KAMERA

Apple QuickTake 100 dan Kelebihan

Apple QuickTake 100- Apple QuickTake (dengan nama kode Venus , Mars , Neptune ) adalah salah satu lini kamera digital konsumen pertama.  Diluncurkan pada tahun 1994 oleh Apple Computer dan dipasarkan selama tiga tahun sebelum dihentikan pada tahun 1997.

Tiga model produk dibuat termasuk 100 dan 150, keduanya dibuat oleh Chinon ; dan 200, dibuat oleh Fujifilm . Kamera QuickTake memiliki resolusi maksimum 640 x 480 piksel (0,3 Mpx).

Majalah Time memprofilkan QuickTake sebagai “kamera digital konsumen pertama” dan menempatkannya di antara daftar “100 gadget terhebat dan paling berpengaruh dari tahun 1923 hingga sekarang”.

Meskipun Dycam Model 1 skala abu-abu (juga dipasarkan sebagai Logitech FotoMan) adalah kamera digital konsumen pertama yang dijual di AS (mulai November 1990) dan setidaknya satu kamera lainnya, Fuji DS-X, dijual di Jepang bahkan lebih awal, pada akhir tahun 1989,   QuickTake mungkin merupakan kamera digital pertama yang diterima konsumen secara luas

Baca Juga:   Daftar Hp Murah Kamera Bagus RAM Besar Terbaru Tahun Ini!

Apple quicktake 100 camera

QuickTake 100 diperkenalkan kali pertama di ajang Tokyo Macworld bulan Februari 1995. Debut perdananya dimulai 3 bulan setelah peluncuran. Kala itu, kamera ini dijual USD 749, sekitar Rp 10,6 juta untuk kurs mata uang saat ini.

Kamera yang kompatibel dengan komputer Apple itu memiliki desain seperti binokular dan berbobot satu pon. Terlihat juga logo Apple yang masih dibalut warna pelangi.

Saat itu, QuickTake 100 dibekali kekuatan 0,3 MP dengan resolusi maksimal 640×480, rendah untuk ukuran zaman sekarang tapi sudah cukup mentereng di masanya. Adapun tenaganya berasal dari baterai AA.

Untuk kapasitas penyimpanan , ia hanya memiliki flash memory sebesar 1 MB. Dalam resolusi penuh, QuickTake ‘menampung’ 8 foto, dan 32 foto di ukuran 320×240.

Baca Juga:   Sony Mavica MVC-FD5 Dan Kelebihannya

Tak ada layar preview di piranti ini. Maka saat pengguna ingin melihat hasilnya, foto-foto tersebut harus di-download dulu. Autofocus serta kemampuan zooming juga absen, dikarenakan lensa yang dipasangkan adalah lensa fix.

Kehadiran QuickTake 100 diikuti oleh QuickTake 150 yang menambahkan dukungan Windows. Kemudian seri 200 kembali menggebrak pasar, di mana pembuatannya dilakukan oleh Fujifilm.

Untuk yang seri 200, ia sudah mendapat tambahan fokus dan kontrol aperture serta removable storage, seperti dikutip detikINET dari Cnet.

Perjalanan QuickTake tak cukup lama. Lini kamera ini dihentikan tahun 1997, beberapa saat setelah Steve Jobs kembali ke Apple. Di bawah kepemimpinan Jobs, beberapa produk yang dianggap bukan bisnis inti memang disetop, termasuk Newton PDA dan printer LaserWriter.

Baca Juga:   3+ Kamera Arri Dengan Kualitas Terbaik Bikin Kualitas Film Menjadi Bagus

Segera setelah Apple membunuh QuickTake, perusahaan fotografi seperti Kodak, Fujifilm, Canon dan Nikon langsung mulai merilis kamera digital.

Apple QuickTake menjadi produk ikonik. Majalah Time menyebutnya sebagai kamera digital consumer pertama serta memasukkannya dalam daftar ‘100 Greatest and Most Influential Gadgets from 1923 to the Present’.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Apple QuickTake 100, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button