roeo 12

Sosial Media: Pengertian, Kegunaan dan Dampak Kepada Pengguna

WAJIBTEKNO- Sosial Media merupakan media yang banyak digunakan oleh orang. Melalui sosial media orang banyak mengetahui informasi terbaru atau terupdate. Namun apakah kamu sudah tau pengertian sosial media itu apa?

Nah, seharusnya kita menggunakan sosial media harus terlebih dahulu paham benar apa itu sosial media. Supaya kita tidal salah dalam penggunaannya.

Wajibtekno akan menjelaskan tentang sosial media itu apa.

1.Pengertian Sosial Media

Sosial media adalah sebuah media online yang digunakan oleh orang yang mana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi sesuatu informasi atau kabar tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Sosial media dapat membuat orang berinteraksi dengan seseorang di belahan dunia manapun tanpa batas ruang. Penggunaan sosial media sangat sederhana dan dapat diakses dengan cepat. Cukup dengan sosial media, kamu dapat terhubung dengan banyak individu dan kamu juga dapat melakukan aktivitas seperti jualan, tempat belajar dan membagikan aktivitas sehari-hari kamu.

2. Kegunaan Sosial Media

Sosial media memiliki banyak kegunaan yang baik dan berguna. yang baik dan berguna. Bagi orang yang bisa melihat peluang usaha dengan sosial media bisa mendapatkan uang, seperti berjualan dan dipromosikan melalui sosial media.

Saat ini sudah banyak kita temukan orang berjualan di sosial media seperti di facebook. Di facebook juga ada yang dinamakan marketplace disana disediakan ruang bagi yang mau menjual dagangannya.

Selain tempat berjualan, sosial media juga bisa dijadikan tempat belajar. Pada massa pandemi ini banyak aktivitas yang tidak bisa dilakukan dengan normal seperti belajar. Pembelajaran dilakukan berbentuk daring, nah sosial media bisa menjadi alat untuk mengirimkan tugas dan membuat grup atau kelas untuk belajar.

Kemudian masih banyak lagi kegunan dari sosial media salah satunya tempat berkomunikasi. Melalui sosial media kita bisa menemukan orang yang sudah lama tidak bertemu dengan kita. Juga bisa menjadi tempat menghibur kita, misalnya kita bisa menonton film dan video-video lucu atau bisa juga menonton film terbaru yang belum tayang ditelivisi.

Sebenarnya banyak kegunaan yang bagus dari media sosial apabila kita bisa menggunakannya sesuai dengan pengertiannya diatas.

Baca Juga:   Inilah.. Media Sosial Yang Wajib Kamu Pertimbangkan Untuk Memulai Bisnis Online, Yuk Simak......

3. Dampak dari Media Sosial

Padahal, di antara sekian banyak kegunaan, sosial media juga memengaruhi kita. Kita bisa tertipu jika kita tidak menggunakannya dengan tepat. Beberapa mengandalkan penggunaan sosial media untuk menerima informasi tanpa menyaring terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut. Di sosial media tidak semua yang dibagikan orang adalah benar. Kita sering mendengar kata-kata Hoax, jika kita tidak bisa memilah maka kita akan menjadi korban Hoax.

Jangan biasakan diri untuk membagikan sesuatu tanpa mengetahui terlebih dahulu kebenarannya itu bisa juga menjerat kamu kepada badan hukum.

Sejak ada penggunaan sosial media yang salah, undang-undang diarahkan seperti undang-undang ITE. Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 merupakan UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum

Baca Juga:   Pengen Punya Follower Instagram Banyak? Lakukan Cara Berikut Ini

Jadi pelajarilah hal-hal diatas sebelum kamu menjadi korban penyalahgunaan sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *