Cara Upgrade Processor Laptop

Cara Upgrade Processor Laptop Sendiri Dengan Mudah

Cara upgrade processor laptop – Upgrade tidak hanya berlaku untuk aplikasi saja. setiap perangkat harus diperbarui agar tetap berjalan dengan semestinya. sama halnya dengan android, processor laptop juga harus di upgrade. bagaimana cara upgrade processor laptop?

Apakah ada cara untuk meng upgrade processor laptop? untuk meningkatkan performa dan kinerja laptop menjadi lebih baik.

Meng upgrade processor laptop lebih sulit dibandingkan komputer. pada komputer kita bisa dengan mudah membongkar dan merakit CPU yang didalamnya terdapat berbagai macam komponen seperti processor, RAM, hardisk dan lainnya.

Membongkar dan mengupgrade komponen CPU yang terdapat pada laptop akan lebih sulit. minimal kamu harus mempunyai pengalaman dan keahlian di bidang tersebut.

Baca Juga:   3 Cara Nonton Tiktok Tanpa Kuota Internet

Mengganti processor dengan yang lebih tinggi tidak disarankan. sebaiknya kamu membawa ke tempat service yang sudah biasa menangani hal yang berhubungan dengan CPU komputer atau laptop.

Cara Upgrade Processor Laptop

perlu kamu ketahui bahwa tidak semua laptop bisa di upgrade processornya. untuk meng upgrade processor laptop perhatikan cara cara di bawah ini:

  1. Periksa Socket Yang Digunakan
    langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa socket laptop. kamu bisa membuka casing dan melepaskan heatsink laptop. Cek apakah socket processor bisa diganti atau tidak serta periksa juga ukuran socket.
  2. Cari Processor Yang Sesuai Tipe Laptop
    Setelah memeriksa socket laptop dan bisa diganti,  selanjutnya cari processor yang sesuai merk dan tipe laptop agar kompatibel dengan spek laptop yang digunakan.
  3. Update Bios
    Update bios berfungsi agar laptop bisa mendeteksi processor baru yang akan diupgrade ke laptop yang digunakan. Mengupdate BIOS dapat meningkatkan kinerja laptop menjadi lebih maksimal.
  4. Bersihkan Socket
    Sebelum mengganti processor, bersihkan socket terlebih dahulu. Hal ini untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada socket agar pemasangan processor menjadi lebih rapi.
  5. siapkan thermal paste
    thermal paste berfungsi untuk membuat processor menjadi tetap dingin dan tidak panas. hal ini bertujuan untuk mencegah processor menjadi overhead sehingga lebih mudah rusak.
  6. memasang processor baru
    proses selanjutnya adalah mengganti processor dengan yang baru. pastikan pemasangan processor sudah tepat dan terpasang dengan baik dan kencang.
    jika kamu tidak memiliki keahlian sebaiknya kamu bawa laptop ke tempat service agar tidak mengalami kerusakan.
  7. install sistem operasi windows
    apabila processor sudah terpasang dengan baik, install sistem operasi windows karena sistem operasi yang lama tidak bisa digunakan pada processor yang baru.
Baca Juga:   Cara Menggunakan Bigo Live

Demikian cara upgrade processor laptop dengan mudah. Semoga cara ini bisa membantu buat kamu yang ingin mengupgrade processor laptop. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *