Suku Bangsa di Indonesia

Kunci Jawaban Tentang Tema Suku Bangsa di Indonesia_Buku Tematik Kelas 4 SD

Wajibtekno.com, Suku Bangsa di Indonesia – Hai teman-teman dan adik-adik, kali ini kita akan membagikan informasi tentang Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia. Bagi adik-adik yang duduk di kelas IV SD, artikel ini tentunya cocok sekali kelai pembahasan Suku Bangsa di Indonesia. Silahkan disimak penjelasan beserta kunci jawaban berikut dengan saksama.

Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku. Bangsa Indonesia terdiri atas banyak suku bangsa. Suku bangsa apa sajakah itu?

Berikut Kunci Jawaban Tentang Tema Suku Bangsa di Indonesia

Ayo Membaca Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia

Bacalah dalam hati teks berikut Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia!

Suku Bangsa di Indonesia

Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan.

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya

Baca Juga:   Membranophone adalah?

2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.

(Sumber: http://bobo.kidnesia.com. diunduh 1 September 2016)

31

Gambar 1.1 Suku Dani dari Papua                             Gambar 1.2 Suku Tengger

 

32
Gambar 1.3 Suku Nias

 

Ayo Berdiskusi Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks Suku Bangsa di Indonesia”.

1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

No Kata sulit

Artinya

1. Etnis Kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa,dan lain sebagainya.
2. Sensus Perhitungan jumlah penduduk, ekonomi, dsb yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu.
3. Slogan Perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.

 

2. Ada berapa paragraf pada teks “Suku Bangsa di Indonesia”? Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf.

Jawaban Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia : 2 paragraf.

Pokok pikiran paragraf 1: Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan.

Pokok pikiran paragraf 2: Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku.

Baca Juga:   Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?  

Cara menentukan pokok pikiran pada paragraf pada Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia sebagai berikut.

  1. Membaca seluruh kalimat dalam paragraf.
  2. Menandai kalimat awal, kalimat akhir, atau kalimat awal dan kalimat akhir paragraf.
  3. Menandai pikiran pokok yang terdapat di awal, akhir, atau awal dan akhir pada paragraf.

Ayo Bercerita Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan? Dari kegiatan sebelumnya, kamu mengetahui bahwa di Indonesia terdapat

ribuan suku bangsa. Setiap suku bangsa kemungkinan memiliki kebiasaan dan cara hidup berbeda. Salah satu contoh perbedaan cara hidup adalah transportasi. Pada zaman dahulu, alat transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar-gambar berikut.

33

Gambar 1.4 Bendi                                             Gambar 1.5 Pedati sapi

34
Gambar 1.6 Pedati kerbau

Apakah di daerahmu masih dijumpai alat transportasi seperti pada gambar di atas? Coba, ceritakan kepada teman-temanmu. Apakah teman-temanmu juga menjumpai jenis alat transportasi seperti yang kamu sebutkan?

Jawaban Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia: alat transportasi bendi saat masih ada digunakan oleh masyarakat. Namun, sudah tidak banyak, sedangkan untuk pedati sapid an kerbau sudah tidak digunakan lagi oleh masyarakat untuk transportasi.

Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari ketiga alat transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau pedati.

Baca Juga:   Kunci Jawaban Bacaan Aku dan Cita-citaku Lengkap !

Apa yang terjadi saat kuda menarik bendi?

Jawaban Sub Tema Suku Bangsa di Indonesia: Bendi akan bergerak mengikuti arah si kuda.

Penjelasan: Bendi adalah salah satu alat transportasi tradisional di Indonesia. Bendi mirip dengan dokar dan juga delman. Sebagai alat transportasi, Bendi digerakkan oleh tenaga kuda, agar bisa mengikuti arah kuda, bendi dihubungkan dengan tali pengikat pada tubuh kuda, dan sama seperti kendaraan darat lain pada umumnya, bendi juga dilengkapi dengan roda agar leluasa bergerak.

Apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Jawaban Sub Tema Suku Bangsa Indonesia: Saat kerbau atau kuda menarik pedati, maka pedati akan bergerak. Hal itu karena ada gaya yang diberikan oleh kerbau atau kuda terhadap pedati.

Itulah beberapa penjelasan serta kunci jawaban Sub Tema Suku Bangsa  Indonesia. Semoga informasi tentang Suku Bangsa  Indonesia ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

suku bangsa di indonesia tema 7 kelas 4 teks suku bangsa di indonesia tema 7 kelas 4 tema 7 suku bangsa di indonesia rpp tema suku bangsa di indonesia tema 7 kelas 4 suku bangsa di indonesia video pembelajaran tematik keragaman suku dan budaya bangsa di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.