Buku Tematik 2013Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Tentang Ragam Bahasa Daerah di Indonesia_Kelas 4 SD

Wajibtekno.com, Ragam Bahasa Daerah di Indonesia – Hai teman-teman dan adik-adik, sekarang kita akan membahas tentang Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia. Di dalam artikel ini kita akan mencoba menjabarkan materi beserta kunci jawaban Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia ini. Silahkan disimak dengan saksama pembahasan mengenai Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia.

Kunci Jawaban Ragam Bahasa Daerah di Indonesia:

Ayo Membaca Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Bahasa  menjadi alat  untuk berkomunikasi. Amatilah teman-teman  di lingkungan sekitar tempat tinggalmu atau di kelasmu! Bagaimana cara mereka berkomunikasi? Adakah temanmu  yang   menggunakan dialek atau  bahasa berbeda?

Di  Indonesia terdapat  beragam  suku bangsa.  Keragaman  suku bangsa menghasilkan bahasa daerah yang  beragam pula. Di antara bahasa-bahasa daerah itu   terdapat  perbedaan. Namun, perbedaan  itu   disatukan dengan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Bahasa daerah yang  berkembang di wilayah Indonesia berjumlah ratusan. Di suatu daerah seringkali berkembang lebih  dari  satu bahasa daerah. Berikut beberapa bahasa daerah yang  berkembang di Indonesia

Tabel 1.2 Bahasa Daerah di Indonesia

No 

Daerah

Bahasa Daerah

1. Sumatera  A c e h , B a n g k a , B a ta k A la s , B a ta k A n g k o la , B a ta k Dairi/Pakpak (Singkil), Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Simalungun, Batak Toba, Enggano, Gayo, Kerinci, Komering, Kubu, Lampung Api, Lampung Nyo, Lubu, Melayu,  Melayu  Jambi, Mentawai, Minangkabau (Aneuk Ja m e e ), M u si, N ia s, R e ja n g , S im e u lu e , Le k o n , d a n Haloban.
2. Jawa  Badui, Betawi, Indonesia Peranakan, Jawa,

Kangean, Kawi, Madura, Osing, Sunda, dan Tengger.

3. Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara Bali, Sasak, Abui, Adang, Adonara, Alor, Amarasi, Anakalangu, Bengkala, Bilba, Bima,  Blagar, Bunak, Dela-Oenale, Dengka, Dhao, Ende,  Hamap, Helong, Ile Ape, Kabola,  Kafoa,  Kamang, Kambera, Kedang, Kelon, Kemak, Ke’o, Kepo’, Kodi, Komodo,

Kui, Kula, Lamaholot, Lamalera,  Lamatuka, Lamboya, Lamma,  Laura,  dan Lembata Barat.

4. Kalimantan  Ampanang, Aoheng, Bahau, Bakati’, Bekati’ Rara,  Bekati’  Sara,  Bakumpai, Banjar, Basap, Benyadu’, Bidayuh Biatah, Bidayuh Bukar-Sadong, Bolongan, Bukat, Bukitan,  Burusu, Dusun Deyah, Dusun Malang, Dusun Witu, Embaloh, Hovongan, Iban,   Jangkang, Kayan  Mahakam, Kayan  Busang, Kayan  Sungai Kayan,  Kayan  Mendalam, Kayan  Wahau, Kelabit,  dan Kembayan.
5. Sulawesi  Andio, Aralle-Tabulahan, Bada, Bahonsuai, Bajau Indonesia, Balaesang, Balantak, Bambam, Banggai, Bantik, Baras, Batui,  Behoa, Bentong, Bintauna,  Boano, Bobongko, Bolango, Bonerate, Budong-Budong, Bugis,  Bungku, Buol, Busoa, Campalagian, Cia-Cia, Dakka, Dampelas, Dondo, Duri, Enrekang, Gorontalo, Kaidipang, dan Kaili.
6. Maluku  Alune, Amahai, Ambelau, Aputai, Asilulu, Babar Tenggara, Babar Utara, Banda, Barakai, Bati, Batuley, Benggoi, Boano, Bobot,  Buli, Buru, Dai, Damar Barat, Damar Timur, Dawera-Daweloor, Dobel,  Elpaputih, Emplawas, Fordata, Galela, Gamkonora, Gane, Gebe, Geser-Gorom, Gorap, Haruku, Hitu, Horuru, Hoti, Huaulu, Hukumina, Hulung, Ibu, dan Ili’uun.
7. Papua  Abrab, Aghu, Airoran,  Airo, Aki, Akwakai, Ambai, Amung, Ansusu, Asmat, Awyi, Awyu, Ayamaru, Babe, Baburiwa, Citah, Dabu, Dani,  Dem,  Foya, Kawamsu, Kayagar, Kimaan, Kendat, dan Inanwatan.

Dari tabel 1.2 di atas kamu dapat mengetahui keragaman bahasa daerah di Indonesia. Bahkan, pada satu pulau/kepulauan terdapat beragam bahasa daerah. Meskipun terdapat keragaman bahasa daerah di Indonesia, tetapi kita  mempunyai bahasa persatuan, yaitu  Bahasa Indonesia.

Ayo Berdiskusi Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Kamu  telah mengetahui keragaman bahasa daerah di Indonesia. Kamu  juga mengetahui bahwa bahasa daerah di Indonesia terancam punah. Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang  dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk mencegah kepunahan bahasa daerah?

Jawaban Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Kegiatan untuk mencegah kepunahan bahasa daerah:

    1. Semangat tinggi untuk mempelajari bahasa daerah.
    2. Membentuk komunitas belajar bahasa daerah.
    3. Membiasakan diri berbahasa daerah dalam pergaulan sehari-hari.
  • Membuat karya atau tulisan menggunakan bahasa daerah sehingga bahasa daerah bisa populer kembali.

Bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Di antara kegiatan untuk mencegah kepunahan bahasa daerah, apa yang dapat kalian lakukan segera? Buatlah kesepakatan seluruh siswa dalam satu kelas, lalu laksanakan kesepakatan itu.

Tugas Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Carilah sebuah cerita rakyat, lalu tuliskan kembali ke dalam bahasa daerahmu. Pada Pembelajaran 6, kamu akan membacakan tulisanmu ini di depan teman- temanmu.

Ayo Renungkan Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Apa yang  dapat kamu lakukan untuk mencegah kepunahan keragaman bahasa daerah di Indonesia?

Jawaban: Membiasakan diri untuk menggunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari. 

Kerja Sama dengan Orang Tua Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Tuliskan sedikitnya sepuluh kosakata bahasa daerah yang  biasa digunakan dalam komunikasi di keluargamu.

Jawaban

  1. Adiak
  2. Pai
  3. Kamano
  4. Mangecek
  5. Kadapua
  6. Manyasa
  7. Mancabuik umpuik
  8. Bisuak
  9. Kasinan
  10. Jaan
  11. Dll

Itulah beberapa kunci jawaban Sub Tema Ragam Bahasa Daerah di Indonesia. Semoga informasi Ragam Bahasa Daerah di Indonesia ini bisa membantu adik-adik, terima kasih.

ragam bahasa daerah di indonesia ragam bahasa daerah di indonesia dapat disatukan dengan ragam bahasa daerah di indonesia dipersatukan dengan bahasa liturgi ragam bahasa daerah di indonesia ada berapa ragam bahasa daerah yang ada di indonesia menurut kemdikbud ada berapakah ragam bahasa daerah yang ada di indonesia ide pokRagam Bahasa Daerah di Indonesiaok dari bacaan ragam bahasa daerah di indonesia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button