Perbedaan Hosting Dan Domain

Perbedaan Hosting Dan Domain Serta Apa Kegunaanya Untuk Website? Cek Disini!

Wajibtekno.com, Perbedaan Hosting Dan Domain Serta Apa Kegunaanya Untuk Website – Bagi seorang web developer atau seseorang yang memiliki dan mengelola website tentu tidak asing dengan hosting dan domain. Hosting dan domain ini sangat erat kaitannya dengan website. Namun, walaupun sering sekali mendengar kata hosting dan domain. Masih banyak dari kita yang belum mengetahui sebenarnya Hosting Itu Apa? Domain Itu Apa? Dan Apa Kegunaanya?

Untuk itu artikel ini saya buat untuk memberikan informasi seputar hosting dan domain. Mulai dari pengertiannya, kegunaannya, dan hal-hal lainnya yang dirasa perlu untuk diketahui. Kita akan mulai dengan membahas pengertian dari hosting dan domain.

Perbedaan Hosting Dan Domain Serta Apa Kegunaanya Untuk Website:

Apa Itu Hosting? – Definisi Hosting

Secara umum hosting diartikan sebagai suatu space (ruangan) atau sebuah tempat di dalam internet yang kita fungsikan untuk menyimpan berbagai data – data dari sebuah website.

Data -data yang tersimpan berasal dari berbagai macam website, mulai dari website pribadi, website blog, website bisnis, website perusahaan, dan yang lainnya. Hosting berperan untuk membuat website menjadi online dan dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia.

Dilansir dari laman wikipedia, web hosting didefinisikan sebagai salah satu layanan di internet yang menyediakan resource berupa server- server untuk disewakan sehingga individu atau pun organisasi dapat menempatkan informasi di internet. Informasinya bisa berupa HTTP, FTP, EMAIL, DNS atau lainnya.

Hosting sendiri terbagi menjadi dua, yaitu: hosting berbayar dan hosting gratis

Mungkin anda akan berpikir begini, jika ada yang gratis kenapa kita harus memilih yang berbayar?

Alasannya cukup sederhana, memang banyak sekali layanan hosting yang tersedia secara gratis dan dapat diakses atau digunakan dengan mudah. Hanya saja, jika itu gratis tentunya fasilitas dan kualitas yang didapatkan juga apa adanya, tidak akan selengkap fasilitas yang berbayar atau memiliki kualitas yang sama dengan versi berbayar.

Baca Juga:   Alasan Kuyhaa dan Bagas31 Bertahan?? Meski beberapa Kali Diblokir Kominfo.

Fitur – fitur yang disediakan oleh layanan hosting gratis juga tidak selengkap versi berbayar, sangat banyak kekurangan. Misalnya, tidak tersedianya fitur auto installer softaculous, fitur FTP, fitur webmail yang bagus dan memadai, fitur Mysql, dan fitur lainnya yang disediakan pada versi berbayar.

Selain itu layanan hosting gratis juga tidak luput dari iklan sedangkan pada layanan hosting berbayar anda bisa menghilangkan iklan dari laman website anda.

Iklan tentu akan memengaruhi tampilan dari website yang anda miliki, iklan yang muncul tiba – tiba atau menutupi laman web bisa menyebabkan pengunjung web anda salah klik, harusnya mendapatkan informasi atau hal – hal penting dari website malah nyasar ke laman iklan.

Dari segi perfoma juga akan terlihat sangat jelas perbedaannya, tentu saja layanan hosting berbayar akan memberikan performa yang jauh lebih baik dibandingkan layanan hosting gratis.

Terlebih jika anda ingin membuat website dengan tujuan yang lebih serius, seperti untuk bisnis atau hal – hal lainnya, sebaiknya anda menggunakan versi berbayar agar website anda dapat berjalan dengan maksimal dan anda juga tidak kerepotan untuk mengelola website yang anda miliki.

Layanan Hosting Itu Sendiri Terbagi Atas Beberapa Macam, Diantaranya:

  • Shared Hosting
  • WordPress Hosting
  • Reseller Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Vps Hosting

Adapun Fungsi Dari Web Hosting Diantaranya:

Sebagai Tempat Penyimpanan Data – fungsi utama sebuah web hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online, sehingga data – data tersebut dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia melalui jaringan internet.

Jika dianalogikan, hosting seperti perpustakaan (sebagai tempat penyimpanan informasi) sedangkan website dianalogikan sebagai buku – buku (informasi yang dicari).

