caraDesain

Cara Membuat Desain Banner di Laptop dan Smartphone

Cara Membuat Desain Banner di Laptop dan Smartphone – Banner adalah media promosi yang cukup populer di era digital saat ini. Dalam bahasa Indonesia, banner dapat diartikan sebagai spanduk iklan atau baliho digital yang ditampilkan di situs web atau media sosial.

Banner umumnya berisi pesan singkat yang bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung dan mempromosikan suatu produk atau layanan. Banner dapat berupa gambar statis, animasi, atau video pendek yang menarik.

Keuntungan menggunakan banner sebagai media promosi antara lain:

  1. Lebih terjangkau. Dibandingkan dengan media promosi tradisional seperti televisi atau radio, biaya pembuatan dan pemasangan banner jauh lebih terjangkau.
  2. Dapat menjangkau target pasar yang lebih tepat. Banner dapat ditampilkan di situs web atau media sosial yang relevan dengan produk atau layanan yang dipromosikan, sehingga dapat menjangkau target pasar yang lebih tepat.
  3. Lebih mudah untuk dilacak. Dalam hal ini, banner dapat dilacak dengan menggunakan teknologi seperti Google Analytics untuk mengetahui berapa banyak pengunjung yang mengklik banner dan seberapa efektif banner dalam meningkatkan kesadaran merek atau penjualan.
Baca Juga:   Cara Alihkan Panggilan Pada HP Samsung

Baca Juga : Belajar Desain di CorelDRAW Untuk Pemula

Namun, agar banner dapat efektif dalam mempromosikan produk atau layanan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Desain banner yang menarik. Desain banner harus menarik perhatian pengunjung dan mudah diingat. Desain yang terlalu kompleks atau terlalu sederhana dapat membuat banner tidak efektif.
  2. Pesan yang jelas. Pesan yang ingin disampaikan dalam banner harus jelas dan mudah dipahami oleh pengunjung.
  3. Penggunaan gambar berkualitas tinggi. Penggunaan gambar berkualitas tinggi dapat membuat banner terlihat lebih profesional dan menarik.

Dalam penggunaan banner, juga perlu diperhatikan ukuran dan format banner yang sesuai dengan media yang digunakan. Ukuran banner yang terlalu besar atau format yang salah dapat membuat banner tidak dapat ditampilkan dengan baik atau bahkan tidak dapat ditampilkan sama sekali.

Dalam mengoptimalkan penggunaan banner sebagai media promosi, perusahaan juga dapat melakukan pengujian A/B untuk mengetahui desain, pesan, dan ukuran banner yang paling efektif dalam meningkatkan kesadaran merek atau penjualan.

Baca Juga:   Hapus Akun Akulaku Dengan Permanen

Baca Juga : Desain Dengan Power Point untuk Presentasi

Untuk membuat desain banner kamu dapat menggunakan laptop atau bahkan hanya menggunakan smartphone, berikut ulasannya!

Membuat desain banner di laptop

Berikut ini beberapa langkah dalam membuat desain banner di laptop :

Langkah pertama adalah memilih software desain yang ingin digunakan. Beberapa software yang populer dan mudah digunakan adalah Adobe Photoshop, CorelDRAW, dan Canva. Setelah memilih software yang ingin digunakan, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan ukuran banner yang ingin dibuat. Pastikan ukuran tersebut sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan ukuran media tempat banner akan dipasang.
  2. Buatlah background dengan warna atau gambar yang sesuai dengan tema banner.
  3. Tambahkan teks dengan jenis font dan ukuran yang sesuai. Pastikan teks mudah dibaca dan menarik perhatian.
  4. Tambahkan gambar atau ilustrasi yang mendukung tema banner. Jangan terlalu banyak menggunakan gambar agar banner tidak terlalu ramai.
  5. Atur tata letak dan susun elemen desain dengan baik dan rapi.
  6. Membuat desain banner di smartphone
Baca Juga:   Cara Sisipkan Foto Atau Gambar Pada MS. Word

Baca Juga : Aplikasi Desain Arsitektur Android

Jika tidak memiliki laptop atau ingin membuat desain banner secara cepat dan mudah, smartphone juga bisa digunakan untuk membuat desain banner. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan adalah Canva, Adobe Spark Post, dan Desygner.

Cara Membuat desain banner di smartphone

Berikut ini beberapa langkah dalam membuat desain banner di smartphone :

  1. Install aplikasi desain yang ingin digunakan di smartphone.
  2. Pilih template banner atau tentukan ukuran banner yang ingin dibuat.
  3. Sesuaikan tema, warna, dan gaya desain dengan kebutuhan.
  4. Tambahkan teks dan gambar atau ilustrasi yang mendukung tema banner.
  5. Atur tata letak dan susun elemen desain dengan baik dan rapi.
  6. Simpan dan unduh desain banner dalam format yang sesuai.

Dalam pembuatan desain banner, pastikan untuk menghindari penggunaan terlalu banyak elemen desain yang membuat banner terlihat ramai dan sulit dibaca. Gunakan warna dan font yang mudah dibaca serta sesuaikan dengan tema dan tujuan banner.

Baca Juga : 4 Cara Memblokir Nomor Hp

Penutup

Dengan cara membuat desain banner di laptop dan smartphone yang mudah, kamu bisa membuat banner promosi atau pemasaran dengan cepat dan efektif. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button