Gadget

Nokia: Review Tipe dan Kelebihan Produk Terbaru

Nokia – Nama “Nokia” pastilah tak asing di telinga Anda. Nokia merupakan salah satu perusahaan handphone tertua di Indonesia. Jauh sebelum perangkat smartphone hadir, Nokia sudah menghubungkan banyak orang di seluruh dunia dengan berbagai produk handphonenya. 

Nokia dikenal dengan berbagai produk handphone yang tahan banting dan sangat awet. Mulai dari era perangkat handphone CDMA, GSM, hingga W-CDMA, Nokia selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Sehingga, tak mengherankan jika banyak orang yang menggemari perangkat ini. 

Namun, apakah Anda mengetahui tentang sejarah Nokia? Simak ulasan lebih lengkap tentang produsen peralatan telekomunikasi asal Finlandia berikut ini.

Anda mungkin sama sekali tak menyangka. Perusahaan telekomunikasi yang sudah berkiprah selama puluhan dekade ini dulunya merupakan perusahaan pengolah bubur kertas di Finlandia. 

Bahkan, nama Nokia diambil dari nama komunitas yang tinggal di kawasan Sungai Emakoski yang terletak di Finlandia Selatan. Perusahaan Nokia saat itu didirikan oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865 sebagai perusahaan pengolahan kayu dan karet. 

Setelah melalui kegagalan selama beberapa kali. Nokia akhirnya mulai menemukan ritmenya. Terutama, setelah didukung dengan ahli teknologi yang berbakat. 

Ditambah lagi, Nokia bergabung dengan pabrik pembuat perangkat televisi Salora yang membantu perusahaan tersebut dalam memproduksi berbagai perangkat handphone mendunianya. Semenjak saat itu, popularitas Nokia pun semakin meningkat. 

Bahkan, Jyrki Vesikansa mengatakan bahwa Nokia menjadi sumber pendapatan negara kedua setelah industri kayu dan kertas.

Peran Nokia sebagai perusahaan penyedia perangkat seluler dimulai pada tahun 1963. Pada kala itu, Nokia memang belum secara resmi meluncurkan perangkat handphone pertamanya. 

Baca Juga:   Novatel Wireless MiFi Dan Keunggulan

Namun, perusahaan tersebut sudah memproduksi banyak perangkat radio telepon dan emergency responders yang diperuntukkan para tentara dari angkatan bersenjata Finlandia. 

Tepat pada tahun 1982, Nokia secara resmi meluncurkan perangkat car phone pertamanya yang diberi nama Mobira Senator. 

Perusahaan tersebut mulai memproduksi berbagai telepon genggam dengan sistem GSM terbaru yang saat itu sudah menjadi standar dari teknologi telepon seluler di Eropa. Pada tahun 1994, Nokia mulai meluncurkan perangkat telepon genggamnya yang dinamai seri 2110. Pada perangkat tersebut, Nokia menanamkan fitur nada dering atau ringtonenya yang pertama. 

Ringtone tersebut menjadi semakin populer setelah dimainkan di acara talkshow Dom Joly’s Trigger Happy TV. Hingga saat ini, nada dering tersebut menjadi trademark dari perusahaan seluler tersebut. 

Nokia mencapai masa keemasannya di tahun 1998. Kala itu, Nokia menjadi perusahaan seluler terbesar di dunia. Produk-produk perangkat telepon genggamnya pun semakin banyak digunakan oleh masyarakat dunia. 

Nokia terbaru 

1. Nokia C12

Nokia C12 menjadi hp Nokia terbaru yang bisa kamu lirik. Hp yang rilis bulan Mei 2023 ini menyasar bagi para pengguna baru dengan harga banderol yang cukup terjangkau.
 
Nokia C12 hadir dengan layar seluas 6,3 inci dan resolusinya HD Plus. Untuk kamera ada kamera depan 5 MP dan kamera belakang tunggal beresolusi 8 MP yang didukung flash LED.

