TECH NEWS

Cara Menggunakan Smart Apps Creator

Cara menggunakan smart apps creator – Smart Apps Creator (SAC) merupakan aplikasi desktop yang digunakan untuk membuat aplikasi dan iOS tanpa kode pemrograman. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai metode alternatif selama pembelajaran offline sebab tidak memerlukan kuota internet selama pembelajaran berlangsung. Aplikasi ini sesuai jika diterapkan di daerah yang tidak terjangkau sinyal internet atau telepon sehingga dapat digunakan setiap saat karena tanpa menggunakan kuota internet.Artikel ini membahas kelebihan dan kekurangan penggunaan smart apps creator Adapun untuk proses pengembangan media pembelajaran lebih lanjut dapat dikembangkan dengan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga mampu menarik siswa untuk belajar

Dengan berbagai metode dan sarana dicoba karena ini merupakan hal yang baru untuk kita semua. Tiba-tiba saja pembelajaran harus full daring dari rumah. Sedangkan keadaan murid dan orang tuanya bisa berbeda-beda. Keadaan geografis tiap tempat bisa beragam.Dan kadang yang diajarkan juga berbeda-beda. Agar bisa mencari yang pas dan tidak bosan, banyak guru sudah berusaha mencari cara dan belajar terus menerus. Salah satunya ya dengan membuat aplikasi di platform SAC ini.

Baca Juga:   Cara Menyimpan Video Dari Instagram Tanpa Aplikasi

Untuk pertama kali menggunakan smart apps creator sebenarnya kaget juga ketika akhirnya aplikasi buatan saya ini bisa dijalankan di HP. Meski tampilan belum begitu bagus tapi saya cukup kagum dengan aplikasi ini.

Menurut saya ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh saat menggunakan SAC sebagai media pembelajaran:

  • Siswa jadi tidak bosan dengan cara belajar mengajar yang monoton.. Dengan SAC pembelajaran bisa jadi lebih menarik. Dan saat siswa merasa senang, pembelajaran jadi mudah diserap.
  • Jika pembuatnya kreatif, aplikasi ini tampilannya bisa seperti games yang menarik. Bisa berisi materi dan quiz seperti petualangan tetapi yang dikaitkan dengan pembelajaran. Tapi di luar sana sudah ada beberapa guru yang bisa mengemas pembelajarannya seperti game interaktif yang menarik sekali tampilannya.
  • Bisa dijalankan tanpa koneksi internet. Ini keuntungan lain memanfaatkan SAC. Aplikasi jadi yang sudah saya buat, saya kirim lewat WA kemudian murid bisa menginstalnya di gawai mereka masing-masing. Bisa dipakai belajar berulang-ulang tanpa koneksi internet.
Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Nsp Telkomsel

Cara menggunakan smart apps creator :

  1. Instal aplikasi SAC nya di lapto. Tapi silakan Googling, ada banyak yang mengajari detail caranya dan link download aplikasi SAC ini.
  2. Buka SAC yang telah terinstal di laptop. Untuk awal akan ditawari untuk model apa, bisa untuk android atau HTML. Di pelatihan ini kami diajari untuk dipakai di android, jadi saya klik yang setting Android. Lalu disetting juga tampilannya nanti mau landscape atau potrait, kalau di pelatihan ini kami menggunakan setting landscape dengan ukuran yang ditentukan
  3. Mulai membuat. Model tampilannya sebenarnya pada dasarnya mirip dengan kalau kita mau buat presentasi di Power Point.Bisa => insert Text => Gambar,/Video maupun Suara.
  4. Setelah selesai kita susun, menjadi suatu aplikasi. Klik bagian kiri atas, lalu scroll ke bawah pilih output. Nanti kita akan mengisi sedikit data dan mengupload sebuah gambar ikon kecil untuk aplikasi kita. Nah, selesai. Tinggal kita copy ke dalam penyimpanan internal di HP kita dan diinstal di HP. Bisa di share ke siswa  lewat WA atau Telegram, lalu siswa menginstallnya di hp mereka.
Baca Juga:   Cara Menggunakan Filmora Di Laptop

Demikianlah cara menggunakan smart apps creator dengan cukup mudah.Pada dasarnya SAC bisa juga diterapkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik dan efektif selama pembelajaran daring karena tanpa harus memerlukan kuota kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button