Sejarah Lahirnya Kota Medan

Potret Sejarah Lahirnya Kota Medan Dalam Rangka Memperingati Hut Kota Medan Tahun 2021

Wajibtekno.com, Potret Sejarah Lahirnya Kota Medan – Holla guys, selamat merayakan Hut Kota Medan tahun 2021. Dalam rangka memperingati Hut Kota Medan tahun 2021 ini, yuk intip potret sejarah lahirnya kota Medan berikut ini.

WhatsApp Image 2021 06 29 at 19.56.15 1

Berikut Sejarah Lahirnya Kota Medan Dalam Rangka Memperingati Hut Kota Medan Tahun 2021:

Sejarah Lahirnya Kota Medan

Sejarah Lahirnya Kota Medan pada zaman dahulunya dikenal sebagai nama Tanah Deli, hal ini dikarenakan beberapa sungai yang melintasi kota Medan bermuara di selat Malaka. Sungai-sungai tersebut adalah sungai Sei Deli, Sei Babura, Sei Sikambing, Sei Denai, Sei Putih, Sei Badra, Sei Belawan dan Sei Kera.

Download: Kumpulan Twibbon Hut Kota Medan Tahun 2021, Download Gratis Di Sini!

Awal mulanya Medan dibentuk oleh Guru Patimpus dengan lokasi berada di tanah Deli. Sehingga pada masa penjajahan orang selalu mengaitkan nama kota Medan dengan Deli (Medan-Deli).

Baca Juga:   Rayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H, Beginilah Potret Sejarahnya!

Namun seiringnya waktu nama kota Medan berubah dengan penambahan aksen Kota yang disematkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 1 April 1909. Hal inilah yang sempat menimbulkan perdebatan pada saat dicetuskannya hari Lahir Kota Medan tanggal 1 April, sebelum dirubah dan ditetapkan menjadi tanggal 1 Juli.

Nah setelah sempat terjadinya perdebatan perkara hari Lahirnya kota Medan, maka dibentuklah pansus hari jadi kota Medan dalam menangani kasus ini. Berdasarkan riset yang telah dirumuskan oleh Pansus hari jadi Kota Medan, didapatkan bahwa tanggal 1 Juli 1590 merupakan hari jadi Kota Medan dan sebagai landasannya adalah didirikannya Si Sepuluh Dua Kuta di Areal Medan. Semenjak itu Dewan Perwakilan rakyat mencabut peringatan hari jadi kota Medan sebelumnya dan menggantinya dengan tanggal 1 Juli 1590 untuk diperingati setiap tahunnya.

Baca Juga: Hut Kota Medan ke-431 Tahun 2021, Yuk Bagikan Ucapan Selamat Berikut Ini Di Sosmedmu!!

Pada akhir abad ke-19 dan abad ke-20 kota Medan menerima migrasi besar-besaran. Migrasi pertama dari suku etnis Tionghoa dan Jawa yang bermigrasi karena alasan pekerjaan, sedangkan pada migrasi kedua dilakukan oleh etnis Minangkabau, Mandailing dan Aceh dengan niatan untuk berdagang, menjadi guru serta ulama (melakukan penyebaran agama).

Baca Juga:   Inilah Kumpulan Beberapa Quotes HUT RI Ke-76, Yuk Bagikan Ke Sosmed-Mu!

Kota Medan berasal dari kata Tamil Maidhan atau yang disebut juga Maidhanam memiliki arti tanah lapang atau tempat yang luas, dan teradopsi ke bahasa Melayu.

Sesuai arti namanya Kota Medan saat ini sudah berkembang pesat menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan pelabuhan Belawan serta Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar ke-2 di Indonesia.

Download: Twibbon Hari Keluarga Nasional 2021 Gratis Di Link Berikut!

Menurut Bappenas, kota Medan sudah menjadi kota besar yang bertumbuh kembang pesat dan sejajar dengan kota besar DKI Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Medan menjadi kota yang multi etnis karena terdiri dari penduduk yang memiliki berbagai latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda.

Baca Juga:   Download Twibbon Idul Adha 1442 H, Gratis Di Sini!

Selain suku Melayu dan Karo sebagai penghuni awal, kota Medan juga didominasi oleh etnis Batak, Jawa, Tionghoa, Minangkabau, Mandailing dan India. Penduduk Kota Medan memiliki mayoritas pekerjaan sebagai pedagang, sehingga sobat akan menemukan banyak ruko diberbagai sudut kota Medan.

Download: Poster Hari Keluarga Nasional 2021

Oke sobat, itulah Sejarah Lahirnya Kota Medan secara singkat mengenai asal usul penetapan hari Jadi Kota Medan. Semoga dengan adanya potret sejarah ini, sobat menjadi lebih tahu karena Kota Medan merupakan bagian dari Indonesia. Selamat Hari Jadi Kota Medan tahun 2021 sobat !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *