Hari Keluarga Nasional

Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021, Yuk Intip Potret Sejarahnya!!

Wajibtekno.com, Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021- Hallo guys, selamat hari keluarga nasional 2021!! Berbicara mengenai hari keluarga nasional, mari kita gali sejarah dicetuskannya hari keluarga nasional. Agar sobat yang belum tahu menjadi tahu, dan sobat yang sudaah tahu menjadi lebih tahu.

Hari Keluarga Nasional

Download: Twibon Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021

Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021

Jadi hari keluarga atau Family day sebenarnya sudah ada dibeberapa negara di Dunia. Hari keluarga atau family day ini diperingati sebagai tujuan untk menumbuhkan rasa kebersamaan dan cinta keluarga. Di Amerika, family day ini di peringati setiap hari minggu pertama di bulan Agustus. Sementara di Australia, family day diperingati setiap hari selasa di minggu pertama bulan November.

Baca Juga:   Poster Hari Keluarga Nasional 2021- Download Secara Gratis Di Link Berikut!

Selain itu, PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa juga mencetuskan tanggal 15 Mei sebagai hari Keluarga Internasional.

Download: Twibbon Hari Keluarga Berencana Nasional 2021

Di Indonesia sendiri hari Keluarga Nasional atau yang sering disingkat sebagai HARGANAS ditetapkan tanggal 29 Juni berdasarkan keputusan Presiden RI nomor 39 tahun 2014. Keputusan ini diambil setelah BKKBN atau Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional menjalankan program bernama  Keluarga Berencana. Keberhasilan program KB menjadikan pembelajaran bagi negara-negara sekitar dan berhasil meraih penghargaan UN Population Award.

Download: Poster Hari Keluarga Nasional 2021

Namun tahukah kamu sejarah lengkap sebelum ditetapkannya hari keluarga nasional berdasarkan keputusan presiden RI nomor 39 tahun 2014? Mari simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga:   Download Twibbon Hari Keluarga Nasional 2021 Gratis Di Link Berikut!

WhatsApp Image 2021 06 23 at 22.12.11 1

Sejarah penerapan HARGANAS lahir dari masa pasca kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945. Setelah memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, bangsa Indonesia belum merdeka sepenuhnya. Mereka dihadapkan pada perang revolusi fisik sebab kembalinya Belanda ke Indonesia. Karena situasi ini kondisi bangsa menjadi tidak kondusif. Sehingga untuk bisa mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, diberlakukan wajib militer bagi rakyat yang menyebabkan para pejuang berpisah dengan keluarga mereka.

Download: Poster Hari Keluarga Nasional 2021

Akhirnya pada tanggal 22 Juni 1949, Belanda memberikan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Para pejuang pun kembali kepada keluarga mereka tepatnya pada tanggal 29 Juni 1949, sehingga momentum kembalinya para pejuang melandasi diciptakannya hari keluarga nasional (HARGANAS).

Baca Juga:   Quotes Hari Keluarga Nasional 2021- Yuk Bagikan Ke Sosmed!

Selain itu tanggal 29 Juni tahun 1970 juga dijadikan sebagai puncak kestabilan BKKBN dalam melaksanakan program keluarga berencana, sehingga selain memperingati hari keluarga nasional, tanggal 29 Juni juga diperingati sebagai hari keluarga berencana nasional.

Download: Quotes HARGANAS 2021

Banyak momen yang terjadi di tanggal 29 Juni. salah satunya momen Tentara Republik Indonesia yang bergerilya dalam perjuangan melawan penjajah yang masuk ke Yogyakarta dan kembali kekeluarga masing-masing.

WhatsApp Image 2021 06 23 at 21.59.56 2

Nah sobat wajibtekno, itulah sejarah singkat terciptanya hari keluarga nasional dan hari keluarga berencana nasional. Marilah kita ramaikan peringatan hari keluarga nasional 2021 agar semakin banyak masyarakat yang tahu mengenai hari keluarga nasional 2021!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *