Project 1 58

Hari Raya Idul Adha 1442 H, Berikut Tata Cara Dan Syarat Berkurban!

Wajibtekno.com, Hari Raya Idul Adha 1442 H- Holla sobat wajib tekno, sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Idul Adha 1442 H pada tanggal 10 Zulhijah atau bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021.

Simple Ornamental Navy Gold Idul Adha Instagram Post 1 1

Pada perayaaan hari raya Idul Adha, kita akan melaksanakan Kurban sesaat setelah sholat Id dilaksanakan. Nah, sudah tahukan sobat apa makna perayaan hari raya Idul Adha? Dan sudah tahukah sobat tata cara melaksanakan Kurban? Mari simak ulasan berikut ini:

Download: Twibbon Idul Adha 1442 H

Hari raya Idul Adha merupakan hari raya islam. Berbeda dengan hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha dilaksanakan untuk memperingati peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS mengurbankan anaknya Nabi Ismail AS, sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah yang kemudian digantikan dengan Domba.

Melalui peristiwa kurban, umat islam diingatkan untuk senantiasa bersyukur dengan rezeki yang Allah limpahkan, serta mengajarkan umat islam untuk selalu menyisihkan sebagian dari Harta yang dimiliki di Dunia untuk di Kurbankan.

Baca Juga:   Poster HUT RI Ke-76, Siap Download!

Download: Poster Idul Adha 1442 H!

Terutama pada Pandemi yang saat ini sedang melanda dunia. Maka berkurban pada hari raya Idul Adha 1442 H ini dapat dilakukan sebagai bentuk sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Berkurban merupakan salah satu anjuran bagi umat islam yang mampu untuk melaksanakannya. Dengan ber-kurban, umat islam diajarkan untuk sedekah terhadap sesama yang membutuhkan. Sedekah akan terlihat sarat akan makna jika dilakukan tulus seberapapun jumlahnya.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha 1442 H, Berikut Tata Cara Dan Syarat Berkurban!

Tata cara atau syarat berkurban bagi umat Muslim Di Hari Raya Idul Adha 1442 H :

Hari Raya Idul Adha 1442 H

  1. harus beragama Islam

Syarat pertama yang harus diperhatikan bagi umat muslim yang ingin berkurban adalah harus beragama Islam.

  1. Mumayyiz
Baca Juga:   Download Poster Idul Adha 1442 H, Gratis Di Sini!

Mumayyiz artinya sudah dewasa, baliqh dan juga berakal. Mampu membedakan antara baik dan buruk.

  1. Mampu

Mampu disini berarti, umat muslim yang ingin berkurban mampu untuk membeli hewan kurbannya seperti kambing, sapi, kerbau dan lainnya.

Seseorang dikatakan boleh berkurban ketika mampu dan terlihat pada kondisi ekonomi dan rohaninya.

Download: Kumpulan Twibbon Hut Kota Medan Tahun 2021

  1. mampu secara ekonomi dan rohani
  1. Menjalankan Rukun Berkurban

Menjalankan rukun kurban berarti berpuasa dan disunnahkan untuk berkurban tepat pada hari yang telah ditentukan yaitu hari Raya Idul Adha serta 3 hari setelahnya.

Waktu yang baik untuk menyembelih kurban adalah pada hari Raya Idul Adha, serta 3 hari setelah hari raya Idul Adha yang disebut sebagai hari tasyrik.

Baca Juga:   Twibbon Hari Donor Darah Sedunia 2021, Download Gratis Di Link Berikut Ini Dan Bagikan Ke Sosmed!

Setiap hari tasyrik adalah hari untuk menyembelih (berkurban). (menurut HR. Ahmad dan Baihaqi). Waktu berkurban tidak dibedakan antara siang dan malam maupun pagi dan sore, jadi berkurban dapat dilaksanakan kapanpun pada hari yang telah ditentukan.

Download: Kumpulan Poster Idul Adha 1442 H/2021 M

“barangsiapa yang menyembelih sebelum sholat Id maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya sendiri (bukan kurban). Dan Barangsiapa yang menyembelih sesudah sholat, maka kurbannya sempurna dan dia menepati sunnahnya kaum muslim” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi itulah makna dilaksanakannya hari raya Idul Adha serta tata cara dan syarat dalam melaksanakan Kurban. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Selamat hari raya Idul Adha 1442 H. Minal ‘Aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *