Keragaman Ekonomi di Indonesia 2

Kunci Jawaban Tentang Keragaman Ekonomi di Indonesia 2 (Kelas 4 SD)

Wajibtekno.com, Keragaman Ekonomi di Indonesia 2 – Hai teman-teman dan adik-adik, kali ini kita akan membagikan kunci Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia 2. Silahkan dibaca penjelasan Keragaman Ekonomi di Indonesia 2 ini dengan baik ya teman-teman dan adik-adik.

Pada Pembelajaran 3 kita telah mengetahui empat macam aktivitas ekonomi. Mari kita lanjutkan.

Berikut Kunci Jawaban Tentang Keragaman Ekonomi di Indonesia 2:

Ayo Membaca 

 

Keragaman Ekonomi di Indonesia 2

 

Pada Pembelajaran 3, telah dijelaskan bahwa kondisi wilayah Indonesia mengakibatkan keragaman aktivitas ekonomi penduduk. Kamu telah mengetahui empat macam aktivitas ekonomi, yaitu di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Selain empat jenis tersebut, masih ada jenis aktivitas ekonomi berikut.

 

1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Pertambangan

Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yaitu berupa barang tambang. Di wilayah Indonesia terdapat barang tambang minyak dan gas (migas) serta barang tambang nonmigas. Contoh barang tambang nonmigas antara lain emas, perak, tembaga, batu bara, bijih besi, nikel, aluminium, intan, pasir besi, dan bauksit.

Potensi barang tambang ini hendaknya dikelola dengan optimal bagi kemakmuran rakyat. Barang

tambang bersifat tidak dapat diperbaharui sehingga perlu dieksplorasi dengan bijak. Ketersediaan barang tambang harus dijaga bagi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Selain itu, perlu dicari sumber daya alam alternatif agar sumber daya alam tidak lekas habis.

Baca Juga:   Berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali

 

2. Aktivitas Ekonomi di Bidang Industri

Amatilah di lingkungan sekitar tempat tinggalmu! Apa yang dapat kamu simpulkan dari aktivitas tersebut? Industri merupakan usaha mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah bersumber dari sumber daya alam. Adanya aktivitas industri dapat meningkatkan suatu barang.

Aktivitas industri dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok, maupun badan usaha. Contoh industri di Indonesia antara lain industri otomotif, konveksi, elektronik, sepatu dan sandal,

ban, pengalengan ikan, minuman dan makanan, serta pupuk.

 

3. Aktivitas Ekonomi di Bidang Perdagangan

Potensi alam tiap-tiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Ada yang kaya potensi alam. Ada pula yang miskin potensi alam. Fenomena ini dipengaruhi oleh kondisi geografis tiap-tiap daerah. Akibatnya, tidak setiap daerah mampu menghasilkan barang yang dibutuhkan masyarakat

setempat Untuk mengatasi masalah ini berkembang aktivitas perdagangan. Aktivitas ini dilakukan masyarakat untuk menyalurkan barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen.

Barang dagangan dapat berupa hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang industri.

Aktivitas perdagangan bisa dilakukan tanpa perantara ataupun dengan perantara. Produsen dapat langsung menjual atau menyalurkan barang dan/atau jasa kepada konsumen. Jika ada perantara, produsen menggunakan perantara untuk menyalurkan barang dan/atau jasa kepada konsumen.

Contoh perantara dalam perdagangan antara lain pedagang besar (grosir), agen, dan pedagang eceran. Pada perkembangannya, aktivitas perdagangan juga melibatkan masyarakat luar negeri. Kegiatan perdagangan antarnegara inilah dikenal dengan sebutan ekspor impor.

Baca Juga:   Yang merupakan penyebab runtuhnya Bani Umayyah

 

4. Aktivitas Ekonomi di Bidang Jasa

Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia dihubungkan selat dan laut. Untuk menjangkau

antarpulau dibutuhkan sarana transportasi. Di Indonesia sarana transportasi meliputi transportasi

darat, udara, dan laut. Tidak hanya itu, untuk menjalin komunikasi juga diperlukan sarana komunikasi. Kedua sarana ini menunjukkan aktivitas ekonomi masyarakat di bidang jasa.

 

Aktivitas jasa merupakan kegiatan layanan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Aktivitas jasa lainnya antara lain jasa perbankan dan keuangan, jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa konsultasi hukum, jasa pariwisata, dan jasa lainnya. Berkembangnya aktivitas jasa ini memunculkan beragam jenis pekerjaan di bidang jasa.

 

Tugas 

Tuliskan informasi-informasi penting dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia 2”. Bacakan hasilnya di depan Bapak/Ibu guru dan temantemanmu.

 

Informasi penting dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia 2

Jawaban Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia 2:

  1. Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yaitu berupa barang tambang.
  2. Aktivitas industri dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok, maupun badan usaha
  3. Barang dagangan dapat berupa hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang industri.
  4. Aktivitas jasa merupakan kegiatan layanan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Ayo Berdiskusi

Bersama teman-teman sekelasmu, identifikasilah aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga dari seluruh siswa di kelasmu. Sajikan hasilnya dalam bentuk tabel seperti di bawah ini.

Baca Juga:   Kunci Jawaban Tentang Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Dalam melakukan kegiatan tersebut, ingatlah selalu untuk bersikap toleransi atas perbedaan di antara teman-teman sekelasmu. Janganlah mengejek teman atas aktivitas ekonomi yang dilakukan keluarganya. Sebaliknya, jangan pula sombong atau malah rendah diri atas aktivitas ekonomi dalam keluargamu. Setiap orang membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

No

Jenis Aktivitas Ekonomi dalam Keluarga

Banyaknya

1. Pertanian 10
2. Perdagangan 5
3. Jasa 2
4. Peternakan 3
5. Perkebunan 2
6. Pertambangan 1

 

Setiap daerah dalam wilayah Indonesia mempunyai adat istiadat dan budaya daerah yang khas. Setiap warga masyarakat termasuk kita hendaknya bisa menunjukkan sikap toleransi terhadap keragaman dalam masyarakat. Sikap toleransi dalam masyarakat akan mewujudkan kehidupan yang damai. Bagaimanakah bentuk tindakan toleransi terhadap keragaman?

 

Jawaban:

  1. Tidak mengejek
  2. Tidak memojokkan satu sama lain
  3. Tidak membeda-bedakan satu sama lain

 

Itulah penjelasan tentang Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia 2. Semoga informasi Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia 2 ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

keragaman ekonomi di indonesia 2 informasi penting dari teks keragaman ekonomi di indonesia 2 tuliskan informasi penting dari teks keragaman ekonomi di indonesia 2 peta pikiran keragaman ekonomi di indonesia 2 informasi penting dari teks keragaman ekonomi di indonesia 2 adalah informasi penting dalam teks keragaman ekonomi di indonesia 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.