Baca Juga:   Pemerintah Kembali Memberikan Bantuan Kuota Belajar Gratis Tahun Ini, Simak Caranya Berikut Ini..

Hosting ada untuk menampung dan menyediakan informasi terkait suatu website kepada pengunjung yang mengakses website tersebut, sehingga pemilik website dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjungnya.

Sebagai Sarana Agar Data Website Dapat Dilihat Oleh Pengunjung – walaupun anda sudah mendaftarkan domain, website tetap tidak akan bisa diakses oleh pengunjung jika anda belum menggunakan layanan hosting.

Hosting menyimpan data – data terkait website mulai dari gambar, tulisan, video atau yang lainnya, sehingga jika tidak ada hosting maka tidak ada data yang bisa diakses dari laman website anda.

Menetukan Region Website – anda bisa menentukan region website yang anda miliki dengan cara memimilih region hosting. Adapun region yang sebaiknya anda pilih sesuai dengan tempat bisnis atau tempat tinggal anda karena region akan sangat mempengaruhi traffic website yang anda miliki.

Hosting Membuat Website Menjadi Lebih Responsif – hosting memiliki peran besar dalam menentukan apakah website yang anda miliki bisa merespon dengan cepat atau tidak.

Jika data website terlalu banyak dan traffic cukup tinggi namun hosting tidak memadai akan membuat website yang anda miliki menjadi tidak responsif atau lemot

Nah, itulah definisi hosting serta fungsinya untuk sebuah website, sangat jelas jika layanan hosting merupakan bagaian dari fondasi jika anda ingin membuat website, tanpa layanan hosting website yang anda miliki tidak akan dapat berfungsi sebagaimana semestinya. Berikutnya kita akan membahas mengenai domain.

Apa Itu Domain? – Definisi Domain

Domain menurut wikipedia merupakan nama unik yang ditentukan sebagai identitas nama server komputer seperti web server atau email server yang dibangun pada jaringan internet atau komputer. Singkatnya domain merupakan alamat website.

Apa Fungsi Domain Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Baca Juga:   Kemdikbud Luncurkan Bantuan KIP Kuliah Merdeka Hingga Rp 12 Juta Per Semester! Buruan Daftar Sekarang..

Domain diibaratkan sebagai alamat rumah, biasanya kita memberitahukan alamat kepada kenalan atau teman yang akan berkunjung agar tidak nyasar ketika mencari alamat yang dituju atau yang kita input saat melakukan pembelian barang secara online, agar pengantar paket tidak nyasar tentunya kita perlu memberikan informasi alamat rumah yang sesuai.

Secara umum cara kerja domain  dikategorikan sebagai shortcut yang membantu menghubungkan pengunjung dengan server tanpa perlu mengetahui alamat IP komputer.

Jika dibandingan dengan IP domain lebih sederhana karena hanya berupa kata-kata saja dan jelas lebih mudah diingat dibandingan IP yang berbentuk sederetan angka. Tentunya dengan domain pengunjung website akan lebih mudah mencari website yang memuat informasi yang ia butuhkan.

Selain sebagai alamat website, domain juga berperan penting dalam membentuk branding website anda agar lebih mudah diingat oleh pengunjung website.

Mengenal Jenis Domain: Domain Terbagi Atas Dua Jenis, Yaitu :

TLD (Top Level Domain)

Contoh dari domain TLD adalah:

  • .com    : biasanya digunakan untuk website komersial
  • .net      : biasanya digunakan untuk website network atau website yang berhubungan dengan jaringan internet
  • .org      : biasanya digunakan untuk website organisasi
  • .info     : biasanya digunakan untuk website yang memuat informasi
  • .edu     : biasanya digunakan untuk website pendidikan
  • .gov     : biasanya digunakan untuk website pemerintahan

ccTLD Domain (Country Code Top Level Domain)

ccTLD merupakan domain yang dikhususkan untuk negara tertentu. Sebagai contoh:

  • .ID       : untuk negara Indonesia
  • .IN       : untuk negara India
  • .JP       : untuk negara Jepang
  • .US      : untuk negara Amerika Serikat

Itulah definisi atau pengertian dari hosting dan domain, jenisnya, serta kegunaanya untuk sebuah website. Bisa terlihat hosting dan domain memiliki peran penting dalam sebuah website agar website dapat berjalan dengan baik. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda. Sekian, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *