Samsung Z Flip
Samsung Z Flip

Samsung Z Flip- Harga Dan Spesifikasi Lengkap!

Wajibtekno.com, Samsung Z Flipitulah nama dari sebuah ponsel yang memiliki konsep menarik: konsep layar lipat. Dengan konsep ini, Samsung Z Flip seolah ingin menawarkan konsep ponsel masa depan yang fleksibel dan mudah dibawa kemana-kemana. Dan tentu saja hal yang menarik, Samsung Indonesia mendatangkan Samsung Z Flip untuk dijual resmi di Indonesia. Tapi tentu saja sebelum beli, alangkah lebih baiknya mengenal terlebih dahulu produknya. Meskipun sama-sama ponsel lipat, tapi Samsung ini bukan penerus Galaxy Fold dan memiliki konsep lipatan yang berbeda.

Baca Juga: Smartphone Samsung, Sejarah Dan Perkembangannya

Samsung z Flip Review

Berikut Samsung Z Flip Spesifikasi :

Samsung Z Flip
Samsung Z Flip

Samsung Z Flip dilipat di sumbu horizontal dari atas ke bawah seperti ponsel clamshell. Ketika dibentangkan, layarnya berbentang 6,7 inci. Saat dilipat, ukuran Samsung ini menjadi setengah ukuran awal, atau kira-kira seukuran genggaman tangan orang dewasa. ada tahun 2019 lalu, Galaxy Fold resmi menjadi ponsel lipat pertama vendor Korea Selatan ini, Kemudian disusul kelahiran Galaxy ini pada 12 Februari 2020. Meski sama-sama ponsel lipat, keduanya mengusung mekanisme pelipatan yang berbeda. Galaxy Fold dilipat secara horisontal atau menyerupai sebuah buku (dari kiri ke kanan atau sebaliknya).

Baca Juga: Samsung Galaxy Z, Harga Dan Spesifikasi Lengkap 2021!

Sementara Samsung ini dilipat secara vertikal mirip dengan ponsel lawas berbentuk clamshell (dari atas ke bawah atau sebaliknya). Denny Galant, Head of Product Marketing IM & Mobile Samsung Indonesia juga mengatakan hal senada saat ditemui di rangkaian acara peluncuran Galaxy S20 dan Samsung Z Flip di San Francisco. “Galaxy Fold mirip tablet dengan layar yang lebar, tapi bisa dilipat. Sementara, Galaxy Z Flip adalah smartphone yang layarnya bisa dibentangkan,” kata Denny.

Baca Juga:   Samsung Fold 2, Spesifikasi Dan Harga Lengkap!
WhatsApp Image 2021 07 02 at 11.05.47 1
Foto: Samsung

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (17/2/2020), Samsung sebelumnya telah melakukan banyak percobaan desain untuk menemukan ukuran yang pas, agar Z Flip nyaman digenggam dan dimasukan dalam kantong. Engsel Z Flip disembunyikan sedemikian rupa agar layar yang berbentang 6,7 inci itu, bisa ditekuk ke bagian dalam. Saat berada di posisi 90 derajat, layar atas dan bawah punya fungsi yang berbeda. Layar atas akan berfungsi sebagai screen area dan sisi bawah adalah interaction area.

Baca Juga: Samsung Fold 2, Spesifikasi Dan Harga Lengkap!

Samsung ini ada 2 tipe, yang pertama samsung z flip 1 , samsung Z Flip1 juga mengadopsi desain Infinity O alias lubang kamera yang nangkring di sisi atas layar. Lubang tersebut menampung kamera depan dengan resolusi 10 megapiksel. samsung Z Flip 1 masih memiliki dua kamera lain yang tersusun secara horizontal di bagian cangkang atas. Kamera tersebut memiliki resolusi 12 megapiksel (f/1.8) dan 12 megapiksel ultrawide.

