Cinta Tanah Air

Teks Cinta Tanah Air dan Kunci Jawaban (Kelas 4 SD)

Wajibtekno.com, Cinta Tanah Air – Hai teman-teman dan adik-adik, kali ini kita akan membagikan kunci jawaban  Buku Tematik Kelas IV SD Tema 7 Sub Tema Cinta Tanah Air. Silahkan dibaca dengan saksama penjelasan  ini ya adik-adik.

Berikut Kunci Jawaban Teks Cinta Tanah Air:

Ayo Membaca 

Cinta Tanah Air,  Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa

Yayasan Sukma Bangsa Bireuen menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini  diikuti oleh   sembilan grup   tari   dari   Pendidikan Anak  Usia   Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari  PAUD tampil lucu dengan seragam unik.  Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.

Kebanyakan  peserta  lomba menampilkan  tari   daerah Aceh.   Di  antara peserta ada yang  menampilkan tari  Ranup Lam  Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek  Pukat. Namun, ada pula  beberapa peserta menampilkan seni tari  dari provinsi lain  di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni  PAUD Tun Sri Lanang.

Anak-anak dari   PAUD Tun  Sri  Lanang menyuguhkan tari  Cublak-Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang  sederhana. Namun, gaya kocak  anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.

Baca Juga:   Kunci Jawabannya Macam-macam Seni Gerabah di Indonesia _ Buku Tematik Kelas 4 SD

“Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebhinekaan tari  di Indonesia,” kata Ibu Surya  Murni,  pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.

Menurut  Ibu  Surya   Murni,   anak  usia  PAUD  seharusnya  diperkenalkan dengan  keragaman suku bangsa  agar bisa melestarikannya kelak.   “Tanpa mengesampingkan  kearifan lokal,  sewajarnya anak-anak  ditanamkan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang  ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya  Murni.

Lomba seni  tari   kreasi anak-anak  PAUD  merupakan pendekatan  dasar agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke  depan  banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya mewarisi budaya- budaya Nusantara. Acara lomba tari   sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini  agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.

 

Ayo Berdiskusi 

Bersama teman sekelompokmu, tuliskan gagasan utama dari  setiap paragraf dari  teks “Cinta  Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa”

Baca Juga:   Berikut ini adalah hikmah orang yang berilmu kecuali

Tuliskan hasil diskusimu dalam sebuah diagram alir seperti contoh berikut.

Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa

  1. Gagasan utama paragraf 1: Yayasan Sukma Bangsa Bireuen menggelar lomba seni tari kreasi nusantara.
  2. Gagasan utama paragraf 2: Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh.
  3. Gagasan utama paragraf 3: Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menampilkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa.
  4. Gagasan utama paragraf 4: Lomba tari menunjukkan kebhinekaan tari di Indonesia
  5. Gagasan utama paragraf 5: Anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan keragaman suku bangsa.
  6. Gagasan utama paragraf 6: Lomba seni tari merupakan pendekatan dasar agar cinta budaya bangsanya.

 

Ayo Renungkan

1. Apa yang  kamu pelajari pada hari ini?

Jawaban: yang saya pelajari hari ini adalah tentang Cinta Tanah Air serta menumbuhkan sikap kebhinekaan terhadap keberagaman yang ada di tanah air ini.

 2. Bagaimana sikapmu atas keragaman budaya di Indonesia?

Jawaban: sikap saya terhadap keragaman budaya di Indonesia adalah, saya sangat bangga dan harus menjaga keragaman tersebut.

Baca Juga:   Yang tidak termasuk faktor faktor berlangsungnya proses interaksi sosial adalah

3. Apa yang  dapat kamu lakukan untuk melestarikan tarian daerah?

Jawaban: yang bisa saya lakukan untuk melestarikan tarian daerah adalah dengan selalu mempelajarinya dan menampilkan tarian daerah tersebut pada acara-acar penting, agar tetap diingat oleh masyarakat.

 

Kerja Sama dengan Orang Tua 

Tuliskan tarian daerah yang  pernah ditampilkan di lingkungan tempat tinggalmu, misalnya dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, acara pernikahan, atau acara adat.

Jawaban Sub Tema Cinta Tanah Air: tarian daerah yang pernah ditampilkan di daerahku adalah tari piring dan tari pasambahan.

Itulah penjelasan tentang Sub Tema Cinta Tanah Air. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

cinta tanah air adalah cinta tanah air merupakan perwujudan pengamalan pancasila sila ke cinta tanah air diwujudkan dengan cinta tanah air dapat diwujudkan melalui gerakan cinta tanah air termasuk salah satu penerapan nilai cinta tanah air dapat diwujudkan dengan sikap cinta tanah air puisi cinta tanah air contoh

Leave a Reply

Your email address will not be published.