TECH NEWS

Tutorial Menggunakan Google Docs

Tutorial menggunakan google docs – Google Docs atau biasa disebut google dokumen pertama kali dirilis pada tahun 2006 merupakan pengolah kata berbasis web gratis di mana dokumen dapat dibuat, diedit, dan disimpan sebagai bagian dari rangkaian aplikasi web gratis Google Docs Editors. Platform produktivitas berbasis cloud juga mencakup Google Sheets, Google Slides, Google Drawings, Google Forms, Google Sites, dan Google Keep.

Selain itu juga bisa sebagai alternatif untuk membuat dokumen layaknya dokumen di word, maka kita bisa menggunakan google docs. Google Docs merupakan layanan pengolah kata gratis yang disediakan oleh Google berbentuk office suite.Dengan Google Docs kamu bisa membuat, mengedit, dan berbagi dokumen untuk diakses dimana saja dan kapan saja.

Pengguna Google Docs dapat mengimpor, membuat, mengedit, dan memperbarui dokumen online dalam berbagai font dan format file yang dapat diakses dari komputer manapun dengan koneksi internet dan browser web.Untuk menggunakan perangkat lunak, pengguna harus membuat akun Google gratis. Ini juga akan memberi mereka alamat email Gmail. Untuk memulai, cukup buka docs.google.com atau dengan menavigasi ke Google Docs dari akun penyimpanan online Gmail atau Google Drive mereka.

Baca Juga:   Cara Membatalkan Print Job yang Tersangkut di Printer

Baca Juga : Cara Mengatasi Aw Snap Google Chrome

Akses umum gratis untuk semua. Namun, penawaran bisnis Google, Google Workspace (sebelumnya G Suite) yang menawarkan aplikasi ini dengan fungsi tambahan yang berfokus pada bisnis sebagai bagian dari langganan bulanan.

Manfaat utama adanya Google Documents salah satunya kolaborator dapat melihat riwayat revisi setiap perubahan yang dilakukan pada dokumen Google dan kapan perubahan itu dilakukan dalam riwayat versiKamu juga dapat mengontrol siapa yang melihat karya mereka sehingga privasi dapat dipertahankan dalam pengaturan bisnis atau pribadi. Itu juga menawarkan alat komentar bawaan yang memungkinkan pengguna mendiskusikan perubahan dan bekerja sama saat dibuat.

Selain itu, karena dokumen disimpan secara online dan juga dapat disimpan di komputer pengguna, tidak ada risiko kehilangan data total akibat bencana lokal.

Baca Juga:   Tutorial Edit Video Di Aplikasi Canva

Dengan demikian, Google Documents  menjadi opsi pengolah kata yang ideal untuk bisnis, penulis blog, atau siswa yang menggunakannya untuk tugas menulis. Kamu dapat membuat, melihat, dan mengedit dokumen Google, serta file Microsoft Word, dengan aplikasi Google Dokumen di Hp Android.

Baca Juga : 5 Aplikasi Edit Video Untuk Tutorial Make Up

Tutorial Menggunakan Google Docs

1.Pertama Unduh dan install aplikasi Google Documents di Google Play Store.

2.Buka browser lalu masukan link google docs.

3.Silahkan masuk dengan akun google yang kamu miliki.

4.Kamu juga bisa mengakses Google Docs saat sudah masuk kea kun Google tersebut dengan klik “Drive”.

5.Akan muncul pada layar halaman kosong,untuk membuat dokumen baru klik menu “Create”lalu pilih dokumen yang ingin kamu buat seperti Documents,Spreadsheet,Presentations,Form dan drawings.

Baca Juga:   Cara Mendownload Play store di Hp Android

4.Mulai menggunakan Google docs

-Untuk  membuat dokumen :

  • Buka layar beranda Documents di docs.google.com.
  • Lalu pilih “Start New Document”,pilih “New”.

-Sunting dan Format Dokumen

  • Memformat paragraf atau font.
  • Tambahkan judul, tajuk, atau daftar isi.
  • Mengedit dokumen.
  • Bekerja dengan format file yang berbeda.
  1. Bagikan & bekerja dengan orang lain.

Kamu dapat berbagi file dan folder dengan orang lain dan memilih apakah mereka dapat melihat, mengedit, atau mengomentarinya.

Nah,demikianlah penjelasan mengenai Tutorial menggunakan Google Docs atau Google Dokumen.Cukup mudah bukan untuk mempraktekannya?Selamat mencoba..

Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga : 5 Aplikasi Untuk Membuat Video Tutorial di PC

     

    Related Articles

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button