Karya Seni Rupa

Berikut Bentuk Karya Seni Rupa dan Kunci Jawaban (Kelas 4 SD)

Wajibtekno.com, Karya Seni Rupa – Hai teman-teman dan adik-adik, kali ini kita akan membagikan kunci jawaban Sub Tema Karya Seni Rupa. Bagi adik-adik yang membutuhkan kunci jawaban Sub Tema Karya Seni Rupa ini, silahkan dibaca dengan baik terlebih dahulu ya. Apabila ada penambahan jawaban juga bagus.

Keragaman budaya menghasilkan keragaman karya seni. Salah satu contoh karya seni berupa. seni rupa

Berikut Bentuk Karya Seni Rupa dan Kunci Jawabannya:

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar karya-karya seni rupa yang  kreatif berikut ini.

1m

Gambar 3.9  menunjukkan karya montase. Menurutmu, bagaimana cara membuat karya montase?

Jawaban Sub Tema Karya Seni Rupa : Montase dibuat dengan  menempelkan gambar-gambar  yang  sudah jadi.  Gambar-gambar itu  dapat diambil dari  majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Gambar-gambar itu  kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan baru sesuai yang  kita  inginkan.

1n

Gambar 3.10 menunjukkan karya kolase. Menurutmu, bagaimana cara membuat karya kolase?

Jawaban Sub Tema Karya Seni Rupa : Karya  kolase dibuat menggunakan paduan aneka bahan (misalnya kertas, kain, kayu). Aneka bahan itu ditempelkan pada permukaan gambar.

1b

Gambar 3.11 menunjukkan karya mozaik. Menurutmu, bagaimana cara membuat  karya mozaik? Apa perbedaannya dengan karya kolase?

Baca Juga:   Kunci Jawaban Pelajaran Hebatnya Cita-Citaku _ Buku Tematik Kelas 4 SD

Jawaban  : Mozaik   dibuat  dengan  menempelkan potongan-potongan bahan. Dibandingkan kolase, potongan-potongan bahan yang  ditempelkan lebih kecil. Bahan yang  digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau keramik saja. Namun, supaya lebih  menarik, digunakan macam-macam warna.

1c

Gambar 3.12 menunjukkan hasil karya seni aplikasi. Menurutmu, bagaimana cara membuat karya seni aplikasi?

Jawaban  : Karya  aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari  bahan tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain.

 

Ayo Berdiskusi 

Kamu  telah mengamati  contoh-contoh karya montase, kolase, mozaik, dan aplikasi. Apa  perbedaan  karya montase,  kolase, mozaik, dan aplikasi? Coba diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, ceritakan hasil diskusimu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Karya  montase, kolase, aplikasi, dan mozaik merupakan karya seni rupa. Keempat jenis  karya tersebut dibuat dengan teknik tempel. Bahan- bahan yang  ditempelkan beragam.

Montase dibuat dengan  menempelkan gambar-gambar  yang  sudah jadi.  Gambar-gambar itu  dapat diambil dari  majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Gambar-gambar itu  kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan baru sesuai yang  kita  inginkan.

Baca Juga:   Pembahasan Uang Logam dan Kunci Jawabannya (Kelas 4 SD)

Karya  kolase dibuat menggunakan paduan aneka bahan (misalnya kertas, kain, kayu). Aneka bahan itu ditempelkan pada permukaan gambar.

Mozaik   dibuat  dengan  menempelkan potongan-potongan bahan. Dibandingkan kolase, potongan-potongan bahan yang  ditempelkan lebih kecil. Bahan yang  digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau keramik saja. Namun, supaya lebih  menarik, digunakan macam-macam warna.

Karya  aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari  bahan tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain.

 

Cara membuat karya montase :

  1. Tentukan tema karya, misalnya tentang keragaman budaya di
  2. Buatlah rancangan karya montase pada selembar ker
  3. Carilah gambar-gambar sesuai r Gambar-gambar dapat kamu peroleh dari buku  bekas, majalah, atau koran bekas.
  4. Guntinglah gambar-gambar yang kamu
  5. Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas sesuai r
  6. Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil, lalu war

 

Cara membuat karya kolase :

  1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang
  2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas, kain, kayu,  atau biji-bijian.
  3. Potong-potong bahan kolase, kecuali biji-bijian.
  4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.
Baca Juga:   Kunci Jawaban Tentang Pola Lantai Gerak Tari_ Kelas 4 SD

 

Cara membuat karya mozaik :

  1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang
  2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas atau
  3. Potong-potong kertas atau kain menjadi potongan kecil-kecil.
  4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

 

Cara membuat karya aplikasi :

  1. Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender).
  2. Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang
  3. Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk-bentuk lain  sesuai dengan gambar r
  4. Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang akan Tempelkan menggunakan lem  atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain.

 

Itulah beberapa penjelasan tentang  Seni Rupa. Semoga informasi Sub Tema  ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

karya seni rupa 3 dimensi karya seni rupa 2 dimensi karya seni rupa dua dimensi memiliki ukuran yang termasuk karya seni rupa murni adalah ada berapa jenis karya seni rupa bagaimana kamu membedakan karya seni rupa berdasarkan dimensinya karya seni patung termasuk karya seni rupa karya yang termasuk seni rupa murni adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published.