TECH NEWS

Tutorial Cara Edit Foto Di Lightroom

Tutorial cara edit foto di lightroom – Aplikasi Lightroom adalah aplikasi edit foto yang all in one. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan edit foto standar, seperti mengutak-atik pencahayaan, kontras, highlight, bayangan, rona putih dan hitam. Selain itu, kamu bisa mengedit warna dengan mengedit suhu warna, corak, vibrance dan saturasi.Jadi hasil foto kamu akan lebih terlihat bagus dan menarik tentunya.

Cara edit foto di lightroom

Berikut cara mengedit foto di lightroom :

1.Buka aplikasi Lightroom.

2.Tambahkan foto dengan klik Add. Tunggu proses impor foto selesai.

3.Tambahkan mereka ke album yang sudah ada sebelumnya, atau buat album baru.

Di Lightroom,kamu suka mengatur foto ke dalam album berdasarkan kata kunci atau lokasi.

Beberapa orang lebih suka menamai album mereka berdasarkan tanggal tetapi menurut saya teknik kata kunci/lokasi lebih sesuai dengan kebutuhan saya. (Misalnya: jika saya mencari foto-foto saya dari Jepang, akan lebih mudah untuk mengingat bahwa foto-foto itu ada di album “Semarang” dari pada di album “Maret 2019”.)

Baca Juga:   Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Mp3

4.Pilih foto untuk diedit dengan berbagai tool atau fitur yang disediakan

Kamu akan melihat bahwa foto ini dibidik dengan pencahayaan kurang (yaitu gelap!) Itu karena apa yang saya sebutkan di atas. Memotret gambar yang sedikit kurang terang lebih mudah untuk diedit daripada gambar yang terlalu terang.

Bahkan tanpa preset, jika kamu mengikuti langkah-langkah di bawah ini dan tetap menggunakan gaya pengeditan yang sama untuk setiap foto,kamu akan mendapatkan tampilan yang konsisten di seluruh gambar milik kamu.

6.Lurus dan pangkas.

Seringkali kamu suka memulai proses dengan meluruskan dan memotong. Alasan melakukan ini sebelum mengedit adalah karena ini membantu memberi kamu gambaran yang lebih baik tentang apa fokus foto itu, dan berapa banyak detail yang harus saya masukkan saat mengedit.

7.Eksposure (kecerahan).

Hal berikutnya yang akan dibahas adalah eksposur atau kecerahan foto.apabila kamu menyukai foto yang terlihat sangat cerah dan lapang (namun penting untuk tidak terlalu terbawa suasana atau foto akan terlihat meledak.)

Baca Juga:   Cara Menggunakan Aplikasi Vibration

Kamu dapat bermain dengan penggeser Eksposur sedikit dengan menyeretnya bolak-balik hingga mencapai tempat yang terlihat bagus untuk kamu.

Untuk sebagian besar foto, sweet spot berada di kisaran +.5 hingga +1.0.

Dan kamu bisa meningkatkan eksposur lebih dari +1,5, kecuali jika fotonya sangat gelap.

7. Sorotan, Bayangan, Kontras, Putih & Hitam.

Kamu bisa meningkatkan Putih sedikit dan menurunkan sedikit Hitam.

Untuk orang-orang yang menginginkan tampilan yang lebih gelap dan moody, Whites & Blacks adalah tempat yang tepat untuk mencapainya. Jika kamu mengurangi keduanya, itu menciptakan getaran yang lebih gelap dan lebih murung.Tidak ada aturan keras dan cepat dalam hal “angka ideal” untuk hal di atas ini sangat bervariasi untuk setiap foto berdasarkan pencahayaan saat pengambilan, dan apa yang terlihat bagus untuk kamu.

Baca Juga:   Cara Mendownload Dari Laptop

8.Suhu dan warna.

Kamu bisa mengatur suhu dan warna,Temperatur berkaitan dengan seberapa “hangat” atau “sejuk” tampilan foto yang kamu inginkan. Seret penggeser ke kiri ke arah biru, dan gambar akan terlihat keren; seret ke kanan ke arah kuning, dan akan terasa lebih hangat.

9.Disimpan ke dalam galeri atau diekspor ke media sosial yang kamu miliki.

Selesai! Kamu pun bisa melihat hasil foto yang telah diedit dan diekspor pada galeri di dalam folder Lightroom. Mudah banget, kan? Setelah itu, kamu bisa langsung ditambahkan ke media sosial kamu, nih!

Baca Juga :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button