HUT RITwibbon

Dalam Rangka Merayakan HUT RI Ke-76, Yuk Intip Kilas Sejarahnya !

Wajibtekno.com, HUT RI Ke-76- Holla sobat, sebentar lagi kita akan merayakan HUT RI ke-76 pada tanggal 17 Agustus 2021. Membicarakan tentang perayaan hari kemerdekaan Indonesia, maka tidak luput dari perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Saat ini penulis akan membawa sobat untuk kembali melihat kilasan peristiwa kemerdekaan Republik Indonesia dahulu. Agar generasi milenial tahu bagaimana perjuangan para pahlawan dahulu. Nah untuk merayakan HUT RI ke-76 pada 17 Agustus 2021 mendatang, yuk intip kilas sejarahnya :

Download: Twibbon HUT RI Ke-76

Inilah beberapa kronologi peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang dimulai dari terdesaknya Jepang pada Perang Dunia II hingga Seokarno dan Moh Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Berdasarkan rangkuman dari Kemendikbud RI, inilah urutan singkat kemerdekaan RI.

Baca Juga:   Twibbon HUT RI Ke-76, Siap Download Gratis Disini!

Dalam Rangka Merayakan HUT RI Ke-76 , Berikut Kilas rangkuman sejarah kemerdekaan RI:

Download: Poster HUT RI Ke-76

HUT RI Ke-76

6 Agustus 1945 : kota Hiroshima Jepang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika Serikat.

7 Agustus 1945 : BPUPKI dibubarkan dan dibentuk PPKI.

9 Agustus 1945 : Kota Nagasaki Jepang dijatuhi bom atom kedua oleh Amerika Serikat.

9 Agustus 1945 : Jendral Terauchi memanggil Seokarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat, Saigon (Vietnam).

12 Agustus 1945 : Soekarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan bahwa Jepang akan menyerahkan Kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia.

Baca Juga: Inilah Kumpulan Beberapa Quotes HUT RI Ke-76, Yuk Bagikan Ke Sosmed-Mu!

14 Agustus 1945 : Seokarno, Moh Hatta, Radjiman Wedyodiningrat kembali ke Indonesia. Sutan Syahrir mendesak Seokarno Hattaa untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga:   Download Twibbon Hari Jadi Provinsi Sulawesi Selatan Ke 353

15 Agustus 1945 : Jepang menyerah tanpa syarat ke Sekutu dan terjadi kekosongan kekuasaan (vacuum of power) di Indonesia.

15 Agustus 1945 : Golongan muda mendesak Seokarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan paling lambat 16 Agustus 1945. Seokarno menolak karena ingin meminta pendapat para anggota PPKI.

16 Agustus 1945 : Dini hari, Seokarno dan Moh Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.

Baca Juga: Dalam Rangka Merayakan HUT RI Ke-76, Yuk Intip Kilas Sejarahnya !

16 Agustus 1945 : malam, Seokarno dan Moh Hatta kembali ke Jakarta. Di rumah Laksamana Maeda Tadashi para tokoh nasional berkumpul untuk berunding tentang persiapan proklamasi kemerdekaan RI.

Baca Juga:   60 Link Gratis Twibbon Hari sumpah Pemuda Tahun 2022

16 Agustus 1945 – 17 Agustus 1945 : Malam hingga pagi Seokarno dan Moh Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Download: Desain Twibbon HUT RI Ke-76 Keren

17 Agustus 1945 : pada jam 10 pagi Seokarno dan Moh Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di jalan Pegangsaan Timur 56.

18 Agustus 1945 : PPKI mengesahkan UUD 1945 sebagai dasar negara Indonesia.

Nah readers, itulah kilasan rangkuman sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga dengan rangkuman singkat ini sobaat menjadi lebih tahu dan lebih memaknai kemerdekaan RI. Selamat merayakan HUT RI ke-76 !

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button