Kunci Jawaban

MediaTek: Produk Unggulan dan Kelebihan

MediaTek Inc adalah sebuah perusahaan semikonduktor nirfabrikasi asal Taiwan yang menyediakan chip untuk komunikasi nirkabeltelevisi definisi tinggi, perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan komputer tablet, sistem navigasi, produk multimedia ritel, dan layanan digital subscriber line, serta cakram optis. 

Berkantor pusat di Hsinchu, perusahaan ini memiliki 25 kantor di seluruh dunia dan merupakan perancang chip nirfabrikasi terbesar ketiga di dunia pada tahun 2016. Mediatek didirikan pada tahun 1997. 

Perusahaan ini juga menyediakan desain referensi bagi kliennya. MediaTek adalah penyedia chipset ponsel cerdas terbesar di dunia, dengan menguasai 31% pangsa pasar pada kuartal ketiga tahun 2020. 

Kuatnya performa MediaTek di negara seperti Tiongkok dan India membantunya menjadi penyedia chipset ponsel cerdas terbesar di dunia.

MediaTek memulai sejarahnya sebagai unit dari United Microelectronics Corporation (UMC) asal Taiwan yang ditugaskan untuk merancang chipset untuk produk hiburan rumah. 

Pada tanggal 28 Mei 1997, unit tersebut dipisah menjadi sebuah perusahaan tersendiri dengan nama MediaTek. Pada tanggal 23 Juli 2001, MediaTek resmi melantai di Taiwan Stock Exchange (TSEC). 

Perusahaan ini awalnya merancang chipset untuk cakram optis, dan kemudian berekspansi ke chip untuk pemutar DVD, TV digital, ponsel, ponsel cerdas, dan tablet. 

Secara umum, MediaTek telah beberapa kali dapat berekspansi ke bidang baru dan mengalahkan perusahaan lain yang telah lama berbisnis di bidang tersebut. 

Pada tahun 2004, perusahaan ini meluncurkan sebuah divisi untuk merancang produk untuk perangkat seluler. 

Baca Juga:   Gambar relief umumnya terdapat pada bangunan​

Enam tahun kemudian, perusahaan ini telah dapat memperoleh pesanan lebih dari 500 juta unit SoC seluler per tahun, yang meliputi produk untuk ponsel fitur dan ponsel cerdas. 

Dengan menyediakan bantuan rekayasa sistem yang ekstensif, perusahaan ini memungkinkan sejumlah perusahaan kecil dan perusahaan baru untuk masuk ke bisnis ponsel yang sebelumnya didominasi oleh perusahaan besar yang kerap terintegrasi vertikal dan telah lama berbisnis di bidang telekomunikasi. 

Chip seluler pun kemudian menjadi sumber pertumbuhan utama bagi perusahaan ini. Pada Mobile World Congress tahun 2014, MediaTek memperkenalkan merek “Everyday Genius”, yang bertujuan untuk membuat ponsel cerdas makin terjangkau bagi masyarakat yang lebih luas. 

Hingga bulan November 2014, lebih dari 1.500 model perangkat seluler yang berjumlah 700 juta unit berhasil diproduksi di seluruh dunia pada tahun 2014 dengan menggunakan chip buatan MediaTek. 

Pada semester pertama tahun 2014, perusahaan ini pun mencatatkan pendapatan sebesar US$5,3 milyar atau hampir sama seperti total pendapatan pada tahun 2013. Pertumbuhan pendapatan tersebut sebagian disebabkan oleh akuisisi terhadap MStar. 

Pada bulan September 2019, MediaTek berkolaborasi dengan VVDN Technologies untuk merancang dan memproduksi solusi AIoT generasi baru. 

Pada tanggal 25 November 2019, MediaTek dan Intel mengumumkan sebuah kemitraan untuk membawa 5G ke komputer pribadi pada tahun 2021. 

Pada kuartal ketiga tahun 2020, MediaTek menyalip Qualcomm sebagai penyedia chipset ponsel cerdas terbesar di dunia, terutama berkat pertumbuhan yang signifikan di India dan Amerika Latin. 

Baca Juga:   Berikut Bentuk Karya Seni Rupa dan Kunci Jawaban (Kelas 4 SD)

Mediatek dimensity 1080 

Mediatek dimensity 1080 adalah prosesor yang telah dipublikasikan pada 11 Oktober 2022 lalu. Prosesor ini dibuat dengan teknologi pemrosesan 6 nm yang menggunakan 8 inti cip.

MediaTek Dimensity 1080 adalah cip yang dirancang untuk dapat mengambil gambar lebih besar dengan teknologi Imagiq, pemroseson video MiraVision 4K HDR yang bertenaga, dan keunggulan untuk para pemain gim dengan peningkatan jaringan HyperEngine. 

Dengan teknologi di atas, pengguna ponsel yang berprosesor MediaTek Dimensity 1080 bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus, yaitu bermain gim sembari melakukan panggilan telepon. 

Mediatek dimensity 1080 cip 6 nm ini sudah mendukung teknologi 5G yang bisa digunakan untuk mengunduh berkas dari Internet lebih cepat dan melakukan pekerjaan lebih banyak. Daya yang dikeluarkan pun lebih efisien. 

MediaTek Dimesity 1080 menggunakan grafis Arm Mali-G68 dan CPU octa core sehingga bisa memberi kinerja tinggi, respons aplikasi yang baik, dan alur permainan yang mulus dibanding prosesor seri sebelumnya.

Mediatek dimensity 700

Chipset merupakan komponen penting bagi produk ponsel pintar guna menjalankan berbagai fungsi dengan optimal. Terdapat banyak jenis chipset yang umum digunakan oleh produsen smartphone. Salah satunya, yakni MediaTek Dimensity 700.

Penggunaan chipset itu pada gawai ponsel pintar tak jarang menimbulkan pertanyaan mengenai MediaTek Dimensity 700 setara dengan Snapdragon berapa dan perbandingan mendasar lainnya..

Baca Juga:   Kunci Jawaban Tentang Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia (Kelas 4 SD)

Disadur dari Techtarget, chipset adalah sekelompok chip motherboard yang saling bergantung dan mengontrol aliran data dan instruksi antara Central Processing Unit (CPU) atau mikroprosesor dengan perangkat eksternal.

Berdasarkan definisi di atas, dapat diketahui bahwa CPU tak dapat berfungsi tanpa adanya pengaturan waktu chipset yang sempurna. Menghimpun beberapa sumber, MediaTek beberapa waktu terakhir merilis chipset terbaru mereka, yaitu Dimensity 700.

Versi chipset MediaTek itu ditujukan untuk kelas menengah ke bawah. Tak heran beberapa ponsel yang dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 700 memiliki harga terbilang murah.

Meski begitu, kemampuan chipset yang satu ini tak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, MediaTek Dimensity 700 tergolong jenis chipset octa core yang terdiri dari 6 core Cortex-A55 dan 2 core Cortex-A76.

MediaTek Dimensity 700 sudah mendukung kapasitas RAM hingga 12GB dan penyimpanan jenis UFS 2.2. Lebih dari itu, jenis chipset yang satu ini memang ditargetkan untuk pasar ponsel 5G.

Adapun clock speed yang dimiliki oleh MediaTek Dimensity 700 mencapai 2.2 Ghz dan memiliki GPU Mali MC2 950Mhz.

Dengan proses fabrikasi 7nm, Dimensity 700 mampu mengakomodasi berbagai aktivitas menggunakan ponsel secara mumpuni meski dibanderol dengan harga yang terbilang miring.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.  

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button