Kunci Jawaban

Bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil?

Bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil?

Jawaban :

Cerdas, kemauan kuat, kesungguhan, bekal yang cukup, guru dalam mengajarkan dan waktu yang lama. Dalam Islam, ilmu menempati kedudukan yang sangat tinggi. Dengan ilmu, seorang Muslim bisa mendapatkan pahala dan dimudahkan jalannya menuju surga.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya “Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim). Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga mengungkapkan keutamaan bagi orang yang menuntut ilmu. Beliau menuturkan bahwa kedudukannya sama seperti orang yang berjihad di jalan Allah Swt.

Menurut Iman Syafi’i dalam kitab ta’limul muta’allim, terdapat beberapa syarat agar mencari ilmu bisa berhasil yakni kecerdasan, kemauan atau tekad yang kuat, kesungguhan, bekal yang cukup serta kedekatan dengan guru dalam kurun waktu yang lama. Jadi, itulah cara mencari ilmu supaya berhasil mulai dari cerdas, kemauan kuat, kesungguhan, bekal yang cukup, guru dalam mengajarkan dan waktu yang lama.

Baca Juga:   Jumrah yang ketiga bernama….

 

Pertanyaan Selanjutnya:  Gejala psikis orang yang menggunakan opium adalah…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button