Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik

Kunci Jawaban Teks Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik (Kelas 4 SD)

Wajibtekbo.com, Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik – Hai teman-teman dan adik-adik kita akan membagikan kunci jawaban Sub Tema Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik untuk adik-adik semua. Artikel ini bisa dijadikan referensi ketika teman-teman dan adik-adik mengalami kesulitan di dalam menjawab soal yang ada pada Sub Tema Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik tersebut.

Berikut Kunci Jawaban Teks Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik:

Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut!

 

Percantik Dekorasi Ruang  Tamu dengan Seni  Mozaik

Mozaik  merupakan seni dekorasi dengan merangkai kepingan-kepingan bahan berwarna, seperti keramik, batu, atau kertas. Kep ingan-kepingan bahan itu  disusun sehingga  membentuk suatu  gambar. Seorang desainer interior,  Alexey  Steshak sukses mempercantik tampilan  dinding rumahnya dengan karya mozaik bergambar pohon.

Sebelum merangkai kepingan-kepingan  keramik, Alexey Steshak terlebih dahulu membuat sketsa gambar pohon di  dinding rumahnya. Ia  kemudian menempelkan kepingan-kepingan  keramik berbagai macam warna seperti hijau, oranye, dan cokelat hingga terbentuklah gambar pohon yang  unik  dan mempesona.

 

Ayo Berdiskusi 

 

Pengetahuan baru apa yang   kamu dapat dari   teks ‘Percantik  Dekorasi Ruang Tamu  dengan Seni  Mozaik”?  Diskusikan dengan teman sebangkumu, lalu bacakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Baca Juga:   Urutan yang tepat untuk pembagian zaman batu di Indonesia adalah?

Jawaban: Mozaik  merupakan seni dekorasi dengan merangkai kepingan-kepingan bahan berwarna, seperti keramik, batu, atau kertas. Kep ingan-kepingan bahan itu  disusun sehingga  membentuk suatu  gambar. Seorang desainer interior,  Alexey  Steshak sukses mempercantik tampilan  dinding rumahnya dengan karya mozaik bergambar pohon.

Karya  kolase, montase, aplikasi, dan mozaik menggunakan aneka bahan. Bahan yang  dapat digunakan, misalnya kertas, biji-bijian, bulu  binatang, kain, kaca,  atau keramik. Setiap jenis bahan akan menghasilkan tampilan berbeda. Tekstur  karya juga berbeda. Ada  yang  bertekstur halus. Sebaliknya, ada pula yang  bertekstur kasar.

Secara umum, ada dua macam tekstur permukaan benda yaitu  kasar dan halus. Setiap jenis tekstur memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung peruntukannya.   Kaca    yang    bertekstur halus  bermanfaat  supaya  dapat memantulkan cahaya lebih  baik.  Sebaliknya, ban kendaraan bertekstur kasar.

 

Ayo Mencoba

  1. Siapkan beberapa pulpen atau Kumpulkan benda itu sebanyak- banyaknya dari teman-temanmu.
  2. Setelah terkumpul, rabalah  perm ukaan setiap ben da itu, kemudian peganglah satu per  s Peganglah dengan cara yang  sama.
  3. Bandingkan hubungan kelicinan permukaan benda dengan kemudahan memegang benda ter
  4. Catatlah hasil keg
Baca Juga:   Kunci Jawaban Tentang Bacaan Peternak Muda dari Malang_ Buku Tematik Kelas 4 SD

Semakin licin  permukaan suatu benda, semakin sulit  benda tersebut untuk dipegang. Sebaliknya, benda mempunyai permukaan kasar semakin mudah untuk dipegang.

Kekasaran  dan kelicinan permukaan benda memengaruhi nilai  gaya gesek yang  dihasilkan. Gaya  gesek adalah gaya berlawanan arah yang dihasilkan oleh  satu benda ke benda lain  dipengaruhi oleh  perm ukaan benda. Contoh gaya gesek misalnya gaya gesek antara telapak tangan dengan benda yang  dipegang atau gaya gesek antara telapak kaki dengan lantai saat kita  melangkah.

 

Ayo Berdiskusi

 

Diskusikan jawaban pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya,  bacakan  hasil  diskusi  kalian  di   depan  Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

  1. Apa contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya bagi manusia?

Jawaban: contoh gaya gesek, yaitu: gaya gesek antara telapak tangan dengan benda yang  dipegang atau gaya gesek antara telapak kaki dengan lantai saat kita  melangkah.

Manfaat

  • Membantu makhluk hidup dan benda-benda bergerak tanpa tergelincir
  • Menghentikan kendaraan yang sedang bergerak
  • Menciptakan panas seperti pada korek api

 

  1. Mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar?

Jawaban: Ban mobil yang dibuat kasar dan beralur agar ban tidak slip dan tergelincir saat melaju. Selain itu gaya gesek juga akan membuat mobil dapat berjalan.

 

Baca Juga:   Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?  

Ayo Renungkan 

  1. Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Jawaban: tentang mengenal jenis karya seni rupa teknik tempel, hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek, dan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Apa persamaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik?

Jawaban: Persamaan karya kolase, montase, aplikasi, dan moaik keempat karya tersebut dibuat dengan teknik tempel.

  1. Apa perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik?

Jawaban: Perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik terletak pada bahan pembuatnya.

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Identifikasilah pemanfaatan gaya gesek di lingkungan rumahmu.

 

Itulah beberapa informasi tentang Sub Tema Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik. Kunci jawaban  Sub Tema Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik ini hanya sebagai referensi untuk teman-teman dan adik-adik. Jika ingin ditambahkan dengan jawaban lain pun boleh. Semoga penjelasan yang terdapat pada Sub Tema Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik ini bisa membantu teman-teman dan adik-adik.

percantik dekorasi ruang tamu dengan seni mozaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *