktu (Hold to Maturity/HTM) dan posisi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas sehingga tersedia untuk dijual sewaktu-waktu (Available for Sale/AFS).

Trading book terdiri dari portfolio posisi perdagangan trading account sedangkan Banking book adalah posisi seluruh neraca diluar Trading book termasuk posisi yang disimpan sampai jatuh tempo investment account dan posisi tersedia untuk dijual Available for sale-AFS. 

Hal terjadi akibat tindakan bank yang dengan sengaja membuat suatu posisi yang berisiko untuk memperoleh dan mendapatkan keuntungan dari posisi yang berisiko tersebut.

Dasar Trading Book 

Trading book sebenarnya memiliki fungsi dan bentuk yang hampir sama dengan buku besar akutansi. Trading book dapat digunakan untuk melacak sekuritas yang dimiliki oleh institusi yang secara teratur dibeli dan dijual. 

Tidak hanya itu,  informasi riwayat perdagangan dilacak dalam buku perdagangan dengan membuat cara sederhana untuk meninjau aktivitas sebelumnya dari sekuritas terkait.

Berbeda dengan banking book dimana surat berharga dapat hanya dapat dimiliki dalam jangka waktu tertentu, dalam trading book surat berharga dapat dimiliki dalam jangka waktu yang realtif lebih panjang.

Dapatkah  Trading Book menimbulkan kerugian?

Dapatkah trading book meyebabkan kerugian? Lalu bagaimana dampak kerugian trading book tersebut?

Baca Juga:   Sales Modern Trade Adalah Job Hoki 2021

Trading book dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar dalam lembaga keuangan dari sebuah institusi atau broker. Kerugian dapat terjadi karena tingginya tingkat laverage yang digunakan untuk membentuk sebuah trading book. 

Kerugian yang ditimbulkan oleh trading ini memiliki efek yang luar biasa yaitu menimbulkan dampak secara global ketika kerugian ini dapat menyeret dan menghantam beberapa dan banyak lembaga keuangan dalam waktu yang bersamaaan. 

Penyebab lainnya dari kerugian trading book ini adalah adalah taruhan yang tidak proporsional dan sangat terkonsentrasi pada sekuritas atau sektor pasar tertentu oleh pedagang yang tidak bertanggung jawab, menyalah gunakan trading book alias pedang nakal.

Demikianlah informasi mengenai trading book adalah. Terimakasih telah singgah. Semoga bermanfaat ☺  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *