Buku Tematik 2013Kunci Jawaban

Keragaman Ekonomi di Indonesia (1) dan Kunci Jawabannya (Kelas 4 SD)

Wajibtekno.com, Keragaman Ekonomi di Indonesia (1) – Hai teman-teman dan adik-adik, kali ini kita akan membahas tentang Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia (1). Pada Sub tema Keragaman Ekonomi di Indonesia (1) ini akan dijelaskan jawaban dari setiap pertanyaan yang ada. Jadi, silahkan dibaca dengan baik penjelasan mengenai Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia (1).

 

Masyarakat Indonesia beragam dalam budaya, suku bangsa, bahasa, dan agama. Selain itu, ada pula  keragaman dalam ekonomi. Mari kita pelajari.

Kunci Jawabannya Tentang Keragaman Ekonomi di Indonesia (1):

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut ini!

 

Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)

Aktivitas ekonomi terdiri atas  tiga bagian, yaitu:  produksi, distribusi, dan konsumsi. Aktivitas ekonomi penduduk Indonesia disesuaikan dengan kondisi wilayah Indonesia.  Sebagai  negara  kepulauan,  wilayah Indonesia  meliputi wilayah daratan dan perairan. Wilayah Indonesia juga mengandung potensi alam melimpah. Namun, potensi alamnya belum mampu dimanfaatkan secara optimal bagi kemakmuran  penduduk Indonesia. Sebagai generasi  penerus bangsa,  kamu hendaknya ikut   berperan aktif   dalam pemanfaatan  potensi alam secara bijak.

Apa sajakah jenis aktivitas ekonomi yang  dilakukan masyarakat? Bergerak di bidang apa sajakah aktivitas ekonomi masyarakat? Berikut beberapa jenis aktivitas ekonomi dan bidang ekonomi terkait.

  1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Pertanian Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)

Wilayah Indonesia  berada   di   antara  lintang  6oLU  –  11oLS.  Posisi  ini menyebabkan  wilayah Indonesia  beriklim tropis.  Wilayah Indonesia mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujan sepanjang tahun. Kondisi ini sangat  mendukung  aktivitas pertanian.  Aktivitas pertanian juga didukung tingkat kesuburan tanah yang  tinggi karena pengaruh banyaknya gunung api.

Banyak penduduk  Indonesia  melakukan  aktivitas  pertanian.   Dengan mencermati kondisi geografis Indonesia, aktivitas pertanian dibedakan menjadi pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering. Pertanian lahan basah

Baca Juga:   Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan karena

membutuhkan banyak air, misalnya sawah irigasi dan sawah lebak. Pertanian lahan  kering membutuhkan  sedikit air,  misalnya tegalan dan perkebunan. Jenis  pertanian lahan apa yang cocok dikembangkan di daerahmu?

1 4

  1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Peternakan

Di Indonesia banyak aktivitas peternakan dikelola masyarakat atau badan usaha.  Aktivitas tersebut berupa peternakan unggas, peternakan hewan kecil, dan peternakan hewan besar. Beragamnya aktivitas ini  menyediakan hasil ternak melimpah. Selanjutnya, hasil ternak dapat dikonsumsi oleh  masyarakat.

Apa  sajakah jenis hewan yang  dibudidayakan masyarakat? Jenis  hewan yang  dibudidayakan sebagai berikut.

  1. Peternakan unggas, meliputi ayam, itik, burung, dan angs
  2. Peternakan hewan kecil, meliputi kelinci, kambing, dan
  3. Peternakan hewan besar, meliputi sapi, kerbau, dan

Hasil peternakan tersebut meliputi telur,  daging, kulit, susu, dan bulu.  Tidak hanya untuk dikonsumsi masyarakat, hasil ternak juga dapat diolah menjadi berbagai  kerajinan.  Kerajinan  dari   hasil peternakan  misalnya tas,   sepatu, sandal, jaket, sarung tangan, dan kok (bola bulutangkis).

 

  1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Perikanan Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)

Sekitar dua per  tiga luas wilayah Indonesia berupa perairan. Fakta  inilah yang  menjadikan Indonesia dikenal dengan sebutan negara maritim. Luasnya wilayah perairan  menyimpan  potensi  kekayaan  alam  melimpah.  Potensi ini  dimanfaatkan  masyarakat  untuk mengembangkan  aktivitas perikanan. Aktivitas perikanan  dilakukan secara  tradisional.  Kondisi   ini  menyebabkan produksi hasil perikanan di Indonesia belum optimal.