Performanya ditenagai prosesor Unisoc 9863A1 yang dipadukan memori RAM 3 GB serta tambahan fitur Virtual RAM hingga 2 GB(total RAM 5 GB).

Untuk penyimpanan internalnya sebesar 64 GB, namun tidak disediakan memori eksternal. Soal daya, Nokia C12 menanam baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan pengisian daya 5 watt. Harga Nokia C12 sendiri dipasarkan Rp 1,3 jutaan.

Baca Juga:   Snapdragon 4 Gen 2 Dan Fitur Unggulan

2. Nokia C21 Plus

Hp Nokia terbaru yang terbilang masih fresh adalah Nokia C21 Plus. Karena hp ini dirilis ke Indonesia akhir November 2022, jadi masih oke untuk digunakan di 2023.

Hp Nokia terbaru ini dibuat dengan kerangka dalam dari logam yang kokoh dengan peringkat IP52 yang membuatnya tahan debu dan cipratan air.

Nokia C21 Plus hadir dengan layar berukuran 6.5 inci yang memiliki resolusi HD+. Nokia juga menawarkan update keamanan kuartalan selama dua tahun juga teknologi penguncian dengan sidik jari dan AI wajah memastikan Nokia C21 Plus tetap aman, dari luar dan dalam.

Ada dua kamera di bagian belakang yang terdiri dari sensor 13 MP dan 2 MP, serta kamera selfie 5 MP yang akan memenuhi hasrat fotografi kamu.

Nokia C21 hadir dalam pilihan warna Charcoal dan Cyan, konfigurasi memori RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Untuk sumber daya mengandalkan pada baterai 4000 mAh.

  1. Nokia C31

Hp Nokia terbaru kedua ada Nokia C31 juga memiliki durabilitas yang tinggi. Hp yang juga dirilis November 2022 ini memiliki layar 6.7 inci dengan resolusi HD+. 

Layar ini akan menjadi media yang apik untuk menikmati semua menu di Android 12. Yang menarik, masa pakai baterai 5050 mAh nya bisa tahan selama tiga hari dengan fitur penghemat baterai bertenaga AI.

Yang gemar foto, Nokia C31 menawarkan tiga kamera belakang dengan konfigurasi sensor utama 13 MP, sensor depth 2 MP dan sensor makro 2 MP.

Baca Juga:   Ponsel Vivo Y15 Harga Terjangkau Kualitas Terbaik!

UNtuk kamera selfie dengan sensor beresolusi 5 MP. Yang menarik ada pula dukungan Camera by Google, serta perlindungan yang lebih baik terhadap debu dan kelembapan.

Jaminan update keamaan regular selama dua tahun menghadirkan keamanan yang maksimal dan ketangguhan lebih tinggi dengan perlindungan IP52.

Nokia C31 hadir dalam pilihan warna Charcoal dan Cyan dengan konfigurasi memori RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Nokia 3310 

Nokia 3310 adalah ponsel GSM yang dihentikan produksinya dan diumumkan pada tanggal 1 September 2000, dan dirilis pada kuartal keempat tahun ini, menggantikan Nokia 3210 yang populer. 

Ponsel ini terjual dengan sangat baik, menjadi salah satu ponsel paling sukses, dengan 126 juta unit. unitnya terjual di seluruh dunia, dan menjadi salah satu perangkat Nokia yang paling ikonik. 

Ponsel ini masih diakui secara luas dan telah memperoleh status kultus karena reputasi ketahanannya. Beberapa varian 3310 telah dirilis, antara lain Nokia 3315, 3320, 3330, 3350, 3360, 3390 dan 3395.

Nokia 3310 diproduksi di pabrik di Finlandia dan Hongaria. 3315 diproduksi di Korea Selatan untuk pasar Asia-Pasifik.

Ponsel baru berdasarkan desain 3310 diluncurkan pada tahun 2017. Model baru Nokia 3310 hadir dengan pembaruan menyeluruh dibandingkan pendahulunya, dengan layar berwarna 2,4″, kamera belakang 2 Megapiksel, dan slot microSD.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.  

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button