LAPTOP & PC

Perbaikan Masalah Umum PC dan Laptop, Mudah dan Bisa Sendiri

Perbaikan Masalah Umum PC dan Laptop, Mudah dan Bisa Sendiri – Banyak dari kita yang sangat bergantung pada komputer sehingga menjadi masalah serius ketika terjadi kesalahan kurang lebih agak mirip dengan masalah listrik padam atau air terputus.

Tentu saja ketika hal tersebut terjadi, secepatya Anda menginginkan sistem kembali aktif dan berjalan secepat mungkin. Namun terkadang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa banyak hal yang bisa menyebabkan masalah pada komputer.

Mungkin, dikarenakan karena sistem dan pengaturan setiap orang berbeda. Tampaknya hampir tidak mungkin mengetahui dari mana harus memulai ketika harus memecahkan masalah agar Anda bisa secepatnya kembali ke mesin yang berfungsi.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Paket Multimedia Telkomsel

Meskipun demikian, kamu mungkin akan terkejut mengetahui berapa banyaknya akar masalah yang ditimbulkan untuk penyebab sederhana yang sama. Sebelum Anda mendapatkan bantuan profesional dalam banyak kasus, kamu bisa menjalankan langkah-langkah sederhana ini untuk melihat apakah kamu bisa memperbaiki PC dan laptop sendiri terlebih dahulu.

Perbaikan Masalah Umum PC dan Laptop,

Jalankan pemindaian virus secara menyeluruh

Jelas dan efektif. Jalankan software virus scanner kamu, lalu lakukan deep scanning atau scanning yang paling lengjap yang ada. Biarkan software tersebut menjalankan pekerjaannya. Biasanaya jenis pemindaian yang paling komprehensif akan membutuhkan waktu paling lama untuk menyelesaikannya.

Pemindai antivirus terkadang bisa saja melewatkan ancaman atau hal lain yang tidak terdeteksi. Sehingga ada baiknya melakukan deep scanning untuk memastikan perangkat benar-benar aman. Ada banyak pengembang antivirus membuat pemindai ringan sesuai permintaan yang bisa instal bersama software keamanan utama sebagai lapisan perlindungan kedua. Kaspersky Security Scan untuk Windows atau macOS , atau Microsoft Safety Scanner untuk Windows, atau Emsisoft Emergency Kit untuk Windows dan juga Smadav.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Baca Juga:   Cara Edit Gambar di Microsoft Edge

Update Software yang ada

Banyak masalah komputer awalnya disebabkan oleh software yang kedaluwarsa dan di update. Mulai dari wabah ransomware hingga keyboard yang bermasalah yang menolak untuk mengeluarkan huruf yang benar saat kamu mengetuknya. Untungnya, saat ini ada banyak yang memiliki update otomatis, karena hal ini memang sangat penting. Dan mungkin itulah sebabnya jika PC/Laptop kamu mungkin tiba-tiba melakukan boot ulang saat dipakau.

Untuk update, ada baiknya kamu berfokus pada sistem operasi yang kamu pakai terlebih dahulu. Di Windows kamu bisa mencari update terbaru dengan membuka Setting , lalu klik Update & security. Sedangkan untuk pengguna macOS, kamu bisa luncurkan App Store dari dok atau layar Aplikasi di Finder, lalu alihkan ke tab Update . Disana kamu bisa memastikan update apa pun yang tertunda.

Setelah menerapkan semua update yang bisa kamu temukan, masalah pada PC/Laptop mungkin sudah diperbaiki. Proses ini juga bisa digunakan sebagai cara untuk mencegah masalah di masa mendatang selain memperbaiki yang sudah ada. Pastikan banyak aplikasi yang terinstal memperbarui diri secara otomatis. Dan percayalah kamu akan mengalami lebih sedikit masalah pada komputermu.

Baca Juga:   Lenovo ThinkPad P73-Rekomendasi Laptop Sultan

Baca Juga: Cara Mengaktifkan APN Telkomsel

Singkirkan Bloatware

Tindakan ini sebenarnya harus dilakukan dengan perangkat apa pun selama bulan-bulan pertama penggunaan setelah pembelian. Bloatware atau aplikasi dan file lain yang telah diinstal oleh pabrikan pada perangkat sebelum menjualnya.

Ini adalah cara untuk mempromosikan program dan sistem kamu sehingga pengguna dapat menemukan dan mengujinya, tetapi jika itu tidak meyakinkan, akan lebih baik untuk menghilangkannya daripada menyimpannya di komputer.

Restart komputer

Trik lain, yang paling sederhana, adalah sering-sering menyalakan ulang perangkat atau restart PC. Pada saat perangkat digunakan, memorinya berkurang, proses melambat dan semuanya tampak menurun. Saat kamu me-restart komputer, memori RAM tersebut dibersihkan dan semuanya siap untuk bekerja kembali, menghilangkan proses latar belakang atau tugas-tugas yang terakumulasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button