Pola Lantai Gerak Tari

Kunci Jawaban Tentang Pola Lantai Gerak Tari_ Kelas 4 SD

Wajibtekno.com, Pola Lantai Gerak Tari – Hai teman-teman dan adik-adik, kali ini informasi yang akan kita bahas adalah tentang Sub Tema Pola Lantai Gerakan Tari. Apakah adik-adik sudah pernah mendengar sebelumnya tentang Pola Lantai atau gerak Tari? Kira-kira apa yang dimaksud dengan Pola Lantai tersebut? Serta seperti apa contohnya.

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan itu, silahkan disimak dengan benar kunci jawaban ini ya.

Berikut Kunci Jawaban Tentang Pola Lantai Gerak Tari:

Salah satu keragaman budaya di Indonesia adalah tarian. Apa tarian khas dari  suku bangsamu?

Jawaban : tarian khas dari  suku bangsaku adalah Tari Piring, Tari Pasambahan, Tari Payung, dll.

 

Ayo Mengamati 

Lihatlah peragaan tari  daerahmu, baik  secara langsung maupun melalui rekaman video.  Fokuslah untuk memerhatikan gerak para penari.

  1. Bagaimana formasi para penari?

Jawaban: Formasi para penari pada yang digunakan dalam tari piring adalah spiral, berbaris, lingkaran besar dan kecil, vertikal, dan horizontal.

  1. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari? Jelaskan hasil pengamatanmu dalam bentuk gambar sederhana, lalu peragakan.
Baca Juga:   Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah

Jawaban: arah hadap penari tari piring adalah lurus ke depan.

 

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut

Pola Lantai Gerak Tari

 

Saat penari memeragakan suatu tarian, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang  dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

Garis  imajiner ini juga dapat kita  gambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus,  lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis ini dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.

Garis  imajiner yang  dilalui oleh  penari saat melakukan gerak tari  disebut pola lantai. Pola lantai juga merupakan garis imajiner yang  dibuat oleh formasi penari  kelompok. Secara umum, pola   lantai berupa garis lurus   atau garis lengkung. Bentuk pola  garis lurus  dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus  ke depan, zig-zag, segitiga, segi  empat, dan segi  lima. Bentuk pola  garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola  lantai, di  antaranya  lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke  depan, dan  garis lengkung ke  belakang. Perhatikan gambar- gambar berikut.

Baca Juga:   Gubernur Jenderal VOC pertama adalah

111

Bentuk pola lantai dari gerak yang dilalui penari

112

 

Bentuk pola lantai yang dibuat oleh formasi penari

 

113

Perhatikan contoh beberapa gambar tarian berikut

Tugas 

Berdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari”, kerjakan tugas berikut.

  1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendir Usahakan agar orang lain  memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.

Jawaban: Garis  imajiner yang  dilalui oleh  penari saat melakukan gerak tari  disebut pola lantai. Pola lantai juga disebut sebagai garis imajiner yang  dibuat oleh formasi penari  kelompok. Garis tersebut berupa garis lurus   atau garis lengkung. Pola lantai bisa juga disimpulkan sebagai pergerakan yang dilakukan dengan cara berpindah atau bergeser secara terstruktur sehingga membentuk pola dena tertentu.

  1. Gambarlah pola lantai yang  terlihat dari  gambar dua tarian pada teks tersebut.
Baca Juga:   Kunci Jawaban Lagu Bubuy Bulan dan Ampar-ampar Pisang_ Kelas 4 SD

Jawaban:

114

Pada teks “Pola Lantai Gerak Tari’ terdapat foto Tari Legong. Penari Tari Legong membawa kipas. Kipas  digunakan sebagai penunjang gerak tari  dan unsur keindahan penampilan tari.  Dalam kehidupan sehari-hari kita  menggunakan kipas saat udara panas.

Namun, saat ini  manusia telah banyak menggunakan kipas angin atau alat pendingin ruangan.  Kipas   angin dan  alat  pendingin ruangan merupakan contoh alat elektronik, yaitu  alat yang  bekerja menggunakan listrik.

 

Itulah beberapa informasi mengenai Sub Tema Pola Lantai Gerakan Tari. Semoga informasi  ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

pola lantai gerak tari adalah pola lantai gerak tari yang memiliki kesan lembut adalah pola lantai gerak tari kreasi pola lantai gerak tari bedhaya ketawang mempunyai kesan pola lantai gerak tari horizontal pola lantai gerak tari garis lurus pola lantai gerak tari saman pola lantai gerak tari kelas 4

Leave a Reply

Your email address will not be published.