Aglaonema dikenal juga dengan nama

Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah

Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah…

A. Raja

B. Bangsawan

C. Pedagang

D. Prajurit perang

E. Kaum buangan

Jawaban: E

 

Pembahasan:

Dalam kebudayaaan Hindu, dikenal stratifikasi sosial atau pelapisan sosial. Masyarakat dibagi menjadi tingkatan atau lapisan yang disebut kasta atau warna. Terdapat empat kasta, yaitu:

  1. Kasta Brahmana yang terdiri dari para agamawan,
  2. Kasta Ksatria seperti bangsawan, raja, pegawai pemerintahan, tentara,
  3. Kasta Waisya yang terdiri dari pedagang, petani atau nelayan, dan
  4. Kasta Sudra seperti para petani, buruh, pembantu, dan kuli. Mereka bahkan sering dianggap sebagai orang buangan karena stratifikasi sosialnya yang dianggap paling rendah.

Sistem ini disebut juga dengan caturwarna (empat warna). Sistem kasta ini berasal dari India, negara asal agama Hindu dan diterapkan juga di Indonesia pada masa Hindu Buddha, seperti pada masa Kerajaan Mataram kuno atau Kerajaan Majapahit.

Baca Juga:   100 gram = berapa sendok makan?

Pada masa sekarang, dalam masyarakat Bali yang beragama Hindu juga menerapkan sistem kasta sebagaimana yang pernah diterapkan di masa Hindu-Buddha. Di Indonesia, penerapan sistem kasta tidak sekaku atau seketat di India.

Di India, dalam penerapan paling ketat, orang yang berlainan kasta dilarang menika, dan bahkan orang dari kasta tinggi tidak boleh makan dari piring yang sama atau terkena bayang-bayang orang yang berkasta lebih rendah.

Dengan demikian, orang-orang yang tergolong dalam Kasta Sudra adalah para petani, buruh, pembantu, dan kuli. Mereka bahkan sering dianggap sebagai orang buangan karena stratifikasi sosialnya yang dianggap paling rendah.

Pertanyaan Berikutnya: Berikut ini adalah hikmah orang yang berilmu kecuali

Leave a Reply

Your email address will not be published.