Aktivitas perikanan  dikelompokkan menjadi  perikanan  tangkap  dan perikanan budi   daya. Aktivitas perikanan  tangkap  dilakukan oleh   nelayan dengan cara menangkap ikan  di  laut. Dahulu nelayan mengandalkan  angin untuk  menggerakkan  perahu.  Nelayan memanfaatkan  angin  darat  untuk pergi melaut dan angin laut  untuk kembali ke  daratan. Kini nelayan sudah menggunakan mesin penggerak kapal (motor) untuk menggerakkan perahu. Bagaimana dengan aktivitas perikanan budi  daya? Aktivitas perikanan budi daya dilakukan di  darat atau di  perairan  payau. Budi  daya ikan   di  darat dilakukan di  kolam, sungai, sawah  (mina padi), waduk (bendungan),  atau danau. Contohnya budi  daya ikan  lele, mas, nila,  dan mujair. Budi daya ikan  di perairan payau dilakukan di tambak di pesisir pantai.

Baca Juga:   Berikut Bentuk Karya Seni Rupa dan Kunci Jawaban (Kelas 4 SD)

2 4

 

  1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Kehutanan Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)

Dahulu hamparan  hutan  hijau Indonesia pernah dijuluki ”karpet hijau”. Julukan ini karena hutan Indonesia tampak hijau dilihat dari  udara. Hijaunya hutan dipengaruhi oleh  iklim  tropis yang  ada di  Indonesia. Kawasan hutan Indonesia mengandung keragaman sumber daya hayati. Belum lagi  potensi hasil hutan  yang   terdiri atas  hasil hutan  kayu   dan  hasil hutan  nonkayu (misalnya: kina,  karet, damar, dan sagu). Potensi ini  menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor kayu.  Bagi  Indonesia, hasil ekspor kayu  menjadi salah satu sumber pendapatan negara.

3 2

Aktivitas kehutanan juga perlu memperhatikan kelestarian hutan. Mengapa? Lestarinya hutan berdampak terhadap kehidupan manusia dan makhluk hidup yang  tinggal di hutan. Kelestarian hutan dapat dijaga dengan cara antara lain melakukan tebang pilih dan melakukan penghijauan (reboisasi) lahan gundul. Hijaunya hutan Indonesia dapat menjadi ”paru-paru dunia”.

Tidak  hanya memberikan manfaat ekonomis, hutan juga memiliki fungsi lain.   Adapun fungsi hutan  yaitu   sebagai  penyimpan cadangan  air   tanah, penyeimbang iklim,  serta tempat habitat flora dan fauna. Bahkan, kawasan hutan  juga dimanfaatkan untuk objek   wisata. Karena banyaknya manfaat hutan, kelestarian hutan hendaknya selalu dijaga.

Baca Juga:   Rumah Adat Suku Manggarai, Ini Kunci Jawaban (Kelas 4 SD)

 

Tugas 

 

Dari  teks “Keragaman Ekonomi di  Indonesia (1)” di  atas, tuliskan informasi baru yang  kamu dapatkan. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran. Lakukan tugas ini  bersama teman sebangkumu, lalu  ceritakan di  depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Jawaban:

  1. Aktivitas ekonomi terdiri atas tiga bagian, yaitu:  produksi, distribusi, dan
  2. Wilayah Indonesia berada   di   antara  lintang  6oLU  –  11o
  3. Indonesia beriklim
  4. Sekitar dua per tiga luas wilayah Indonesia berupa perair
  5. Indonesia dikenal dengan sebutan negara mar
  6. Dahulu hamparan hutan  hijau Indonesia pernah dijuluki ”karpet hijau”.
  7. Adapun fungsi hutan yaitu   sebagai  penyimpan cadangan  air   tanah, penyeimbang iklim,  serta tempat habitat flora dan

Di antara kamu dan teman-teman sekelasmu mungkin ada yang  keluarganya memiliki aktivitas ekonomi yang sama. Namun, mungkin pula aktivitas ekonomi keluarga kalian berbeda-beda. Keragaman itu jangan menjadi halangan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Justru dengan perbedaan aktivitas ekonomi dalam  masyarakat, maka  semua  kebutuhan  ekonomi kita   dapat terpenuhi.

 

Itulah beberapa penjelasan tentang Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia (1). Bagi teman-teman dan adik-adik yang punya referensi atau tambahan lain diperbolehkan. Semoga kunci jawaban Sub Tema Keragaman Ekonomi di Indonesia (1) ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

keragaman ekonomi di indonesia kelas 4 keragaman ekonomi di indonesia tidak tergantung pada keragaman ekonomi di indonesia osnipa keberagaman ekonomi di indonesia disebabkan oleh keragaman ekonomi di indonesia salah satunya dipengaruhi oleh letak keragaman ekonomi di indonesia 2 keragaman ekonomi di indonesia 1 keragaman ekonomi di indonesia tema 7 kelas 4 keragaman ekonomi di indonesia dipengaruhi oleh

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button