APPScara

Cara Retur Barang Di Shopee

Cara Retur Barang Di Shopee sebelum itu kalian harus memperhatikan Ketentuan terkait pengembalian barang dan dana Shopee. Dikutip dari halaman resmi shopee sendiri yaitu help.shopee.co.id bahwa kalian harus memastikan sudah menerima pesanan kalian dengan baik sebelum mengeklik tulisan Pesanan Diterima.
Pasalnya, kalian hanya bisa ngajuin permintaan terkait pengembalian barang atau dana jika kalin belum pilih tulisan Pesanan Diterima pada halaman Rincian Pesanan.

Setelah kalian pilih Pesanan Diterima, ada Garansi Shopee pada pesanan kemudian akan dihentikan dan pembayaran juga akan dilepaskan kepada penjual.

Yang artinya untuk cara pengajuan terkait pengembalian dana pada aplikasi Shopee Cuma bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan tersebut.

Baca juga:Cara Nonton Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain di Xiaomi

Maka dari itu, penting sekali untuk mastiin kalo kalian udah menerima pesanan kalian dengan kondisi yang baik sebelum mengeklik Pesanan Diterima.

Untuk prosedur pengembalian barang serta dana Shopee itu sendiri. Untuk cara pengajuan retur barang atau pengembalian dengan uang dapat dilakukan lewat aplikasi Shopee kalau pesanan kalian masih dalam waktu Garansi Shopee dan kalian belum klik Pesanan Diterima.

Baca Juga:  

Baca juga:Cara Nonton Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain di Xiaomi

Berikut ini adalah tata cara terkait mengajukan pengembalian dana pada aplikasi Shopee:

  1. Bukalah aplikasi Shopee diperangkat kalian
  2. Klik Saya
  3. Klik tab Dikirim
  4. Kemudian kalian bisa klik Pesanan
  5. Lalu Ajukan Pengembalian
  6. Pilihlah produk yang akan kalian kembalikan pada Rincian Pesanan kalian
  7. Pilih Alasan mengapa kalian mereturnya

Berikut ini merupakan berbagai macam alasan untuk pengembalian barang dan dana Shopee dapat Anda pilih:

  1. Produk tidak sampai (ke lokasi kalian atau yang dituju)
  2. Produk tidak lengkap atau kosong misalnya pada bagian produk ada yang kurang lengkap atau hilang
  3. Produk salah, seperti misalnya produk barang salah ketika sampai ke lokasi tujuan terkait warna, ukuran, atau produk berbeda
  4. Adanya kecacatan pada produk misalnya produk lecet, penyok, ada goresan, ataupun retak
  5. Produk tidak dapat berfungsi dengan baik
  6. Produk kw atau tidak original
  7. Produk sangat berbeda antara deskripsi/foto
  8. Setelah kalian berhasil memilih untuk alasan terkait Pengembalian Barang atau dana, berikanlah bukti dan deskripsi kalau ada
  9. Memilih Solusi yang sesuai
  10. Terdapat dua pilihan terkait solusi yang disediakan, tergantung dari alasan pengembalian barang atapun dana yang kalian pilih: Pengembalian berupa Barang dan Dana, Pengembalian Dana Saja dengan alasan tak Menerima Pesanan dan Produk yang tak Lengkap kalian bisa masukin Jumlah Pengembalian Dana
  11. Selanjutnya klik Kirim.
Baca Juga:   4 Cara Print Lewat Laptop

Untuk catatan, terkait informasi yang perlu kalian isi pada pengajuan pengembalian barang atau dana bisa saja berbeda-beda, itu tergantung pada alasan pengembalian yang telah kalian pilih.

Contoh saja kalian tal perlu nyertain bukti untuk pengajuan pengembalian dana atau barang dengan alasan yang tak menerima pesanan.

Baca juga:Cara Buat Akun Vivo Cloud

Semua langkah-langkah dalam mengajukan permintaan pengembalian barang atau dana ialah sama. Perbedaan itu terletak hanya pada bukti pendukung tersebut.
Pilihan terkait Pengembalian Dana Saja hanya bisa dipilih pada alasan berikut ini.

  1. Produk tak Diterima
  2. Produk nya tak Lengkap
  3. Produk yang ada di bawah kategori Barang Mudah Rusak
  4. Berupa layanan dan Produk Digital
    Untuk kategori produk dari Shopee Mall, terkait pengembalian barang atau dana akan diproses pada kurun waktu 3 sampai 5 hari kerja sesudah pesanan yang telah dikembalikan telah sampe di Gudang Shopee.
    Sedangakan untuk produk kategori non-Shopee Mall, terkait pengembalian barang dan dana akan diproses dalam kurun waktu 7 hari kalender sejak produk di input resi atau maksimal sekali 2 hari kalender sejak muncul status pengiriman terkirim (kalau gunakan resi dari Shopee).
Baca Juga:   Cara Gunakan Apk Ome Tv

Terkait hasil permintaan dari pengajuan kalian akan diinformasikan lewat sebuah notifikasi aplikasi Shopee dan juga di email. Pada kasus pengembalian dana, pihak shopee akan meninjau kasus itu dan kemudian akan menghubungi kalian kembali terkait penyelesaiannya.

Pada kasus pengembalian dana dan barang, kalian akan dimintai untuk kirim dan kembalikan produk. Itulah ulasan terkait dengan cara pengajuan untuk pengembalian dana pada aplikasi shopee Shopee.

Cara untuk ajukkan pengembalian barang pada Shopee yang sudah dijelasin di atas tak berlaku kalau kalian telah melakukan konfirmasi pesanan diterima. Itulah artikel terkait  Cara Retur Barang Di Shopee.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button