Buku Tematik 2013Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Tentang Cerita “Urang Kanekes Si Suku Baduy”_ Kelas 4 Sd

Wajibtekno.com, Urang Kanekes, Si Suku Baduy ­– Hai teman-teman dan adik-adik yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Sub Tema Urang Kanekes Si Suku Baduy. Apakah adik-adik sudah pernah mendengar Suku Baduy? Nah, berikut ini akan kita coba jelaskan beserta kunci jawaban yang berhubungan dengan Sub Tema Urang Kanekes  Si Suku Baduy ini.

Berikut Kunci Jawaban Tentang Cerita “Urang Kanekes Si Suku Baduy”

Indahnya Keragaman Budaya  Negeriku

Kamu  telah mengetahui bahwa di Indonesia terdapat beragam suku bangsa. Keragaman suku bangsa mengakibatkan keragaman budaya, termasuk cara hidup sehari-hari.

 

Ayo Membaca 

Bacalah dalam hati teks berikut!

 

Urang Kanekes Si Suku Baduy

Banten merupakan sebuah provinsi di  Pulau Jawa  bagian barat. Provinsi Banten  memiliki kekayaan alam  dengan  pemandangan  indah,  termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari  permukaan air  laut,  tinggal masyarakat adat yang  biasa kita  sebut suku Baduy. Namun, masyarakat  suku Baduy  lebih  senang menyebut diri  mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.

Masyarakat  Kanekes dibagi  menjadi  dua  kelompok, yaitu   tangtu dan panamping. Kelompok  tangtu  dikenal sebagai  Kanekes Dalam atau  Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping  dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy  Luar.

Baca Juga:   Ketua dan wakil ketua MA dipilih dari dan oleh presiden atau hakim agung?

Kelompok Kanekes Dalam atau  Baduy  Dalam tinggal di  tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo.  Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh  dalam  memegang  tradisi. Mereka tidak  menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan  alas  kaki,  tidak menggunakan  kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang  ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut  kepercayaan  tradisional  “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh  seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

Kelompok panamping sedikit berbeda dari   masyarakat  Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy  Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan  pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy  Luar masih bisa dikenali dari  ciri khas mereka, yaitu  mengenakan ikat kepala berwarna hitam.

92

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks diatas.

  1. Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu? Jika ada, dalam hal  apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?

Jawaban

Kesamaannya adalah masih memegang tegus adat istiadat. Namun, juga banyak terdapat perbedaan, yaitu Mereka tidak  menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan  alas  kaki,  tidak menggunakan  kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang  ditenun dan dijahit sendiri, sedangkan di daerah tempat tinggal saya sudah menggunakan semua kecanggihan zaman.

  1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.
Baca Juga:   Desa swasembada adalah desa yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut

Jawaban

Kata Sulit dari  teks “Urang Kanekes Si Suku  Baduy”

No Kata Sulit Artinya
1. Pakaian adat Pakaian adat adalah pakain yang menunjukkan identitas, yang biasanya dikaitkan dengan wilayah geografis
2. Teknologi Sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
3. Alat transportasi Alat transportasi artinya alat atau kendaraan untuk pengangkutan.
4. Tradisi Kebiasaan turun-temurun yang masih dijalankan oleh masyarakat.

 

  1. Tuliskan pokok pikiran dari  setiap paragraf pada teks diatas.
    • Pokok pikiran paragraf 1 : Di pegunungan Kendeng tinggal masyarakat adat suku Baduy atau urang Kanekes.
    • Pokok pikiran paragraf 2 : Masyarakat  Kanekes dibagi  menjadi  dua  kelompok, yaitu   tangtu dan panamping.
    • Pokok pikiran paragraf 3: Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh  dalam  memegang  tradisi.
    • Pokok pikiran paragraf 4 : Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy  Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik.
Baca Juga:   Magnet dan Daya Tarik, Berikut Kunci Jawabannya (Kelas 4 SD)!

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain.  Apakah ada perbedaan?

Dari Teks diatas kamu mengetahui budaya suku Baduy. Adakah kesamaan budaya suku Baduy dengan budaya suku bangsamu?

Budaya setiap suku bangsa mungkin memiliki beberapa persamaan dan mungkin pula memiliki perbedaan. Jika kita amati lagi dari teks diatas, ada sedikit perbedaan budaya suku Baduy  Luar dan suku Baduy.

Itulah beberapa kunci jawaban beserta penjelasan . Semoga informasi  ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

urang kanekes si suku baduy pokok pikiran paragraf 1 urang kanekes si suku baduy tema 7 kelas 4 urang kanekes si suku baduy paragraf 1 urang kanekes si suku baduy pokok pikiran paragraf 2 kata sulit dari teks urang kanekes si suku baduy bacaan urang kanekes si suku baduy pokok pikiran bacaan urang kanekes si suku baduy pokok pikiran pada teks urang kanekes si suku baduy

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button