Apuse

Kunci Jawaban Tentang Lagu Apuse_Buku Tematik Kelas 4 SD

Wajibtekno.com, Apuse – Hai teman-teman dan adik-adik kali ini informasi yang akan kita bahas adalah tentang Sub Tema Apuse. Apakah adik-adik sudah pernah mendengar kata Apuse? Kira-kira apa yang dimaksud dengan Apuse? Nah, berikut ini akan kita jelaskan beserta kunci jawabannya. Silahkan disimak dengan saksama ya teman-teman dan adik-adik.

Indonesia terdiri atas ribuan suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Suku bangsa apa yang ada di daerahmu? Salah satu suku bangsa di Indonesia adalah suku bangsa Papua. Suku bangsa Papua mayoritas tinggal di Pulau Papua. Ayo, mengenal salah satu lagu dari Papua.

Berikut Kunci Jawaban Tentang Lagu Apuse:

Ayo Mengamati

Salah satu lagu terkenal dari Papua adalah “Apuse”. Lirik lagu “Apuse” menceritakan kisah perpisahan seseorang dengan kakek dan neneknya. Si cucu ini akan merantau ke negeri seberang. Perhatikan notasi lagu “Apuse” berikut. Dengarkan gurumu menyanyikan lagu ini.

Baca Juga:   Magnet dan Daya Tarik, Berikut Kunci Jawabannya (Kelas 4 SD)!

51

Ayo Bernyanyi

Bapak/Ibu gurumu telah memberi contoh menyanyikan lagu “Apuse”. Cobalah menyanyikan bersama teman-temanmu, lalu nyanyikan sendiri secara bergantian.

Ayo Berdiskusi

Kamu telah menyanyikan lagu “Apuse”. Diskusikan jawaban pertanyaanpertanyaan berikut bersama teman sebangkumu.

  1. Dapatkah kamu rasakan naik turunnya nada pada lagu “Apuse”?

Jawaban: Kita dapat merasakan naik turunnya nada pada lagu Apuse dengan mengacu pada perbedaan posisi not balok pada paranada atau perbedaan angka yang digunakan pada notasi angka.

  1. Pada bagian mana lagu dinyanyikan dengan nada tinggi?

Jawaban: pada bagian huruf Kapital, contoh A PU SE BA NI NE MA

  1. Pada bagian mana lagu dinyanyikan dengan nada rendah?

Jawaban: Pada bagian huruf kecil, contoh ko kon da o

  1. Tuliskan syair lagu “Apuse”, lalu berikan tanda sesuai naik turunnya nada pada setiap suku kata lagu tersebut. Berikan tanda dengan menarik garis naik, rata, atau turun. Contoh: disebut garis melodi
Baca Juga:   Kunci Jawaban Tentang Ragam Bahasa Daerah di Indonesia_Kelas 4 SD

52

A   –  pu   –  se   –    ko    –   kon   –    da   –   o

Jawaban :

53

Ayo Bercerita

Ceritakan hasil diskusimu kepada teman-teman sekelasmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain. Siti, Edo, Dayu, dan teman-teman menyanyikan lagu “Apuse” sambil menggerakkan kaki dan tangan. Mereka melangkah ke kanan, ke kiri, ke depan, lalu ke belakang sambil menggerakkan tangan. Gerakan mereka melibatkan otot kaki dan tangan.

54

Gerakan melangkahkan kaki juga termasuk gaya otot. Melangkahkan kaki menyebabkan tubuh berpindah tempat.

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini dengan teman sebangkumu.

  1. Siapkan beberapa buah buku, lalu ajaklah teman sebangkumu untuk bertukar buku.
  2. Catatlah kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan ketika melakukan proses penukaran buku.
  3. Tuliskan hasil kegiatan yang kamu lakukan.
  4. Gaya apa yang digunakan dalam kegiatan penukaran buku ini?
Baca Juga:   Kunci Jawaban Tentang Lagu Kupu-Kupu yang Lucu_ Buku Tematik Kelas 4 SD

Jawaban : gaya otot.

55

Aktivitas ber tukar buku merupakan salah satu contoh pemanfaatan gaya otot. Dengan memanfaatkan gaya otot, kita dapat memindahkan benda-benda ringan dengan mudah. Gaya otot sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa penjelasan materi dan kunci jawaban Sub Tema ini Nah, bagaimana apakah sejauh ini adik-adik sudah mulai paham tentang Sub Tema  ini? Semoga penjelasan tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

lagu apuse berasal dari lagu apuse memiliki birama 4/4 artinya lagu apuse dinyanyikan dengan tempo lagu apuse lirik lagu apuse berasal dari provinsi lagu apuse bertangga nada lagu apuse menceritakan tentang lagu apuse memiliki birama lagu apuse kokondao lirik lagu apuse not lagu apuse lirik lagu apuse dan artinya arti lagu apuse pencipta lagu apuse tempo lagu apuse

Leave a Reply

Your email address will not be published.