Buku Tematik 2013Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Tentang Peta Indonesia_Buku Tematik Kelas 4 SD

Wajibtekno.com, Peta Indonesia – Hai teman-teman dan adik-adik, kali ini yang akan kita bahas adalah sub tema Peta Indonesia. Silahkan disimak dengan saksama penjelsan beserta kunci jawaban sub tema Peta Indonesia ini.

Mengapa di Indonesia terdapat berbagai suku bangsa?

Berikut Kunci Jawaban Tentang Peta Indonesia:

Ayo Mengamati Sub Tema Peta Indonesia

Perhatikan gambar peta Indonesia berikut.

mb

Ayo Berdiskusi Sub Tema Peta Indonesia

Dari gambar peta Indonesia tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

  1. Di pulau mana kalian tinggal?

Jawaban: Sumatera Barat

  1. Banyak atau sedikitkah pulau-pulau di Indonesia?

Jawaban: banyak

  1. Menurut kamu, bagaimana jarak dari pulau satu ke pulau lain?  Jauh atau dekat?

Jawaban: jauh

  1. Bagaimana kondisi alam setiap daerah di Indonesia?

Jawaban: ada yang bagus dan masih terawat. Namun, ada sebagian yang sudah tercemar.

  1. Samakah kondisi penduduk di seluruh wilayah Indonesia? Mengapa?

Jawaban: tidak karena setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing

Bacakan hasil diskusi kelompokmu dengan kelompok-kelompok lain. Apa yang dapat kalian simpulkan.

Di Indonesia terdapat beragam suku bangsa apa penyebabnya?

Jawaban Sub Tema Peta Indonesia: karena Indoenesia terdiri dari pulau-pulau dan adat-adat-adat yang berbeda-beda.

Di Indonesia terdapat banyak suku bangsa. Apa sajakah faktor-faktor yang menjadi penyebabnya? Adakah hubungannya dengan kondisi wilayah Indonesia?

Jawaban Sub Tema Peta Indonesia: faktor penyebab, yaitu letak strategis wilayah Indonesia, kondisi negara kepulauan, perbedaan kondisi alam, keadaan transportasi dan komunikasi, penerimaan masyarakat terhadap perubahan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Yang tidak termasuk faktor faktor berlangsungnya proses interaksi sosial adalah

Diskusikan bersama kelompokmu, lalu bacakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Ayo Membaca Sub Tema Peta Indonesia

Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat  Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak keragaman, misalnya suku bangsa, bahasa, agama, dan budaya. Banyak faktor yang  menyebabkan terjadinya keragaman dalam masyarakat Indonesia. Beberapa faktor yang  dimaksud seperti berikut.

  1. Letak Strategis Wilayah Indonesia

Letak  Indonesia sangat strategis, yaitu  berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia juga berada di antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak  strategis tersebut menjadikan Indonesia berada di  tengah- tengah lalu  lintas perdagangan.

Para pedagang dari  berbagai negara datang ke  Indonesia. Mereka membawa  agama, adat istiadat, dan kebudayaan dari negaranya. Banyak pendatang  menyebarkan agama,  adat  istiadat,  dan kebudayaan negaranya, baik  dengan sengaja maupun tidak sengaja.

  1. Kondisi Negara Kepulauan

Keadaan geografi Indonesia merupakan  wilayah kepulauan yang   terdiri atas 13.466  pulau (berdasarkan data  dari   http://www.bakosurtanal.go.id/ berita-surta/show/indonesia-memiliki-13-466-pulau-yang-terdaftar- dan-berkoordinat yang  diunduh pada 5  Oktober 2016).

Banyaknya pulau di Indonesia menyebabkan penduduk yang  menempati satu pulau atau sebagian dari  satu pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa. Tiap-tiap suku bangsa memiliki budaya sendiri. Oleh  karena itu, di  Indonesia ada banyak suku bangsa dengan budaya yang  berbeda-beda.

  1. Perbedaan Kondisi Alam
Baca Juga:   Kunci Jawaban Bacaan Aku dan Cita-citaku Lengkap !

Negara Indonesia sangat  luas dan  terdiri atas  13.466  pulau. Tiap-tiap pulau dibatasi oleh  lautan. Selain itu,  Indonesia merupakan negara vulkanis dengan  banyak pegunungan,  baik   gunung berapi maupun  bukan gunung berapi.   Keadaan  alam Indonesia tersebut memengaruhi keanekaragaman masyarakatnya.

Kehidupan  masyarakat pantai  berbeda dengan  kehidupan masyarakat pegunungan.  Masyarakat pantai  lebih   banyak memanfaatkan  laut   untuk mempertahankan  hidupnya, yaitu  dengan menjadi nelayan.

Sebaliknya, masyarakat yang  tinggal di lereng pegunungan  memiliki upaya sendiri untuk mempertahankan  hidupnya. Mereka lebih   memilih mata  pencaharian yang berkaitan dengan relief  alam pegunungan, misalnya sebagai peternak atau petani sayur.

Bagaimana dengan masyarakat yang   tinggal di  kota? Masyarakat yang tinggal di kota tentu tidak akan menjadi nelayan. Masyarakat kota cenderung untuk membuka usaha, bekerja di kantor, atau bekerja di pabrik.

  1. Keadaan Transportasi dan Komunikasi

Kemajuan dan keterbatasan sarana transportasi dan komunikasi dapat me- mengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan sarana transportasi dan komunikasi memudahkan masyarakat berhubungan dengan masyarakat lain.

Sebaliknya, sarana  yang  terbatas akan menyulitkan masyarakat dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat lain.  Kondisi  ini menjadi penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

  1. Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan

Keterbukaan  masyarakat terhadap sesuatu yang  baru, baik  yang  datang dari dalam maupun luar masyarakat, membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia.

Masyarakat perkotaan relatif mudah menerima orang asing atau budaya lain.  Sebaliknya, masyarakat pedalaman  sebagian besar sulit menerima sesuatu yang  baru. Mereka tetap bertahan pada budaya sendiri dan sulit  menerima budaya luar.

Baca Juga:   Apa pengertian warna primer, sekunder, tersier berikan contohnya

Itulah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan dalam masyarakat Indonesia. Bagaimana dengan kondisi di daerahmu? Faktor apa yang menyebabkan suku bangsa di daerahmu berbeda dengan daerah lain?

Jawaban Sub Tema Peta Indonesia : faktor letak strategis serta komunikasi.

Bagaiman sikap kita terhadap keragaman suku  bangsa di Indoensia? Keragaman suku bangsa hendaknya menjadi kekayaan bangsa. Hendaknya kita dapat menerima keragaman itu. Kita saling menghargai dan bekerjasama dengan semua suku bangsa di Indonesia. Dengan kerja sama dan saling menghargai, kita akan hidup damai.

Ayo Berdiskusi Sub Tema Peta Indonesia

Dari  bacaan “Faktor  Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia” di  depan, tuliskan informasi baru  yang   kamu dapatkan.  Diskusikan bersama teman sebangkumu, lalu  bacakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

mm

Di Indonesia ada ribuan suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Suku bangsa apa yang kamu lihat pada gambar tersebut.

Jawaban Sub Tema Peta Indonesia: Suku Sunda, Suku Asmat, Suku Bali, Suku Aceh, Suku Minang, dan Suku Dayak.

Itulah beberapa kunci jawaban sub tema Peta Indonesia. Semoga informasi tentang sub tema Peta Indonesia ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

kunci jawaban tema peta indonesia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button