Seni Gerabah di Indonesia

Kunci Jawabannya Macam-macam Seni Gerabah di Indonesia _ Buku Tematik Kelas 4 SD

Wajibtekno.com, Seni Gerabah di Indonesia – Hai teman-teman dan adik-adik, kali ini informasi yang akan kita bahas adalah tentang Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia. Apakah sebelum ini adik-adik sudah pernah mendengar seni gerabah? Nah, berikut ini akan kita coba jelaskan beserta kunci jawaban pada Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia ini. Silahkan disimak baik-baik ya.

Berikut Macam-macam Seni Gerabah di Indonesia:

Ayo Membaca Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia

Seni Gerabah di Indonesia

41 2

Gerabah Kosogan

Tahukah kamu, apa yang disebut gerabah? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerabah yaitu alat-alat dapur (untuk masakmemasak dan sebagainya) yang dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar (misalnya kendi, belanga). Memang, awalnya pembuatan gerabah untuk memenuhi kebutuhan alat-alat dapur. Namun, dalam perkembangannya seni kerajinan gerabah meluas dan menghasilkan beraneka macam benda.

Pembuatan gerabah secara tradisional tersebar di wilayah Nusantara. Di Jawa, tempat yang terkenal dengan pembuatan gerabah adalah Kasongan, Yogyakarta. Kasongan adalah nama daerah di Kecamatan Kasihan, Bantul. Letak Kasongan kurang lebih 8 km di sebelah barat daya Yogyakarta.

Gerabah Kasongan awalnya biasa saja. Perajin Kasongan dahulu hanya membuat barang-barang rumah tangga, seperti anglo, cobek, atau kendi. Namun, pada tahun 1970-an, Bapak Sapto Hudoyo, seorang seniman Yogyakarta mendidik perajin di sana. Mereka diajari cara membuat karya seni dari tanah liat. Sejak saat itu, seni gerabah semakin bermunculan.

Baca Juga:   Kenaikan suhu akan mempercepat laju reaksi karena kenaikan suhu akan

Para perajin membuat kendi yang lebih unik. Mereka juga membuat vas yang dilengkapi aneka hiasan. Semakin hari, pengetahuan dan keahlian perajin makin berkembang. Hasilnya, seperti yang kita lihat hari ini. Gerabah Kasongan menjadi terkenal dan banyak dicari.

Di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ada sebuah daerah yang terkenal dengan seni pembuatan gerabah, yaitu di Banyumulek. Ada satu karya unik dari seni kerajinan gerabah dari Banyumulek ini, yaitu “kendi maling”.

Umumnya, kendi (wadah air) mempunyai lubang di bagian atas untuk mengisi air. Namun, kendi dari Banyumulek ini mempunyai lubang untuk mengisi air pada bagian bawah. Konon, pada zaman dahulu, kendi ini dibuat untuk raja sebagai pengaman supaya “maling” yang berniat meracuni raja kebingungan mencari lubang di bagian atas kendi.

42

Kendi “maling” dari Banyumulek

 

Masyarakat Pulau Ouw di Maluku Tengah juga membuat gerabah yang disebut sempeh. Mereka kebanyakan membuat sempeh untuk keperluan rumah tangga. Ada sempeh yang digunakan sebagai kompor, tempat memasak makanan, dan membuat obat-obatan tradisional. Ada pula sempeh yang digunakan sebagai wadah suguhan dan berfungsi seperti piring.

Baca Juga:   Amanat yang tidak sesuai dengan penggalan cerpen di atas adalah

Di Papua, saat ini tradisi pembuatan gerabah ditemukan di pesisir utara Papua, tepatnya di Kampung Abar. Kampung Abar adalah salah satu kampong di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Umumnya, pembuatan gerabah di Kampung Abar dilakukan wanita.

Konsumen gerabah dari Kampung Abar adalah para wisatawan yang datang ke Danau Sentani. Bagi para wisatawan, gerabah Papua itu menarik karena dibuat dengan tangan kosong tanpa mengandalkan teknologi alat pemutar. Bentuknya yang tidak halus dengan motif-motif khas Sentani juga merupakan daya tarik gerabah Papua.

(Sumber: www.kidnesia.com diunduh 5 September 2016)

43 1

Gerabah dari Pulau Ouw

44 1

Pembuatan gerabah Papua

 

Ayo Berdiskusi Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia

Diskusikan bersama teman sebangkumu tentang informasi-informasi baru yang kamu dapatkan dalam teks “Seni Gerabah di Indonesia”. Tuliskan hasilnya pada buku catatanmu, lalu kumpulkan kepada Bapak/Ibu Gurumu.

Jawaban Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia: informasi yang dibahas pada Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia adalah tentang jenis-jenis gerabah yang ada di berbagai daerah di Indonesia, ciri khasnya, kegunaan, serta cara pembuatannya.

 

Ayo Renungkan Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia

  1. Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Baca Juga:   Diketahui g(x) = ax+b . Jika g (-2) = -4 dan g (-6) =12, maka bentuk fungsi g adalah

Jawaban: yang saya pelajari hari ini adalah Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia. Yang dia maksud dengan gerabah adalah alat-alat dapur (untuk masakmemasak dan sebagainya) yang dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar (misalnya kendi, belanga).

  1. Berapa banyak suku bangsa di Indonesia?

Jawaban: ribuan suku bangsa

Kerja Sama dengan Orang Tua Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia

Bertanyalah kepada ayah dan ibumu, asal suku bangsa mereka masing-masing.

Asal suku bangsa ayahku: Suku Minang Kabau

Asal suku bangsa ibuku: Suku Minang Kabau

Itulah beberapa penjelasan serta kunci jawaban Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia. Semoga informasi tentang Sub Tema Seni Gerabah di Indonesia ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

seni gerabah di indonesia tema 7 kelas 4 rangkuman seni gerabah di indonesia informasi baru tentang seni gerabah di indonesia pokok pikiran seni gerabah di indonesia informasi seni gerabah di indonesia gagasan pokok seni gerabah di indonesia sebutkan daerah penghasil seni kerajinan keramik/gerabah di indonesia daerah penghasil seni kerajinan keramik atau gerabah di indonesia daerah penghasil seni kerajinan keramik/gerabah di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.