Tahun Baru Islam

Rayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H, Beginilah Potret Sejarahnya!

Wajibtekno.com, Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 HHallo sobat wajib tekno, setiap tahunnya umat muslim seluruh dunia akan merayakan Tahun baru islam yang dikenal dengan Kalender hijriah. Dan tahun ini 1 Muharam 1443 H jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021.

Potret Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H:

Download: Kumpulan Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H

Tahun Baru Islam

Kalender hijriah merupakan satu dari empat sistem yang paling sering diaplikasikan di dunia. Dan berbicara mengenai sejerah tahun baru islam 1 Muharam 1443 H, maka tidak terlepas dari peran Khalifah Umar bin Khattab.

Download: Poster Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H

Khalifah Umar bin Khattab merupakan orang yang sudah membuat sistem penanggalan hijriah dengan 12 bulan. Siklus ini ditentukan lewat siklus bulan, dengan bulan sabit dan bulan purnama sebagai penanda awal dan akhir bulan. Penanggalan hijriah merujuk kepada peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah menuju Madinah pada 622 Masehi.

Baca Juga:   Twibbon EURO 2020, Download Gratis Di Sini

Hijrah merupakan peristiwa penting dalam perkembangan islam, karena dengan perpindahan ini Rasulullah SAW dapat membentuk masyarakat muslim. Sebelum adanya kalender hijriah, muslim melihat peristiwa penting dalam menandai momen bersejarah. Seperti Am al-Fil yaitu tahun dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

Baca Juga: Beberapa Quotes Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H, Yuk Bagikan Ke Media Sosialmu!

Tepat 17 tahun setelah hijrah atau sekitar 3-4 tahun masa kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab munculah komplain perihal penanggalan. Pada saat itu komplain diberikan petugas pemerintahan di Basrah (Irak), Abu Musa Al-Ash’ari karena minimnya konsistensi penanggalan pada surat yang diterima.

Lalu Abu Musa Al-Ash’ari meminta Khalifah Umar bin Khattab untuk menyelesaikan masalah penanggalan ini. Akhirnya Khalifah Umar bin Khattab berdiskusi bersama anggota pemerintahan lainnya untuk memecahkan masalah ini. Banyak dari anggota pemerintahan yang menyarankan hari Kelahiran Rasulullah sebagai awal permulaan kalender, ada juga yang menyarankan hari kematian Nabi Muhammad SAW, namun masih banyak juga yang menyarankan untuk menjadikan peristiwa hijrah sebagai awal permulaan kalender.

Baca Juga:   Inilah Kumpulan Beberapa Quotes HUT RI Ke-76, Yuk Bagikan Ke Sosmed-Mu!

WhatsApp Image 2021 07 23 at 21.04.29

Hingga Khalifah Umar bin Khattab pun pada akhirnya bertanya kepada Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, dan ditetapkan lah peristiwa hijrah sebagai momen awal kalender islam. Dengan adanya penetapan tersebut, maka 622 Masehi menjadi tahun pertama pada Kalender Hijriah.

Download: Frame Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H

Pada tahun baru islam atau kalender hijriah diawali dengan bulan Muharram dan diakhiri dengan bulan Dzulhijjah. Pada kalender hijriah 1 bulan dihitung mulai dari siklus bulan baru. Jumlah hari dalam satu bulan ditentukan dari lamanya bulan mengelilingi bumi. Sehingga biasanya 1 bulan bisa 29-30 hari kecuali Dzulhijjah.

Nah sobat, itulah sejarah lahirnya kalender hijriah dan ketetapan 1 Muharram sebagai tahun baru islam. Semoga dengan adanya penjelasan penulis, sobat semakin tahu mengenai islam dan syariatnya. Selamat merayakan tahun baru islam 1 Muharram 1443 H bagi yang merayakannya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *