TECH NEWS

Switch HP ProCurve HP 1620-24G, Berikut Kelebihannya..

Wajibtekno.com, Switch HP ProCurve HP 1620-24G- Switch adalah sebuah perangkat keras yang terdapat pada jaringan komputer yang berfungsi sebagai alat penghubung antar komputer. Switch pun bekerja pada lapisan data link. Sebenarnya cara kerja yang dimiliki switch pun hampir sama dengan Bridge, hanya bedanya switch memiliki beberapa port sehingga switch pun seringkali disebut juga sebagai “Multi Ports bridge”.

Biasanya, Switch digunakan di jaringan yang menggunakan Topologi star. Sedangkan, apa itu pengertian dari “Switch jaringan”? Switch Jaringan merupakan alat dari jaringan yang dapat melakukan bridging secara transparan yang dapat menghubungkan segmentasi dari banyak sekali jaringan beserta dengan forwarding dan berdasarkan oleh alamat MAC. Selain itu, Switch jaringan pun dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dan juga router pada sebuah area yang telah ditentukan sebelumnya atau terbatas.

Switch HP ProCurve HP 1620-24G:

Switch HP ProCurve HP 1620-24G

Perangkat switch buatan HP ini memiliki banyak kelebihan, selain garansi seumur hidup perangkat ini memiliki fungsi yang handal yaitu satu port bisa di konfigurasi dengan mode Tagged dan Untagged Seri Sakelar Gigabit HPE 1620 adalah sakelar tingkat pemula yang dikelola dengan cerdas, ideal untuk usaha kecil yang mencari fitur jaringan dasar untuk meningkatkan kinerja jaringan tetapi tanpa kerumitan tambahan dan biaya sakelar yang lebih canggih.

Baca Juga:   Cara Memotong Rekaman Suara

Sebelum kita mengetahui harga Switch HP ProCurve HP 1620-24G , kita harus tahu kofigurasiya, Sebenarnya, ada beberapa cara untuk melakukan konfigurasi Switch HP ProCurve HP 1620-24G, diantaranya melalui Web GUI interface dan Command Line Interface (CLI), baik telnet atau SSH.

CLI terbagi dua cara lagi, yaitu langsung dengan command atau melalui MENU tapi di sini kita hanya membahas yang minimal saja, Pada konfigurasi default pabrik, switch tidak memiliki alamat IP (Internet Protocol) dan subnet mask, dan tidak ada kata sandi. Dalam keadaan ini, bisa dikelola hanya melalui koneksi konsol langsung.

Untuk mengatur switch melalui akses inband (jaringan), Anda harus mengkonfigurasi switch dengan alamat IP dan subnet mask yang kompatibel dengan jaringan Anda. Selain itu, Anda harus mengonfigurasi kata sandi Manajer untuk mengontrol hak akses dari konsol dan antarmuka peramban Web.

Parameter lain di layar Switch Setup dapat ditinggalkan pada pengaturan standarnya atau Anda dapat mengkonfigurasinya dengan nilai yang Anda masukkan. Banyak fitur lainnya dapat dikonfigurasi melalui antarmuka konsol switch, untuk mengoptimalkan kinerja switch, untuk meningkatkan kontrol lalu lintas jaringan Anda, dan untuk memperbaiki keamanan jaringan.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Du recorder Di HP Android

Setelah alamat IP dikonfigurasi pada peralihan, fitur ini dapat diakses dengan lebih mudah melalui sesi Telnet jauh, melalui antarmuka browser Web switch, dan dari stasiun manajemen jaringan SNMP yang menjalankan program manajemen jaringan.

Melalui Layar Pengaturan Konsol (mode CLI)

Cara tercepat dan termudah untuk meminimalkan pengalihan proteksi dan perlindungan kata sandi di jaringan anda adalah dengan menggunakan koneksi konsol langsung ke switch, memulai sesi konsol, dan mengakses layar Switch Setup. Untuk melakukan konfigurasi pada mode CLI kita harus masuk kemode (config) dengan perintah :

SWITCH#config Akan muncul prompt seperti ini : SWITCH(config)#

Beberapa contoh command penting pada Procurve :

  1. Memberikan nama host untuk switch

SWITCH#config

SWITCH(config)#hostname SWITCH01

  1. Memberikan IP address untuk switch

SWITCH(config)#vlan 1

SWITCH(vlan-1)#ip address 10.10.1.1 255.255.255.0

SWITCH(vlan-1)#write mem

SWITCH(vlan-1)#exit

  1. Melihat konfigurasi yang sudah tersimpan

SWITCH(config)#show config

  1. Setting waktu di switch

SWITCH(config)#time MM/DD[/[YY]YY] time 420

note (420 = GMT+7 –> 7 x 60 menit = +420)

  1. Memberikan nama port untuk interface tertentu

Misalnya : Port A1 atau interface A1

SWITCH(config)#interface A1

SWITCH(eth-A1)#name “DHCP server”

Konfigurasi VLAN di HP Procurve switch:

  1. Menambah VLAN baru, misalnya VLAN 10
Baca Juga:   Cara Hapus Apk Bawaan HP

SWITCH(config)#vlan 10

  1. Memberikan nama VLAN

SWITCH(vlan-10)#name IT-Dept

  1. Memberikan IP address VLAN

SWITCH(vlan-10)#ip address 10.10.10.1 255.255.255.0

  1. Menentukan DHCP Server untuk VLAN tertentu

SWITCH(vlan-10)#ip helper-address 10.10.10.2

  1. Melakukan Untagged VLAN untuk port tertentu pada switch

Misalnya : Port A11-A20 pada switch akan di-untagged ke VLAN 10

SWITCH(vlan-10)#untagged A11-A20

  1. Melakukan tagged VLAN untuk port tertentu pada switch

Misalnya : Port A1-A10 pada switch akan di-tagged ke VLAN 10

SWITCH(vlan-10)#tagged A1-A10

  1. Menghilangkan tag & untagged VLAN tertentu

SWITCH(vlan-10)#no untagged A11-A20

SWITCH(vlan-10)#no tagged A1-A10

  1. Menampilkan semua VLAN yang ada

SWITCH(config)#show vlan

  1. Menghapus VLAN

Misalnya : Akan menghapus VLAN 10

  1. Membuat routing antar VLAN (inter VLAN routing)

SWITCH(config)#ip routing

  1. Melihat tabel routing pada switch

SWITCH(config)#show ip route

Untuk Memulihkan Sandi Manajer : Jika Anda tidak dapat memulai sesi konsol di tingkat manajer karena ada kata sandi Manajer yang hilang, anda dapat menghapus semua kata sandi dan nama pengguna dengan mendapatkan akses fisik ke saklar dan menekan terus tombol Clear untuk beberapa detik. Itu lah cara singkat mengkofigurasi nya.

Silahkan dapatkan Switch HP ProCurve HP 1620-24G ditoko resmi atau toko-toko online terpercaya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button