Gadget

Chipset Intel Z590 dan Keunggulan

Chipset Intel Z590- Klasifikasi Intel adalah untuk tujuan umum, pendidikan dan perencanaan dan terdiri dari Export Control Classification Numbers (ECCN) dan Harmonized Tariff Schedule (HTS).

Intel chipset driver z590

Segala penggunaan atas klasifikasi Intel tidak berhubungan dengan Intel dan tidak boleh dianggap sebagai perwakilan atau jaminan yang terkait dengan ECCN atau HTS yang sesuai.

Perusahaan Anda sebagai importir dan/atau eksportir bertanggung jawab untuk menentukan klasifikasi transaksi yang tepat.

Fitur ini mungkin tidak tersedia pada semua sistem komputasi. Harap periksa dengan vendor sistem untuk mengetahui apakah sistem Anda menyediakan fitur ini, atau lihat spesifikasi sistem (motherboard, prosesor, chipset, catu daya, HDD, kontroler grafis, memori,

BIOS, driver, monitor mesin virtual (VMM), perangkat lunak platform, dan/atau sistem operasi) untuk kompatibilitas fitur. Fungsionalitas, kinerja, dan manfaat lain dari fitur ini mungkin berbeda tergantung pada konfigurasi sistem.

Jaringan juga merupakan titik fokus bagi vendor, dengan Intel terus membangun Wi-Fi 6 MAC asli ke dalam chipset, yang dapat diakses melalui antarmuka CNVi milik Intel.

Baca Juga:   samsung exynos 9820, meluncurkan chipset dengan modem 2 gbps LTE dan NPU khusus

Vendor akan mengaktifkan ini melalui modul Intel AX201 atau AX210 Wi-Fi 6 RF terbaru, atau Intel Killer AX1675 yang baru (karena jika Anda belum pernah mendengarnya, Intel membeli perusahaan di balik chip jaringan Killer).

Untuk konektivitas kabel, Intel mengidentifikasi dukungan untuk 2,5 gigabit Ethernet sebagai fitur utama untuk chipset baru, namun hal ini bukanlah sesuatu yang istimewa, karena cara

kerjanya sama seperti generasi sebelumnya – vendor motherboard hanya membeli chip PCIe 2,5 GbE dan memasangkannya ke chipsetnya.

Meskipun biasanya ketika Intel mengiklankannya seperti ini, maka ada penjualan kombo untuk vendor yang membeli chipset beserta pengontrol jaringan bermerek Intel, jadi kita akan melihat dorongan untuk jaringan 2,5 GbE pada Z590.

Intel z590 chipset specs

Terdapat 4 fitur utama baru yang membedakan chipset Z590 dengan pendahulunya yaitu chipset Z490:

  • Tautan CPU-ke-chipset, yang telah digandakan dari tautan DMI x4 ke tautan DMI x8. Ini berarti bandwidth CPU-ke-chipset yang efektif dari tautan PCIe 3.0 x8 (8 GB/dtk), dan menunjukkan bahwa dua drive PCIe 3.0 x4 dapat dipasang dan dijalankan dengan kecepatan penuh.
Baca Juga:   Cara Menyambungkan Laptop ke TV Praktis, Gunakan 5 Cara Ini!

Dari semua chipset seri 500, dapat diasumsikan bahwa Z590 adalah satu-satunya yang dapat melakukan hal ini, sedangkan chipset lainnya memaksa tautan x4. Selain itu, tautan x8 hanya berfungsi dengan CPU Rocket Lake, dan akan diturunkan versinya ke x4 dengan prosesor generasi sebelumnya.

  • Chipset Z590 secara asli mendukung standar PCIe 4.0 (yang pertama untuk Intel).
    Inilah masalahnya: Chipset tersebut tampaknya tidak menyediakan jalur PCIe 4.0, melainkan 24 Jalur PCIe 3.0.

Arti sebenarnya dari dukungan asli adalah ia dapat menyampaikan 20 jalur PCIe 4.0 yang bersarang di CPU. Dan dengan cara itulah chipset Z590 dapat tetap berada pada suhu panas 6 Watt (bukan 11 Watt seperti yang terlihat pada semua chipset PCIe 4.0 AMD X590).Namun demikian, ini akan mengaktifkan tautan x16 penuh untuk kartu tambahan serta PCIe 4.0 x4 lainnya untuk penyimpanan.

Baca Juga:   Update Thema S9 v2.7 Seri Husus samsung galaxy J5G 2015

Vendor akan dapat membagi x16 tersebut sesuai kebutuhan, mirip dengan motherboard mainstream sebelumnya, menjadi solusi bifurkasi x8/x8 atau x8/x4/x4, dengan pencampuran yang sesuai.

  • Chipset Z590 mendukung USB 3.2 G2x2 (20 Gbps) Type-C. Bagus untuk pembuat konten. Tidak semua motherboard memiliki fitur yang terakhir itu. Kemungkinan besar akan ditemukan pada motherboard kelas menengah hingga kelas atas.
  • Intel juga menawarkan dukungan memori yang lebih baik pada prosesor Generasi ke-11, yang telah ditingkatkan dari DDR4-2933 menjadi DDR4-3200.

Ini berarti bahwa vendor motherboard sedang membangun spesifikasi dasar untuk memenuhi DDR4-3200 ini pada spesifikasi JEDEC, namun sebagian besar akan melampaui ini untuk memori yang di-overclock.

Karena lonjakan rasio, ini berarti kami memiliki motherboard yang menawarkan hingga DDR4-5333.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Chipset Intel Z590, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button