Di sebelah modul kamera terdapat LED flash dan layar kecil. Layar tersebut berfungsi untuk menampilkan notifikasi dan juga bisa digunakan untuk mengambil selfie. Untuk hardware, ponsel lipat ini ditenagai chip Snapdragon 855 Plus yang dipadu dengan RAM 8 GB dan internal 256 GB. Baterainya berkapasitas 3.300 mAh yang didukung pengisi daya cepat 15 watt. Di pinggiran bodi tersemat sensor sidik jari, sementara di bagian bawah terdapat port USB C dan speaker stereo.

Baca Juga:   Samsung galaxy Z Flip, Simak Harga Dan Spesifikasi Lengkapnya 2021!

Berikut Samsung Z FlipHarga:

WhatsApp Image 2021 07 02 at 11.05.47 2
Foto: Samsung

Galaxy ini uga dibekali NFC. Ada dua warna yang tersedia yang Mirror Purple dan Mirror Black, harga samsung z flip 1  21.800.000, yang ke dua samsung z flip 2, memiliki spesifikasi samsung z flip 2 dibekali dengan dua layar, terdiri dari layar utama yang bisa dilipat, berikut layar sekunder (cover display). Layar utama memiliki panel berjenis AMOLED 2X Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci (resolusi QXGA Plus), dengan refresh rate 120 Hz.

Baca Juga: Samsung Galaxy Z Fold 2- Harga Dan Spesifikasi Lengkap!

Panel ini dilapisi dengan “Ultra Thin Glass” dan diklaim lebih kuat dibanding Galaxy Fold generasi pertama. Adapun layar kedua, yang memunggungi layar utama, mengusung panel Super AMOLED dengan diagonal 6,2 inci dan resolusi HD Plus.

Galaxy Z Fold 2 sendiri dibekali dengan lima kamera, terdiri dari tiga kamera belakang, serta dua kamera selfie 10 MP (f/2.2) yang dimuat dalam lubang kamera (Infinity-O) di layar utama dan layar sekunder. Ketiga kamera belakang Galaxy Z Fold 2 sendiri terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.8, OIS, Super Speed Dual Pixel AF), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 12 MP (f/2.4).

Baca Juga: Samsung galaxy Z Flip, Simak Harga Dan Spesifikasi Lengkapnya 2021!

Baca Juga:   Samsung Galaxy Fold 5G-Harga Dan Spesifikasi Lengkap!

Di sektor performa, Samsung Galaxy Z Fold 2 ditenagai dengan chipset termutakhir besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 865 Plus, serta dipadankan dengan RAM 12 GB (LPDDR5) dan memori internal (storage) 256 GB (UFS 3.1). Beralih ke sisi daya, baterai yang diusung Galaxy Z Fold 2 berkapasitas 4.500 mAh dan mendukung teknologi pengisian cepat 25W (wired) dan 11W (wireless). Perangkat ini juga bisa mengisi daya perangkat Samsung lainnya secara wireless dengan daya 4,5W.

Fitur pendukung lainnya mencakup modul sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang diletakkan di bingkai perangkat (side-mounted), Bluetooth 5.0, WiFi 6, Ultra Wide Band (UWB), NFC, dan speaker ganda yang diklaim bisa menghasilkan suara menggelegar. Untuk samsug z plip sendiri mungkin di prediksi akan hadir , samsung z flip 3 diprediksi sama-sama menggunakan chip Snapdragon 888.

Baca Juga: Samsung Galaxy Fold 5G-Harga Dan Spesifikasi Lengkap!

Samsung z flip 3 kemungkinan memiliki layar kedua dengan ukuran jauh lebih besar dari milik pendahulunya, samsung z flip 3 dikabarkan bakal hadir dengan dukungan stylus dan kamera depan di bawah layar. Soal prediksi harganya, samsung z flip 3 disinyalir bakal dijual dengan banderol 500.000 Won atau sekitar Rp 6,3 juta. Angka itu terlihat menarik sekaligus agak janggal karena berselisih jauh dari perangkat sebelumnya yang dibanderol hingga lebih dari Rp 21 juta. Jadi buat kalia yang akan membeli samsung z flip series, dengan membaca artikel ini kalian bisa menentukan iplihan kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *